11 Ragam Jenis Paku Bangunan yang Wajib Diketahui

Jenis Paku Bangunan – Dalam konstruksi bangunan, beberapa komponen material yang cukuk penting selain semen, pasir, batu dan batu bata adalah paku. Kita mengenal bahwa paku memiliki ragam jenis yang beragam sesuai dengan kebutuhannya, mulai dari paku beton, paku kayu dan juga paku-paku lainnya.

Banyak sekali jenis paku bangunan yang wajib diketahui oleh kalian semua. Berdasarkan jenis, ada 2 jenis yang wajib diketahui, yakni jenis paku menurut bentuk dan juga jenis paku menurut peruntukkan. Di dalam kedua jenis tersebut juga masih ada beragam macam paku-paku yang memiliki fungsi dan manfaat berbeda-beda.

Berbicara mengenai paku, paku sendiri memiliki fungsi yang penting seperti untuk membantu mengencangkan atau melekatkan dia bahan dengan menembus kedua bahan tersebut. Paku juga umumnya ditembuskan pada bahan dengan menggunakan palu atau nail gun yang digerakkan oleh udara bertekanan atau dorongan ledakan kecil.

Dibawah ini kami akan membahas mengenai jenis paku bangunan yang wajib diketahui, lalu apa saja jenis-jenisnya? Baiklah daripada penasaran langsung saja kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Ragam Jenis Paku Bangunan yang Wajib Diketahui

Jenis Paku Bangunan

Jenis Paku Menurut Bentuk

Seperti sudah kami sampaikan diatas bahwa ada 2 jenis paku yang umum digunakan, yang pertama adalah menurut bentuk. Ada beragam jenis paku yang dapat kalian ketahui berikut ini.

Round Wire Nail

Paku yang satu ini sangat sering digunakkan pada pekerjaan bangunan. Bahkan kalian dapat dengan mudah menemukannya di toko bangunan terdekat di kota kalian. Paku ini memiliki ukuran yang bermacam-macam. Karakteristik utama dari paku ini adalah berbentuk bundar.

Oval Wire Nail

Selanjutnya ada Oval Wire Nail. Paku ini memiliki bentuk elips, sama halnya dengan Round Wire Nail, kalian dapat mengetuknya menggunakan martil atau nail gun. Namun paku jenis ini masih jarang digunakan dalam proyek-proyek pembangunan.

Lost Head Nail

Sesuai namanya, paku ini memiliki kepala yang mudah dihilangkan. Jadi ini merupakan paku yang cocok digunakan ketika kalian perlu menyembunyikan kepala paku dengan alasan tertentu atau agar terlihat rapih misalnya.

Panel Pin Nail

Kemudian ada Panel Pin Nail. Paku ini biasa digunakan untuk sekedar memperkuat ikatan material agar lebih kuat. Dalam penerapannya paku panel pin diaplikasikan dengan menggunakan lem kayu.

Sprig Nail

Paku Sprig atau dikenal dengan paku setangkai ini memiliki bentuk yang tidak dilengkap dengan bagian kepada pada umumnya sebuah paku. Paku ini kebanyakan digunakkan untuk memperbaiki kusen atau bingkai. Nantinya paku ditempelkan sedemikian rupa pada tepi bingkai sehingga dapapat menahan kaca yang terpasang di depannya.

Annulus Nail

Annulus Nail memiliki semacam gigi pada bagian batangnya yang mana berfungsi untuk penguat tempelan dari paku tersebut. Paku ini banyak digunakan dalam perbaikkan kayu lapis.

Hardboard Pin Nail

Jenis paku bangunan yang selanjutnya adalah Hardboard Pin Nail. Paku jenis ini memiliki bagian kepala berbentuk berlian yang posisinya agak tersembunyi. Mayoritas para pekerja menggunakkannya untuk memasang material papan keras atau hardboard.

Tack Nail

Lalu ada tack nail. Paku ini memiliki bentuk mungil yang banyak dipakai untuk menempelkan material tekstil. Seperti misalnya kalian hendak memperbaiki kain pelapis pada sofa, kalian dapat menggunakan paku yang satu ini.

Jenis Paku Menurut Peruntukkan

Setelah kita membahas jenis paku menurut bentuk, kali ini kami akan membahas mengenai jenis paku menurutu peruntukkan. Apa saja jenis pakunya, mari kita simak berikut ini:

Paku Beton

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis paku yang satu ini, yakni Paku Beton. Paku beton biasanya digunakan untuk melubangi permukaan beton. Ada 2 macam paku beton yakni paku putih dan paku hitam. Paku beton putih memiliki ukuran 2,5-12,5 cm. Sedangkan paku beton hitam memiliki ukuran 3-7 cm saja.

Paku Seng

Lalu yang kedua ada Paku Seng. Paku jenis ini seringkali digunakkan untuk merekatkan lembaran seng ke seng. Kebanyakan paku seng memiliki bagian kepala yang lebar sehingga banyak yang menamainya paku payung. Selain dapat digunakan untuk seng, paku ini juga dapat digunakan untuk paku asbes. Ukuran paku ini berkisar antara 1-10 cm.

Paku Kayu

Dan yang terakhir adalah paku kayu. Selain dibutuhkan dalam proses pendirian bangunan, paku kayu juga kerap digunakan oleh pengrajin kayu dalam membuat furniture seperti meja, lemari, kursi dan lainnya. Panjang paku ini mulai dari 2 cm hingga 10 cm.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai jenis paku bangunan yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga paku yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua