10 Pengenalan Kanopi Baja Ringan Dari Fungsi, Model dan Alasan

Kanopi Baja Ringan – Saat membangun hunian, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar rumah Anda tampak semakin nyaman. Tidak hanya di bagian dalam rumah saja, bagian luar rumah pun harus diperhatikan kenyamanannya. Untuk membuat bagian luar rumah tampak nyaman salah satunya adalah dengan memasang kanopi di bagian teras.

Saat ini, bahan kanopi dari baja ringan menjadi bahan yang sangat difavoritkan untuk membuat teras rumah. Kanopi baja ringan akan memberikan keunggulan tersendiri untuk rumah Anda, terutama pada bagian depannya.

Fungsi Kanopi Baja Ringan

Fungsi Kanopi Baja Ringan

Fungsi Kanopi Baja Ringan

Sebelum mengenal lebih dalam tentang kanopi, fungsi dan keunggulannya, ada baiknya jika Anda mengenal lebih dahulu apa itu kanopi. Kanopi sendiri secara bahasa bisa diartikan sebagai tirai atau pelindung di bagian atas. Sedangkan dalam dunia arsitek, kanopi adalah istilah yang mengacu pada salah satu jenis atap yang diciptakan untuk melindungi bagian luar rumah. Beberapa waktu belakangan, jenis kanopi baja ringan merupakan satu dari sekian banyak atap yang banyak diminati.

Tak hanya untuk atap rumah saja, kanopi juga banyak digunakan sebagai pelindung bagian depan pada toko-toko dan bahkan pada gedung-gedung. Pada awalnya memang kanopi ini berfungsi untuk melindungi barang-barang, seperti kendaraan atau furniture yang diletakkan di bagian luar rumah, dari serangan terik matahari dan hujan. Namun kini dengan adanya kanopi baja ringan, tidak hanya fungsional saja, namun juga akan memberikan estetika untuk mempercantik bagian luar rumah Anda.

Kanopi biasanya memang dipasang di bagian depan rumah. Biasanya dipasang, kanopi memang lebih cenderung digunakan sebagai bagian dari teras rumah. Bagi beberapa orang yang memiliki kendaraan pribadi, kanopi juga digunakan sebagai pelindung untuk kendaraannya, tak jarang dimanfaatkan untuk garasi juga. Namun seiring perkembangan yang ada, kanopi kemudian dikombinasikan dengan bagian-bagian lain dari rumah sehingga bisa menambah nilai keindahan rumah Anda.

Baca  Harga Seng Plastik Semua Merk & Ukuran Agustus 2019

Apalagi jika penggunaan kanopi ini disesuaikan dengan konsep rumah Anda, pasti akan membuat rumah Anda semakin cantik. Nah, jika dulu kanopi hanya dibuat dari bahan kayu saja, maka dengan adanya perkembangan jaman, bahan pembuat kanopi pun semakin dimodifikasi. Salah satunya adalah penggunaan bahan baja ringan. Kanopi baja ringan ini akan memberikan Anda banyak keunggulan seperti yang disebutkan di bawah ini.

Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Kanopi Baja Ringan

Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Kanopi Baja Ringan

Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Kanopi Baja Ringan

1. Pemasangannya Cukup Mudah

Keunggulan pertama yang menjadi alasan kenapa Anda harus menggunakan model kanopi baja ringan adalah karena pemasangannya yang cukup mudah. Anda tak perlu khawatir karena keterbatasan waktu atau dana. Pemasangannya yang hanya menggunakan baut khusus tanpa penggunaan las membuat siapa saja bisa dengan mudah memasang. Apalagi karena bobotnya yang cukup ringan, tidak perlu banyak orang juga untuk memasangnya. Cukup dua orang saja sudah bisa memasang kanopi dari bahan baja ringan ini.

2. Anti Karat dan Anti Rayap

Alasan ini adalah alasan terbesar mengapa Anda harus menggunakan kanopi dari bahan baja ringan ini. Jika umumnya bahan besi memiliki sifat mudah berkarat, maka tidak sama dengan baja ringan ini. Baja ringan sudah memiliki lapisan anti karat di permukaannya sehingga Anda tak perlu khawatir jika atap kanopi ini terkena paparan sinar matahari dan hujan. Selain itu, tidak seperti bahan kayu yang mudah dimakan rayap, bahan baja ringan sudah pasti dijamin anti rayap. Dengan begitu kanopi Anda bisa bertahan lama.

