16 Jenis Sambungan Kayu Lengkap Beserta Gambarnya 2021

Jenis Sambungan Kayu – Kayu merupakan salah satu material bahan bangunan yang berasal dari pohon dengan bentuk batang lurus. Alasan mengapa kayu digunakan sebagai material bangunan yaitu karena sifatnya yang mudah untuk dibentuk dan di olah.

Material kayu yang digunakan sebagai bahan bangunan atau bahan pembuatan furnitur ini juga memiliki cukup banyak jenis. Jenis-jenis kayu tersebut di antaranya yaitu seperti kayu jati, bengkirai, sengon, damar laut, mahoni, merbau, SONOKELING dan masih banyak lagi.

Seperti yang sudah kalian ketahui, kayu yang dijual di pasaran memiliki ukuran yang terbatas. Maka dari itu, ketika kalian membutuhkan material ini dengan ukuran yang panjang, kalian bisa melakukan penyambungan untuk mendapatkan ukuran yang diinginkan.

Tentunya dalam melakukan penyambungan kayu tidak boleh dilakukan sembarangan karena dapat berakibat fatal pada konstruksi. Nah, oleh sebab itu penting untuk kalian ketahui mengenai beberapa jenis sambungan kayu yang bisa kalian ikuti dan lakukan.

Jenis Sambungan Kayu Lengkap Beserta Gambarnya

Jenis Sambungan Kayu

Pengertian dari sambungan kayu ialah proses penyambungan dua batang kayu atau lebih sehingga menjadi satu buah batang kayu yang panjang. Penyambungan kayu tersebut dapat kalian lakukan dengan beberapa metode. Bagi kalian yang penasaran, langsung saja perhatikan jenis-jenis sambungan kayu berikut ini.

Jenis Sambungan Kayu dan Fungsinya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jenis sambungan kayu yang umum digunakan oleh tukang atau pengrajin furnitur ini cukup beragam. Prinsip dari penyambungan kayu ini yaitu dibuat dengan sederhana namun memiliki kekuatan dan daya tahan tinggi sehingga dapat tahan lama serta kokoh. Di bawah ini adalah beberapa jenis sambungan material kayu lengkap beserta gambarnya.

Sambungan Bibir Lurus

Sambungan Bibir Lurus

Sambungan bibir lurus ini merupakan jenis yang sederhana dengan tingkat kekuatan sambungan yang lemah. Kalian bisa melakukan penyambungan ini dengan menggunakan bantuan PAKU atau baut untuk memperkuat sambungan.

Sambungan Bibir Lurus Berkait

Sambungan Bibir Lurus Berkait

Jenis sambungan selanjutnya ini bisa dipakai untuk material dengan gaya tarik yang timbul untuk batang balok serta semua permukaan batang tertahan. Kalian juga bisa menambahkan baut atau paku untuk memperkuat sambungannya.

Sambungan Bibir Miring

Sambungan Bibir Miring

Biasanya jenis sambungan kayu ini digunakan untuk menyambung gording yang dipikul oleh kuda-kuda. Peletakan sambungan jenis ini yaitu bukan dengan bibir penutup, melainkan didekatkan dengan kuda-kuda.

Sambungan Takikan Mulut Ikan

Sambungan Takikan Mulut Ikan

Biasanya sambungan takikan mulut ikan ini digunakan untuk balok kayu dengan arah memanjang. Untuk lebih jelasnya dapat kalian simak gambar yang sudah kami sajikan di atas.

Sambungan Kait Miring

Sambungan Kait Miring

Tak jauh berbeda dengan sambungan jenis bibir miring, sambungan kait miring ini digunakan apabila terdapat gaya tarik yang bekerja pada batang kayu. Letak bibir pemikul sambungan jenis ini harus dekat dengan kaki kuda-kuda.

