9 Kelebihan dan Kekurangan Kayu Jati yang Wajib Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Jati – Kayu jati adalah salah satu kayu yang memiliki serta indah dan unik serta kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan kayu-kayu lainnya. Maka tak heran jika banyak sekali pengusaha properti yang lebih memilih menggunakan bahan kayu jati untuk membuat furniture seperti lemari, meja, kursi dan lain sebagainya. Disamping itu, harga kayu jati memang dikenal cukup mahal sehingga bisa dikatakan kayu ini merupakan kayu kasta tinggi.

Kayu jati sendiri juga terbagi menjadi beberap jenis, dimana jenis kayu jati yang pertama adalah kayu jati rakyat, kedua kayu jati emas dan yang ketiga adalah kayu jati perhutani. Ketiga jenis kayu tersebut juga memiliki spesifikasi yang berbeda satu sama lain. Contohnya saja untuk kayu jati rakyat ini memiliki batang yang bengkok dan memiliki masa tumbuh yang cukup lama yakni 15 hingga 25 tahun sampai masa tebang. Dan sedangkan untuk kayu jati emas memiliki masa tumbuh yang lebih singkat dibandingkan dengan kayu jati rakyat, yakni berkisar 7 sampai 15 tahun dan memiliki batang yang lurus.

Kemudian untuk kayu jati perhutani ini bisa dikatakan sebagai jenis kayu jati yang memiliki kualitas lebih tinggi diantara keduanya. Maka dari itu PT Perum Perhutani membanderolnya dengan harga yang mahal dan tentunya sangat sebanding dengan kondisi kayu tersebut. Dan berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan kayu jati, disini kita akan membahasnya secara detail dan lengkap sebagai penmbah wawasan pengetahuan kita mengenai jenis kayu jati ini.

Kelebihan dan kekurangan kayu jati bisa dikatakan lebih banyak kelebihan dibandikan dengan kekurangannya. Lain halnya dengan jenis kayu lain yang lebih banyak memiliki kekurangan dibandingkan kelebihannya. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai kelebihan dan kekurangan kayu jati yang wajib diketahui berikut ini.

Baca  5 Talang Air Baja Ringan dan Jenis Talang Air Lainnya

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Jati yang Wajib Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Jati yang Wajib Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Jati yang Wajib Diketahui

1. Kelebihan Kayu Jati

  • Kuat dan Tahan Lama

Pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan kayu jati yang pertama adalah mengenai kelebihannya. Dimana kayu jati ini memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Kayu jati memiliki ketahanan dan kekuatan yang baik, dimana hal tersebut dapat dibuktikan dengan jarang sekali kayu jati ini kering dan gampang patah serta pecah. Disamping itu juga masa pakai kayu jati sangatlah lama bahkan hingga ratusan tahun.

  • Tahan Terhadap Segala Jenis Cuaca

Kelebihan kayu jati yang kedua adalah tahan terhadap segala cuaca apapun. Hal inilah yang menjadikan para pengrajin furniture lebih memilih menggunakan bahan dasar kayu jati ini dibandingkan dengan kayu jenis lainnya.

  • Serat Cantik dan Unik

Serat yang dimiliki oleh kayu jati ini juga menjadi salah satu kelebihannya, memiliki serta yang unik dan bermacam corak cantik dapat menambah kesan klasik jika kayu ini dijadikan sebuah barang, seperti lemari, kursi, meja dan lain sebagainya. Dan yang pasti akan menambah nilai jual yang tinggi.

  • Tahan Terhadap Hama Kayu

Kelebihan yang selanjutnya adalah tahan terhadap serangan hama kayu. Ketahanan yang dimiliki kayu jati terhadap hama kayu juga lebih baik dibandingkan dengan jenis kayu lain yang sangat rentan terhadap serangan hama kayu seperti rayap dan sejenisnya, namun hal ini tak berpengaruh pada kayu jati ini.

  • Tidak Mudah Menyusut atau Ngulet

Kita mungkin sering melihat kayu-kayu lain seperti albasia, mahoni dan lainnya ketika sudah diproses menjadi barang biasanya memiliki umur yang tidak lama dan kemudian akan menyusut dan ngulet yang nantinya menjadikan kondisi barang menjadi kurang baik. Hal ini berbeda dengan kayu jati yang mana sangat jarang sekali ngulet atau menyusut walaupun sudah diproses menjadi sebuah barang.

  • Tidak Mudah Berjamur
Baca  22 Model Pintu Baja Ringan Desain Terbaru dan Modern 2019

Kelebihan yang terakhir adalah jarang sekali kayu jati ini berjamur, dan sangat berbeda sekali dengan jenis kayu lainnya seperti mahoni karena mahoni memiliki kelemahan salah satunya adalah berjamur. Hal ini sangat jarang dijumpai di kayu jati ini.

2. Kekurangan Kayu Jati

  • Harga Cenderung Lebih Mahal

Kita sudah sempat membahas mengenai harga dari kayu jati ini, dimana kayu jati memilih banderol yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Maka dari itu ini merupakan salah satu kekurangan yang dimiliki oleh kayu jati ini. Kayu jati juga dikenal memiliki harga yang sangat stabil, jarang sekali ada penurunan harga kayu jati dipasaran saat ini.

  • Kurang Cocok untuk Duco

Kemudian salah satu kekurangan dari kayu jati adalah tidak cocok untuk duco. Hal ini dikarenakan kayu jati memiliki pori-pori yang cukup besar maka sangat tidak cocok jika difinishing menggunakan cat duco.

  • Memiliki Gudal yang Besar

Yang terakhir adalah memiliki gudal yang besar. Inilah yang menjadi kekurangan dari kayu jati ini, gudal kayu ini terletak pada titik tengah kayu yang biasanya lebih besar daripada jenis kayu lain. Disamping itu juga sangat mudah terkelupas karena memiliki tekstur seperti busa dan berwarna putih.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan kayu jati yang wajib untuk diketahui. Informasi diatas tentunya akan sangat menambah wawasan kalian mengenai seluk beluk kayu jati, terlebih jika kalian merupakan pecinta kayu jenis yang satu ini. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel kelebihan dan kekurangan kayu jati diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca  6 Merk Baja Ringan Terbaik Berstandar SNI 2019