3. Tidak Memuai dan Menyusut

Meskipun bahan utamanya masuk ke dalam kategori besi, namun kanopi dari baja ringan ini tidak memiliki sifat mudah memuai dan menyusut layaknya bahan besi lainnya. Jadi, selain tahan karat karena perubahan cuaca, kanopi dari bahan baja ringan ini juga tidak akan mengalami perubahan bentuk karena memuai maupun menyusut sebagai akibat dari perubahan cuaca.

Baca  Harga Baja Ringan Jogja Termurah dan Terbaru Agustus 2019

4. Biaya Lebih Terjangkau

Yang paling penting, mengapa Anda harus menggunakan kanopi dari bahan baja ringan ini adalah karena lebih ekonomis. Tidak hanya karena harga kanopi baja ringan yang lebih terjangkau, kanopi dari bahan baja ringan yang tidak memerlukan treatment khusus seperti pengelasan atau pelapisan bahan dengan anti karat maupun anti rayap membuat Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk perawatannya. Dengan begitu budget yang dikeluarkan juga lebih kecil dibandingkan dengan kanopi lainnya.

Gambar Model Kanopi Baja Ringan

Gambar Model Kanopi Baja Ringan

Gambar Model Kanopi Baja Ringan

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki teras atau garasi dengan kanopi sebagai pelindungnya, mungkin bingung model apa saja yang bisa dipilih. Berikut ini adalah beberapa referensi model kanopi dari baja ringan yang mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda.

1. Model Kanopi Baja Ringan dengan Tiang

Model Kanopi Baja Ringan dengan Tiang

Model Kanopi Baja Ringan dengan Tiang

Model kanopi dari baja ringan yang pertama adalah model dengan tiang. Model ini adalah model yang paling banyak digunakan baik untuk rumah maupun untuk toko atau bangunan. Seperti namanya, model ini menggunakan tiang-tiang yang juga terbuat dari baja ringan pada sisi-sisinya sebagai penopang.

2. Model Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang

Model Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang

Model Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang

Model kedua yang juga banyak digunakan adalah model tanpa tiang. Sama seperti namanya, model ini berbeda dengan model yang pertama yang menggunakan tiang pada sisi-sisinya sebagai penopang. Untuk model ini tidak akan menggunakan tiang untuk menopang di sisinya, melainkan menggunakan baja ringan berukuran kecil di bagian atas untuk menyambungkan kanopi dengan dinding sebagai penyangga utamanya. Model ini sangat cocok untuk digunakan pada rumah yang memiliki lahan tidak terlalu luas. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencari referensi gambar kanopi baja ringan tanpa tiang lainnya guna menambah referensi Anda.

Baca  3 Cara Membuat Kanopi Baja Ringan Sendiri Dengan Mudah

3. Model Kanopi Baja Ringan Gantung

Model Kanopi Baja Ringan Gantung

Model Kanopi Baja Ringan Gantung

Model terakhir ini juga banyak dipilih oleh orang-orang yang memiliki rumah dengan lahan yang tidak terlalu luas. Model kanopi gantung ini hanya memanfaatkan penyangga besi yang lebih kecil yang diletakkan di bagian atas. Penyangga ini nantinya dipasang di dinding agar kanopinya bisa terpasang dengan baik.

Beberapa model di atas hanya beberapa model yang bisa menjadi referensi untuk Anda jika ingin membuat kanopi di rumah. Masih ada banyak model lain yang tidak hanya fungsional karena bisa melindungi bagian luar rumah, namun juga memberikan nilai estetik pada tampilan luar rumah Anda. Penggunaan kanopi dari bahan baja ringan ini bahkan sudah menjadi trend desain eksterior rumah yang kekinian dan banyak digunakan saat ini.

Banyaknya keunggulan yang didapat jika menggunakan kanopiĀ  baja ringan seperti yang disebutkan di atas adalah alasan-alasan mengapa Anda harus beralih pada bahan baja ringan untuk rumah Anda. Cara membuat kanopi baja ringan yang mudah serta pemasangannya yang juga mudah, harga yang terjangkau dan sifatnya yang tahan lama adalah alasan paling utama banyak orang yang memilih menggunakan bahan baja ringan untuk kanopi rumahnya. Trend pembuatan kanopi pada bagian depan dengan menggunakan bahan baja ringan ini tidak hanya dimanfaatkan untuk rumah saja, bahkan untuk gedung-gedung besar juga.