Sambungan Memanjang Kunci Sesisi

Sambungan Memanjang Kunci Sesisi

Tipe sambungan yang satu ini kerap kali dipakai untuk membuat konstruksi kuda-kuda, entah itu kaki ataupun balok tarik kuda-kuda. Hal itu dikarenakan sabungan memanjang kunci sesisi ini memiliki kekuatan tarik ataupun desakan yang cukup baik.

Sambungan Memanjang Kunci Jepit

Sambungan Memanjang Kunci Jepit

Jenis sambungan kayu memanjang kunci jepit ini dapat menetralisir momen sekunder yang terjadi pada sambungan kunci sesisi. Meskipun memiliki kekuatan yang cukup baik, namun sambungan jenis ini tidak cocok jika diaplikasikan pada kuda-kuda.

Sambungan Kayu Memanjang Tegak Lurus

Sambungan Kayu Memanjang Tegak Lurus

Sambungan kayu memanjang tegak lurus ini dapat kalian gunakan sebagai tiang-tiang tinggi atau kolom. Jenis ini bisa menjadi opsi apabila kalian tidak menemukan dimensi kayu yang sesuai dengan apa yang kalian butuhkan.

Sambungan Kayu Melebar Lidah Alur

Sambungan Kayu Melebar Lidah Alur

Sesuai dengan namanya, tipe sambungan yang satu ini dapat digunakan untuk jenis kayu melebar. Biasanya kayu-kayu ini dapat kalian temukan pada konstruksi lantai atau konstruksi dinding hunian.

Sambungan Takikan Lurus Rangkap

Sambungan Takikan Lurus Rangkap

Sambungan takikan lurus rangkap ini umum dipakai untuk balok kayu dengan arah memanjang. Kalian bisa memanfaatkan material paku atau baut untuk memperkuat sambungan tersebut.

Sambungan Kayu Purus dan Lobang dengan Gigi Tegak

Sambungan Kayu Purus dan Lobang dengan Gigi Tegak

Kalian bisa melakukan penyambungan tipe ini dengan sudut sebesar 45 derajat. Sambungan kayu purus dan lobang dengan gigi tegak bisa dipakai pada balok dengan arah atau bentuk memanjang.

Sambungan Pengunci Atas Bawah

Sambungan Pengunci Atas Bawah

Sama halnya dengan sambungan takikan lurus rangkap, jenis sambungan pengunci atas bawah ini juga biasa digunakan pada balok kayu dengan arah memanjang. Untuk lebih detailnya dapat kalian simak gambar yang sudah kami berikan di atas.

Sambungan Pengunci Bawah

Sambungan Pengunci Bawah

Kalian bisa melakukan penyambungan tiga kayu dengan metode sambungan pengunci bawah. Sambungan jenis ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada balok kayu dengan arah dan bentuk memanjang.

Sambungan Kayu Pengunci Samping

Sambungan Kayu Pengunci Samping

Selain sambungan kayu pengunci bawah, penyambungan balok kayu dengan arah memanjang juga bisa menggunakan teknik sambungan kayu pengunci samping. Simak baik-baik gambar jenis penyambungan kayu pengunci dengan sudut pandang 2D dan 3D.

Sambungan Bersusun dengan Gigi

Sambungan Bersusun dengan Gigi

Dari gambar di atas dapat kalian lihat bahwa sambungan bersusun dengan gigi ini terlihat simpel dan sederhana. Meskipun begitu, sambungan jenis ini memiliki daya tahan yang tinggi serta mampu bertahan hingga puluhan tahun.

Sambungan Kayu Bersusun dengan Schei

Sambungan Kayu Bersusun dengan Schei

Tipe sambungan kayu yang terakhir ini dapat kalian gunakan pada balok dengan arah memanjang. Metode yang satu ini dapat kalian lakukan dengan menggunakan material tambahan seperti paku atau baut agar lebih kuat.

Itulah sekiranya yang dapat Bursabajaringan.com sampaikan mengenai beberapa jenis sambungan kayu lengkap dengan gambarnya. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat dan bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak menyambungkan dua atau lebih material kayu untuk kebutuhan konstruksi bangunan.

You May Also Like
About the Author: indra
Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua