4 Jenis Gergaji Mesin 2021 : Pengertian, Fungsi & Cara Kerja

Jenis Gergaji Mesin – Gergaji ialah salah satu alat pertukangan industri yang berbentuk besi tipis bergigi tajam atau bergerigi. Umumnya perkakas ini digunakan untuk memotong atau membelah benda padat seperti plastik, kayu, besi atau benda padat lainnya.

Gergaji sendiri juga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu gergaji konvensional dan mesin. Yang mana gergaji konvensional tersebut di operasikan secara manual, sedangkan gergaji mesin degerakkan dengan listrik ataupun motor.

Perbedaan tersebutlah yang menjadi alasan mengapa GERGAJI MESIN lebih dipilih dibandingkan dengan gergaji konvensional. Namun, perlu kalian ketahui bahwa mesin gergaji juga dibedakan menjadi beberapa jenis yang tentunya memiliki fungsi berbeda-beda.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap apa saja jenis gergaji mesin. Untuk lebih jelasnya dapat kalian simak pembahasan pengertian, fungsi, jenis hingga cara kerja gergaji mesin di bawah ini.

Jenis Gergaji Mesin : Pengertian, Fungsi & Cara Kerja

Jenis Gergaji Mesin

Pengertian Gergaji Mesin

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mesin gergaji merupakan ALAT PERTUKANGAN yang bekerja secara otomatis sehingga dinilai lebih praktis dibandingkan dengan gergaji konvensional. Saat ini sudah tersedia banyak sekali merk mesin gergaji yang dapat kalian jumpai di pasaran seperti Bosch, Makita, Hitachi hingga Stanley Steel.

Fungsi Gergaji Mesin

Fungsi Gergaji Mesin

Sebelum membahas jenis gergaji mesin lebih lanjut, sebaiknya kalian ketahui terlebih dahulu fungsi dari alat tersebut. Fungsi utama dari mesin gergaji yaitu untuk memotong atau membelah benda kerja seperti kayu, plastik, besi atau benda padat lainnya dalam jumlah yang besar dan banyak.

Namun, saat ini juga sudah banyak tukang kayu atau tukang mainan yang memanfaatkan produk ini sebagai alat untuk membuat kerajinan tangan. Selain itu, mesin gergaji juga kerap digunakan untuk pekerjaan sederhana seperti pada kebutuhan rumah tangga.

Jenis Gergaji Mesin

Setelah mengerti pengertian dan fungsi gergaji mesin, kalian juga harus mengetahui jenis-jenisnya. Berikut adalah beberapa tipe mesin gergaji yang biasa dipakai oleh tukang bangunan.

Hacksaw Machine

Hacksaw Machine

Hacksaw machine atau mesin gergaji bolak-balik ini biasanya dilengkapi dengan pisau gergaji dengan panjang mulai dari 300 mm sampai dengan 900 mm. Selain itu, mesin gergaji tipe ini juga umumnya memiliki ketebalan antara 1.25 mm hingga 3 mm dengan 1 sampai 6 jumlah gigi rata-rata per inchi. Karena gerakkan mesin gergaji ini bolak-balik, maka pemotongan akan membutuhkan waktu kurang lebih 50%.

Circular Saw

Circular Saw

Jenis gergaji mesin piringan atau circular saw ini memiliki diameter piringan yang mencapai 200 mm hingga 400 mm dengan ketebalan 0.5 mm. Alat yang satu ini juga memiliki ketelitian gigi pada keliling piringan dengan ketinggian antara 0.25 mm hingga 0.50 mm.

Biasanya pada proses pemotongan yang menggunakan alat ini akan selalu membutuhkan cairan pendingin. Prinsip kerja dari circular saw ini yaitu menggunakan mata berbentuk piringan yang berputar pada saat penggergajian.

Jigsaw

Jigsaw

Jigsaw juga kerap disebut dengan nama mesin gergaji ukir. Pasalnya, alat ini memang digunakan untuk memotong atau membelah material seperti kayu menjadi berbagai macam bentuk. Hal itulah yang menjadi salah satu keunggulan dari jigsaw yaitu dapat memotong benda dengan pola yang tidak lurus atau melengkung.

Band Saw

Band Saw

Untuk jenis gergaji mesin ini memang dikhususkan untuk pemotongan tidak lurus atau lengkungan yang tidak beraturan. Kecepatan dari band saw atau mesin gergaji pita ini memiliki kecepatan yang bervariasi mulai dari 18 m/menit hingga 450 m/menit.

Cara Kerja Gergaji Mesin

Cara Kerja Gergaji Mesin

Kurang lengkap rasanya apabila kalian tidak mengetahui bagaimana cara kerja dari mesin gergaji. Maka dari itu, berikut akan kami berikan prinsip atau cara kerja dari mesin gergaji tersebut.

  • Ukur benda kerja yang akan dipotong.
  • Setelah selesai diukur, tandai benda kerja dengan penggores.
  • Periksa kondisi mesin gergaji apakah masih dapat digunakan dengan baik dan aman atau tidak.
  • Selanjutnya pasang benda kerja pada ragum gergaji mesin.
  • Letakkan bagian yang digores sebelumnya pada mata gergaji untuk memperoleh hasil akhir sesuai dengan apa yang diinginkan.
  • Atur kecepatan mesin supaya hasilnya lebih maksimal.
  • Kemudian nyalakan gergaji mesin dengan menekan tombol ON.
  • Setelah benda kerja tersebut terpotong, matikan geragaji mesin dengan menekan tombol OFF.
  • Terakhir, sebagai proses finishing diamkan sebentar dan celupkan benda kerja ke dalam air untuk mengurangi suhunya.

Itulah sekiranya yang dapat Bursabajaringan.com sampaikan mengenai beberapa jenis gergaji mesin lengkap dengan pengertian, fungsi dan cara kerjanya. Semoga dengan adanya pembahasan di atas dapat kalian jadikan gambaran ketika hendak membeli atau melakukan pemotongan suatu benda kerja.

You May Also Like
About the Author: indra
Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua