11 Kelebihan dan Kekurangan Batu Alam untuk Bangunan Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Batu Alam – Rumah idaman adalah rumah yang dibuat dengan denah serta desain yang kita inginkan agar nantinya hasil rumah tersebut sesuai dengan yang kita inginkan. Setiap orang pastinya menginginkan sebuah rumah yang sesuai dengan ekspektasi mereka, entah itu dari segi bahan bangunan, denah bangunan serta hiasan apa saja yang ingin mereka aplikasikan, salah satunya adalah dengan adanya hiasan batu alam yang terpampang pada dinding rumah tersebut.

Berbicara mengenai batu alam, sebelumnya kita sudah sempat membahas mengenai harga batu alam dinding yang lengkap dengan jenis batu alam dinding yang ada di Indonesia ini. Banyak sekali jenis batu alam yang dapat kita ketahui serta apa saja fungsi dari batu alam tersebut. Batu alam yang kerap digunakan untuk hiasan atau mempercantik sebuah rumah juga bermacam-macam, mulai dari batu alam candi, cupang merah, bintik bakar dan masih banyak lagi lainnya.

Batu alam memang dikenal memiliki harga yang mahal di setiap jenisnya, namun hal tersebut bukan suatu masalah bagi mereka yang ingin menghias dinding rumah atau lantai rumah dengan batu alam agar terlihat lebih natural dan eksotis. Perlu kalian ketahui juga bahwa setiap batu alam juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan batu alam untuk rumah inilah yang akan kita bahas pada pertemuan kali ini.

Untuk kelebihan dan kekurangan batu alam untuk rumah wajib kita ketahui agar kita dapat mengetahui lebih detail mengenai fungsi dan juga bagaimana cara mengantisipasi kekurangan yang ada pada batu alam tersebut. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai kelebihan dan kekurangan batu alam untuk rumah yang telah kami siapkan dan dapat kalian simak dibawah ini.

Baca  2 Cara Memasang Lisplang di Rangka Atap Baja Ringan

Kelebihan dan Kekurangan Batu Alam untuk Bangunan Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Batu Alam untuk Bangunan Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Batu Alam untuk Bangunan Rumah

1. Kelebihan Batu Alam

  • Memiliki Kesan Natural, Elegan dan Mewah

Kelebihan yang pertama dari batu alam adalah memiliki kesan mewah, natural dan elegan. Batu alam memang biasanya digunakan untuk mempercantik dinding rumah agar lebih terlihat alami dan elegan. Rumah dengan hiasan dinding batu alam memang lebih menarik untuk dilihat dan juga memancarkan kesan mewah.

  • Terbebas dari Lumut dan Jamur

Lain halnya dengan keramik atau marmer, dengan menggunakan batu alam ini sebagai material utama penghias dinding rumah, hal ini merupakan kelebihan tersendiri dari batu alam, dimana batu alam akan terbebas dari yang namanya lumut dan juga jamur. Dimana lumut serta jamur ini merupakan masalah klasik yang dapat mengganggu keindahan dinding rumah kita.

  • Perawatan Mudah

Dengan menggunakan batu alam tentunya perawatan kebersihan juga sangatlah mudah. Atau dengan kata lain kita tidak perlu sering-sering membersihkan batu alam yang diaplikasi sebagai penghias dinding rumah karena lebih terlihat bersih dan alami walaupun terkena debu atau lainnya.

  • Memiliki Banyak Ukuran yang Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan

Perlu kalian ketahui bahwa batu alam ini memiliki banyak sekali ukuran, hal inilah yang merupakan kelebihan dari penggunaan batu alam sebagai penghias dinding rumah kita. Kita dapat mencari batu alam yang sesuai dengan ukuran atau selera kita.

  • Rumah Menjadi Lebih Menarik dan Berwarna

Bukan hanya memiliki ukuran dan bentuk bermacam-macam, namun juga memiliki varian warna yang cukup banyak. Kalian hanya tinggal memilih warna apa saja yang kalian inginkan yang cocok dengan selera hati.

  • Harga Jual Rumah Akan Lebih Mahal
Baca  Pengertian dan Macam Jenis Lisplang yang Wajib Diketahui

Sudah pasti lebih mahal dibandingkan dengan rumah yang hanya memiliki hiasan dinding berupa keramik. Selain memiliki kesan natural, rumah dengan dinding batu alam biasanya akan terlihat lebih mewah dan elegan. Hal inilah yang menjadikan rumah dengan batu alam lebih mahal.

2. Kekurangan Batu Alam

  • Warna Tidak Seragam

Batu alam memang memiliki corak yang berbeda-beda. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan tersendiri, namun kita butuh ketrampilan tersendiri dalam hal pemasangannya. Namun kita tidak perlu khawatir karena produsen batu alam sudah merancang model batu alam tersebut sehingga dapat dengan mudah untuk kita pasang.

  • Berpori-pori Besar Sehingga Harus Ditutup dengan Bahan Khusus

Kekurangan batu alam yang kedua adalah memiliki pori-pori yang cukup besar sehingga kita harus menutupnya dengan bahan khusus, seperti pelapis atau sejenisnya agar terhindar dari lumut serta kotoran lainnnya.

  • Resiko Sulit Diperbaiki

Terkadang ada beberapa orang yang iseng dengan sengaja mencoret dinding rumah kita dengan cat plastik atau lainnya yang sulit dihilangkan. Solusi yang dapat diatasi adalah dengan mengganti batu itu sendiri, namun hal ini pastinya akan lebih repot karena biasanya perekat pada batu sangatlah kuat.

  • Material Cenderung Berat, Sehingga Pemasangan Cukup Repot

Sama halnya dengan batu-batu lainnya, batu alam ini juga memiliki berat yang cukup. Maka ketika pengerjaan dibutuhkan tenaga ekstra atau bantuan alat lain agar lebih mudah, Disamping itu jika kalian menggunakan batu alam untuk bangunan bertingkat, maka terlebih dahulu pastikan struktur bangunan kuat agar dinding tidak retak dan tidak roboh.

  • Harga Lebih Mahal

Lain halnya dengan harga keramik yang lebih murah, harga batu alam ini tergolong cukup mahal per ukurannya. Maka jika kalian ingin menggunakan batu alam untuk hiasan dinding rumah kalian, alangkah baiknya untuk memikirkan budget terlebih dahulu.

Baca  36 Harga Batu Alam Dinding Per Meter Desember 2019 Terlengkap

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan batu alam untuk rumah yang dapat kalian ketahui. Setiap material bangunan tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang harus kalian pertimbangkan sebelum membeli material tersebut. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai kelebihan dan kekurangan batu alam untuk bangunan rumah, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.