14 Rekomendasi Jenis Ventilasi Rumah Terbaik & Ternyaman 2020

Jenis Ventilasi Rumah – Perlu kalian bahwa ada banyak sekali jenis ventilasi rumah yang dapat kalian pilih sesuai dengan selera. Ventilasi sendiri memiliki manfaat yang cukup banyak, salah satunya adalah untuk memperbaiki sirkulasi udara yang ada di dalam rumah agar lebih segar dan lebih sehat.

Hal ini tentu dapat menjadikan kita sebagai penghuni rumah menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit atau virus. Ventilasi juga dapat bertindak sebagai alat pengatur udara, ventilasi mampu membantu mengalirkan udara segar dari luar ke dalam rumah dan membuang udara kotor ke luar rumah.

Berbicara mengenai rekomendasi jenis ventilasi rumah terbaik, pada pertemuan kali ini bursabajaringan.com akan memberikan beberapa jenis ventilasi rumah yang dapat kalian pilih. Ada banyak sekali jenis yang dapat kalian jadikan pilihan, mulai dari ventilasi alami atau mekanik.

Untuk jenis ventilasi alami diantaranya, boven, jalusi, kaca nako dan loster. Sedangkan untuk jenis mekanik salah satunya yakni blower. Baiklah daripada penasaran lebih baij langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai jenis ventilasi rumah terbaik berikut ini.

Rekomendasi Jenis Ventilasi Rumah Terbaik & Ternyaman

Jenis Ventilasi Rumah

Ventilasi Rumah Alami

1. Ventilasi Rumah Boven

Ventilasi Rumah Boven

Jenis ventilasi rumah yang pertama adalah jenis boven. Jenis ini menjadi salah satu model yang paling banyak digunakan di rumah-rumah trandisional maupun modern. Desain ini juga biasanya terdiri dari 3 jenis, yakni ada yang sudah menyatu dengan jendela dan ada yang belum. Pilihan yang ditawarkan juga beragam, kalian dapat memilih bentuk bulan, persegi, persegi panjang, dan beberapa bentuk lainnya.

2. Ventilasi Rumah Jalusi dan Krepyak

Ventilasi Rumah Jalusi

Selanjutnya ada ventilasi rumah jenis jalusi dan krepyak. Jenis ini memiliki desain bermodel ruas-ruas yang cukup lebar untuk tempat udara bersirkulasi. Kedua jenis ini juga memiliki bahan pembuatan yang sama yakni dari kayu.

Akan tetapi saat ini juga ada yang terbuat dari aluminum. Perbedaan keduanya ini adalah dimana jalusi memiliki model yang sederhana, dan sedangkan krepyak memiliki model yang memiliki hiasan atau ukiran unik yang khas.

3. Ventilasi Rumah Kaca/Nako

Ventilasi Rumah Kaca

Untuk desain yang satu ini bisa dikatakan hampir mirip dengan jalusi dan krepyak. Hanya saja jenis kaca/nako ini terbuat dari bahan kaca. Jenis ventilasi rumah ini juga memiliki sistem yang fleksible sehingga ukuran bukaan sirkulasi mudah diatur sesuai dengan keinginan kalian. Dibuat dengan bahan kaca menjadikan ventilasi ini memiliki harga relatif mahal.

4. Ventilasi Rumah Loster

Ventilasi Rumah Loster

Jenis ventilasi unik yang satu ini bernama Loster. Loster memiliki banyak desain yang sangat unik. Ventilasi jenis ini pada umumnya merupakan model ventilasi tambahan yang dipasang pada dinding di berbagai sudut rumah. Kalian dapat memilih beberapa model, yakni loster kayu, loster beton atau loster keramik.

Ventilasi Rumah Mekanik

5. Ventilasi Pembuangan

Ventilasi Pembuangan

Lain dari kategori sebelumnya, ventilasi ini merupakan ventilasi yang bekerja dengan bantuan daya listrik. Ventilasi pembuangan hanya berfungsi satu arah yakni untuk menyedot udara keluar dari dalam ruangan dan membuangnya keluar.

Biasanya ventilasi ini digunakan pada ruangan tertutup seperrti kamar mandi. Ada 2 jenis yakni ventilasi yang menggunakan baling-baling 20 cm dan juga baling-baling 25 cm.

6. Ventilasi Dinding

Ventilasi Dinding

Jenis yang satu ini banyak digunakan pada ruangan tertutup dan ruangan terbuka. Berbeda dengan ventilasi pembuangan diatas, jenis ini hanya perlu ditempel pada bagian dinding ruangan. Dan biasanya ditambah dengan potongan strimin kawat pada bagian belakangnya.

7. Ventilasi Industri

Ventilasi Industri

Dan yang terakhir adalah ventilasi industri. Biasanya juga dikenal dengan nama Blower. Ventilasi jenis ini biasa digunakan pada ruangan yang memerlukan kebutuhan udara maksimal seperti pabrik, restoran dan juga dapur. Ini juga sama dengan ventilasi pembuangan, dimana hanya memiliki satu fungsi yakni membuang udara dari dalam ruangan keluar. Konsumsi listriknya juga cukup besar, yakni 59-74 watt.

Manfaat Ventilasi Rumah

Manfaat Ventilasi Udara

  • Mengurangi Kelembaban dalam Ruangan
  • Menghilangkan Gas-Gas Sisa
  • Menghilangkan Uap Air yang Timbul
  • Menghilangkan Kalor yang Berlebihan dalam Ruangan
  • Menjadikan Rumah Sehat dan Nyaman
  • Memperindah Bangunan
  • Menjadi Pintu Darurat saat Terjadi Kebakaran

Nah itulah beberapa informasi mengenai rekomendasi jenis ventilasi rumah terbaik. Ada 2 kategori yakni ventilasi alam dan juga ventilasi mekanik. Kalian dapat melihat diatas bahwa ada banyak sekali jenis ventilasi yang dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan. Baiklah hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua