Kelebihan dan Kekurangan Granit yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Granit – Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Granit. Dimana granit ini sering digunakan sebagai pengganti keramik dinding atau keramik lantai. Bahan jenis ini memang memiliki kekuatan yang lebih kuat dibandingkan dengan keramik biasa, hanya saja harga granit ini dibanderol dengan nominal yang lebih mahal dibandingkan keramik.

Selain itu, granit juga memiliki karakteristik yang unik, selain memiliki daya tahan yang kuat, granit juga tahan terhadap goresan. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh granit. Sedangkan untuk kekurangannya, yang paling menonjol adalah soal harga, dimana granit memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan material lain sejenisnya.

Berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan granit ini dapat kalian pahami terlebih dahulu sebelum membeli bahan yang satu ini sebagai pengganti dinding rumah atau lantai rumah. Karena hal ini tentunya sangat penting, dimana akan masuk dalam anggaran kita sebelum kita membangun rumah idaman yang kita inginkan. Disamping itu, kalian juga wajib mengetahui berapa harga borongan pasang keramik atau pasang granit saat ini.

Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai kelebihan dan kekurangan granit yang perlu diketahui. Seperti apa pembahasannya, langsung saja kita simak berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Granit yang Perlu Diketahui

kelebihan dan kekurangan granit yang peru diketahui

kelebihan dan kekurangan granit yang peru diketahui

Kelebihan Granit

  • Kekuatan

Kelebihan yang pertama adalah mengenai kekuatan. Granit ini memiliki tekstur yang lebih kuat dibandingkan dengan keramik biasa. Hal ini ditunjukkan ketika proses pemotongan dengan menggunakan gerinda. Bahkan produksi granit ini dilakukan dengan proses pembakaran pada suhu diatas 1000 derajat, sehingga dapat kita simpulkan jika granit ini memiliki kekuatan yang lebih sehingga nantinya akan sangat awet ketika diaplikasikan di dinding atau lantai rumah.

Baca  5 Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai Rumah
  • Lebih Mengkilap

Kelebihan granit yang kedua adalah lebih mengkilap. Hal inilah yang menjadikan sebagian masyarakat lebih memilih menggunakan granit dibandingkan dengan keramik biasa. Granit ini memiliki lapisan yang sangat mengkilap sehingga akan sangat enak dipandang jika kita menggunakannya untuk dinding dan lantai. Hal ini dikarenakan granit di produksi dengan cara dipoles dengan detail oleh ahlinya.

  • Tahan Goresan

Lain halnya dengan keramik yang mudah tergores, granit ini memiliki lapisan yang tahan terhadap goresan apapun. Jadi bagi kalian yang ingin menggunakan granit jangan pernah ragu dan khawatir akan goresan. Walaupun sudah tergores, kalian dapat mengatasinya dengan cukup mudah, dimana kalian hanya cukup mengoleskan bahan tertentu dan nantinya akan kembali seperti semula.

Kekurangan Granit

  • Kurang Tahan Terhadap Noda

Setelah kita berbicara mengenai kelebihan, kali ini kita beralih ke kekurangan dari granit. Kekurangn granit yang pertama adalah tidak tahan terhadap noda. Granit ini memiliki tekstur dan pori-pori yang besar sehingga akan sangat susah dibersihkan jika terkena sesuatu yang menimbulkan noda. Jika sudah masuk ke pori-pori maka akan sangat susah untuk dibersihkan.

  • Perawatan Lebih Sulit

Kemudian untuk soal perawatan juga cukup sulit. Seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa granit susa dibersihkan ketika terkena sesuatu yang membuat noda. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan noda tersebut, namun akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan susah.

  • Harga Lebih Mahal

Kualitas dari granit memang tidak usah diragukan lagi, namun hal tesebut juga sebanding dengan harga granit yang tergolong mahal. Ini juga menjadi salah satu kekurangan, karena nantinya akan memakan budget yang cukup banyak.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan granit yang peru diketahui. Kalian juga dapat membaca artikel lain mengenai harga borongan bangunan plus material di postingan sebelumnya. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas mengenai kelebihan dan kekurangan granit dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca  Tips Mudah Menghitung Biaya Pasang Baja Ringan