16 Jenis Palu atau Martil 2020: Pengertian, Fungsi & Harga

Jenis Palu – Palu merupakan salah satu alat atau perkakas yang umum digunakan untuk memukul, baik dalam konstruksi pembangunan maupun pertukangan. Perlu kalian ketahui juga bahwa ada banyak sekali jenis palu yang dapat kalian ketahui.

Setiap jenis-jenis martil atau palu juga memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dari penggunaannya. Maka dari itu palu dibuat dengan beragam ukuran, baik berat dan juga bentuk. Ukuran tersebut juga pastinya akan mempermudah pekerja dalam pekerjaannya.

Untuk jenis palu yang digunakan sehari-hari biasanya memiliki ukuran yang kecil atau sedang. Karena perkakas yang wajib ada dirumah ini biasanya hanya dibutuhkan untuk memaku atau menghancur batu yang berukuran kecil. Selain itu juga dapat berfungsi untuk melepaskan paku yang menempel di dinding.

Untuk jenis martil tradisional, gagang palu biasanya dibuat menggunakan kayu, sehingga dapat diganti jika gagang tersebut rusak. Sedangkan untuk palu modern, gagangnya biasanya menggunakan bahan modern yang disatukan langsung dengan kepala palu.

Jenis Palu atau Martil: Pengertian, Fungsi & Harga

Jenis Palu

Selain itu untuk model palu modern saat ini juga telah dilengkapi dengan peredam kejut agar lebih mudah dalam penggunaannya. Nah lebih lengkapnya langsung saja simak informasi lengkap mengenai jenis palu yang telah bursabajaringan.com siapkan di bawah ini.

Jenis dan Macam Palu

Palu Paku atau Palu Cakar (Claw Hammer)

Palu Cakar
  • Harga Rp 37.500

Jenis yang pertama adalah palu paku atau dikenal juga dengan palu cakar. Palu yang satu ini sangat umum digunakan dalam pekerjaan. Gagang palu ini terbuat dari baha, kayu dan karet.

Lalu bagian belakang kepala kayu disebut cakar atau claw yang membentuk alur V dan dapat digunakan untuk mencabut paku yang telah terpasang.

Disamping itu, palu ini juga kerap digunakan sebagai tuas untuk mencukil bagian tertentu jika diperlukan. Penggunaan palu ini juga harus diperhatikan agar sambungan kepala dan gagang tidak mudah rusak.

Palu Konde (Ball Pein)

Palu Konde
  • Harga Rp 22.000

Selanjutnya ada palu konde. Palu ini memiliki bentuk yang unik layaknya konde atau ikatan rambut. Kepala palu ini berbentuk bulat dan permukaan yang rata. Umumnya digunakan untuk membentuk logam atau memasuk paku keling.

Palu Bentuk (Cross and straight pein)

Palu Bentuk
  • Harga Rp 89.900

Ketiga ada palu bentuk. Palu ini digunakan untuk membentuk logam. Bentuk kepala palu ini memiliki satu permukaan rata dan satu permukaan agar gepeng. Pali bentuk banyak digunakan untuk memukul sudut yang tepat atau sejajar dengan pegangannya. Cocok untuk digunakan sebagai pemukul paku payung.

Palu Bentuk Kecil (Cross Pein Hammer)

Palu Bentuk Kecil
  • Harga Rp 20.000

Kemudian ada palu bentuk kecil. Ini merupakan bentuk kecil dari palu bentuk atau cross and straight pein. Beratnya juga lebih ringan dan cocok digunakan untuk pekerjaan kayu.

Palu Muka Ganda (club hammer)

Palu Muka Ganda
  • Harga Rp 90.000

Untuk pekerjaan penghancuran ringan, kalian dapat menggunakan palu muka ganda atau club hammer. Selain itu kalian juga dapat menggunakannya untuk memahat atau membentuk batu.

Ketika mengunakan palu ini disarankan untuk memakai kacamata dan juga sarung tangan safety. Gagang palu ini terbuat dari logam, kayu ataupun resin sintetits yang cocok juga untuk pekerjaan rumah.

Palu Kayu (joiner’s mallet)

Palu Kayu
  • Harga Rp 12.000

Khusus untuk pertukangan kayu, palu ini adalah palu yang kerap digunakan untuk memahat dan juga menyatukan kayu. Kepalanya juga terbuat dari kayu agar tidak merusak kayu ketika digunakan untuk memukul.

Palu Lunak (soft-faced hammer)

Palu Lunak
  • Harga Rp 20.000

Kemudian ada palu lunak atau soft faced hammer. Palu ini terbuat dari karet keras atau lunak, plastik dan juga tembaga. Bentuk kepalanya juga cukup bervariasi. Untuk gagangnya sendiri terbuat dari kayu atau karet.

Palu lunak kerap digunakan untuk memukul logam tanpa memberikan bekas pada logam yang dipukul. Contohnya digunakan ketika pengefraisan untuk membantu memasang benda kerja secara tegak lurus atau sejajar.

Palu Darurat (emergency hammer)

Palu Emergency
  • Harga Rp 65.000

Dan yang terakhir adalah palu darurat emergency. Palu ini biasanya tersedia di bus, kereta api, kapal laut dan beberapa lainnya.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai jenis palu yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat bursabajaringan.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai HARGA PAHAT KAYU.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua