8 Jenis Screed Lantai 2020: Pengertian, Tips & Cara Pengaplikasian

Jenis Screed Lantai – Apakah kalian sudah pernah mendengar istilah screed lantai? Nah bagi kalian yang belum mengerti apa itu screed lantai, pada pembahasan kali ini kami akan mengupas secara detail mengenai jenis screed lantai, pengertian dan tips pengaplikasian screed lantai.

Berbicara mengenai Screed Lantai, pengertian dari Screed Lantai sendiri adalah lapisan halus yang digunakan ketika melakukan finishing pada sebuah lantai. Perlu kalian ketahui juga bahwa bagian ini sangat penting dalam kontruksi karena dapat menyempurnakan tampilan lantai.

Selain itu, screed lantai juga dapat berfungsi sebagai pelindung lantai. Pengaplikasian screed lantai juga biasanya memiliki ketebalan berkisar antara 50 mm sampai 100 mm. Selain untuk pelapis, screeding juga dapat digunakan untuk meratakan permukaan lantai, menambah ketinggian lantai serta sebagai lantai kerja sebelum memasang keramik.

Nah, pelapis lantai atau screed lantai ini memiliki beberapa jenis yang umum digunakan. Baiklah daripada penasaran mengenai apa saja jenisnya, langsung saja kalian simak informasi lengkap mengenai jenis screed lantai, pengertian, tips dan cara pengaplikasiannya berikut ini.

Jenis Screed Lantai: Pengertian, Tips & Cara Pengaplikasian

Jenis Screed Lantai

Pengertian dan Jenis Screed Lantai

Screed Polimer

Screed Polimer

Jenis yang pertama adalah Screed Lantai Polimer. Jenis ini merupakan lapisan finishing yang terbuat dari campuran semen, pasir dan juga polymer sintetic. Tujuan dari penggunaan lapisan ini adalah untuk meningkatkan kekuatan lantai tersebut.

Screed ini banyak digunakan di pabrik-pabrik yang memerlukan alas kuat dan juga keras. Akan tetapi bukan berarti jenis ini tidak dapat diterapkan untuk bangunan rumah.

Screed Beton

Screed Beton

Selanjutnya ada Screed Lantai Beton. Screed jenis ini merupakan yang paling sering digunakan. Setelah dilakukan pengaplikasian, screed BETON COR akan membutuhkan waktu sekitar 28 hari sampai benar-benar mengering sempurna dan dapat digunakan.

Untuk pengaplikasian dengan sempurna, kalian dapat memesan jasa tukang atau jasa floor hardener yang profesional agar hasilnya memuaskan dan pastinya dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama. Dalam bekerja, biasanya floor hardener akan menggunakan mesin untuk memudahkan pengerjaan dan hasilnya juga dapat sempurna.

Screed Epoxy

Screed Epoxy

Buat kalian yang mungkin ingin memiliki lantai rumah yang terlihat licin dan mengkilap, kalian dapat menggunakan jenis screed lantai epoxy yang satu ini. Kelebihan dari jenis ini adalah tahan lama, material kuat, pengerjaan cepat dan mampu memberikan tampilan indah pada rumah dan tahan terhadap reaksi bahan kimia.

Screed Anhidrit

Screed Anhidrit

Kemudian jenis Andhidrit ini merupakan yang paling sering digunakan di bangunan komersial seperti hotel, bandara, mall dan lain sebagainya. Kelebihan dari lapisan Anhidrit sendiri adalah mudah diaplikasikan dan mampu mempercantik tampilan lantai sebuah bangunan.

Hal yang perlu kalian perhatikan dari jenis adalah kurang cocokj jika diterapkan pada ruangan lembap atau sering terkena air, karena dapat merusakan tampilan lapisan permukaan lantai.

Screed Campuran

Screed Campuran

Dan jenis screed lantai yang terakhir adalah screed campuran. Sesuai dengan namanya, jenis ini terbuat dari bahan campuran seperti additif, filler, semen dan pasir silika. Kalian dapat menggunakannya sebagai pelapis lantai, perata lantai, menambah ketinggian lantai sebelum pemasangan keramik.

Tips & Cara Pengaplikasian Screed Lantai

Tips Pengaplikasian Screed Lantai

Nah, sebelum kalian memutuskan untuk mengerjakan pelapisan lantai ini, kalian harus memperhatikan beberapa hal-hal berikut ini:

Membersihkan Permukaan Lantai

Pastikan bahwa permukaan lantai dalam keadaan bersih. Jika masih terdapat kotoran, kalian dapat membersihkannya lebih dahulu. Barulah kalian lanjut ke proses pengaplikasian.

Hindari Pengerjaan saat Siang Hari

Pada saat siang hari, sinar matahari yang terik tentu akan menyorot pengerjaan kalian. Maka otomatis akan membuat lantai menjadi cepat kering. Sementara itu, pelapisan harus diselesaikan lebih dulu sebelum dikeringkan. Alangkah baiknya jika pengerjaan dilakukan ketika cuaca tidak terlalu panas agar hasilnya maksimal.

Lantai yang Diratakan Sudah Mengeras

Poin ini khusus untuk melakukan screeding lantai untuk meratakan lantai. Pastikan lebih dulu permukaan lantai sudah dalam keadaan keras dan siap untuk diratakan.

Itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai jenis screed lantai yang dapat kalian simak diatas. Untuk pengaplikasiannya, kalian juga dapat memahami tips-tips yang kami sampaikan. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat bursabajaringan.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua