Konstruksi Atap Baja Ringan yang Tepat untuk Bangunan yang Kuat

Konstruksi Atap Baja Ringan – Atap adalah salah satu bagian bangunan yang sangat penting karena berfungsi untuk melindungi bangunan yang ada di bawahnya. Pemasangan atap suatu bangunan tentunya harus dilakukan sebaik mungkin agar konstruksinya kuat, kokoh, serta tahan lama. Sebelum memasang atap bangunan, sangat penting untuk menentukan dahulu jenis konstruksi atap yang akan digunakan. Apakah akan menggunakan rangka atap kayu, atau baja ringan.

Saat ini penggunaan rangka atap kayu memang masih banyak digunakan masyarakat Indonesia. Namun, penggunaan konstruksi atap baja ringan memang lebih banyak diminati karena memiliki daya tahan yang sangat lama dan sangat kuat dan kokoh. Kebanyakan jenis konstruksi atap ini digunakan pada bangunan-bangunan besar seperti gedung-gedung. Tapi meskipun begitu, karena kekuatannya, konstruksi ini mulai banyak digunakan pada rumah-rumah.

Cara Pemasangan Konstruksi Atap Baja Ringan yang Tepat

Cara Pemasangan Konstruksi Atap Baja Ringan yang Tepat

Cara Pemasangan Konstruksi Atap Baja Ringan yang Tepat

Menggunakan konstruksi atap baja ringan untuk konstruksi atap rumah Anda tentu hal yang sangat direkomendasikan karena kualitasnya yang sangat baik, selain itu harga atap baja ringan juga terbilang lebih murah. Meskipun harga pemasangannya cukup mahal namun hasil yang akan didapatkan tentu akan sangat memuaskan. Untuk memaksimalkan fungsi dari atap baja ringan, tentunya Anda perlu mengetahui beberapa teknik pemasangan yang tepat selain harus mengetahui juga jenis rangka baja ringan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Sebelum memasang konstruksi atap baja ringan, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Seperti kerataan sisi miring pada atap, kuda-kuda yang terpasang harus stabil, kuat, dan pastikan terpasang tegak lurus pada ring balok. Selain itu, pastikan ketinggian apex pada pemasangan nok setiap kuda-kuda merata. Dan yang paling penting lagi adalah tidak ada kesalahan pengerjaan yang dapat mengakibatkan perubahan bentuk.

Baca  Harga Seng Gelombang Warna Per Lembar Terbaru Agustus 2019

2. Langkah pemasangan konstruksi atap baja ringan dibagi ke dalam tiga tahapan yaitu tahap persiapan, penyamarataan dan penandaan, dan pemasangan. Pada tahap pertama yaitu tahap persiapan, Anda harus membuat sketsa terlebih dahulu berupa gambar konstruksi atap yang akan Anda gunakan. Selain itu tentukan pula perletakan kuda-kuda dengan tepat agar konstruksi yang dibangun sesuai dengan yang diinginkan dan tidak terjadi kesalahan saat pengerjaan. Sebelum pemasangan, siapkan pula peralatan P3K untuk berjaga-jaga terjadi kecelakaan saat pemasangan konstruksi atap di ketinggian.

3. Tahapan yang kedua adalah penyamarataan dan penandaan. Pada tahap ini, hal yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa permukaan ring balok dan siku sudah sama dan merata. Pastikan pula rangkaian balok ring sudah terikat secara keseluruhan dan tersambung pada kolom di bagian bawahnya dengan benar. Setelah itu, lakukan pengukuran jarak antar truss dan lakukan penandaan posisi untuk meletakan posisi truss agar sesuai dengan sketsa rencana yang sudah dibuat sebelumnya.

4. Tahap selanjutnya adalah pemasangan kuda-kuda. Pada pemasangan kuda-kuda Anda perlu mengetahui metode pekerjaan rangka baja yang tepat agar menghasilkan kuda-kuda yang kuat dan kokoh. Untuk memasang kuda-kuda yang tepat, pastikan posisnya sudah sesuai dengan posisi yang direncanakan pada sketsa. Pastikan pula pemasangan kuda-kuda tidak terbalik. Setelah itu ceklah apakah kuda-kuda sudah berdiri tegak lurus dengan ring balok atau tidak. Kemudian lakukan pengencangan kuda-kuda dengan plat L. Dan untuk pengencangan pada plat L dan ring balok gunakan dynabolt lalu tambahkan balok. Pemasangan dynabolt ini berfungsi untuk penopang sementara agar kuda-kuda tidak bergeser dan berubah posisinya.

5. Setelah itu langkah berikutnya adalah pasang material balok nok, dan bracing untuk penguatan. Lalu pasang reng sesuai dengan jarak yang sebelumnya sudah disesuaikan dengan penutup atap. Lalu gunakan sekrup ukuran 10-16 x 16 sebanyak 2 buah pada setiap pertemuan reng dengan kuda-kuda. Langkah berikutnya adalah memasang outrigger dan pemasangan reng langit-langit.

Baca  Harga Asbes Gelombang Semua Ukuran Terbaru Agustus 2019

Keunggulan Menggunakan Konstruksi Atap Baja Ringan

Keunggulan Menggunakan Konstruksi Atap Baja Ringan

Keunggulan Menggunakan Konstruksi Atap Baja Ringan

Menggunakan baja ringan sebagai material untuk konstruksi atap memiliki banyak kelebihan yang tidak bisa didapatkan dari konstruksi atap yang menggunakan material kayu atau besi. Salah satu konstruksi yang banyak digunakan adalah konstruksi atap baja ringan setengah kuda-kuda. Konstruksi ini dapat menjadi penyangga atap rumah ataupun bangunan dengan sempurna dan tak mudah goyah serta tahan karat dan rayap. Selain itu, beberapa keunggulannya yang lain adalah sebagai berikut:

1. Konstruksi yang stabil dan aman

Rangka atap baja memiliki konstruksi atap yang stabil dan sangat aman digunakan. Hal ini dikarenakan konstruksi atap baja mengutamakan struktur sistem plat Buhul pada setiap sendinya untuk menghasilkan kuda-kuda yang lebih kokoh. Meskipun menggunakan baja yang lebih ringan daripada balok kayu ataupun besi, kekuatannya sudah tak diragukan lagi karena bisa tahan dari angin topan. Dan juga harga baja ringan per meter dipasaran lebih murah daripada kayu.

2. Antikarat dan antirayap

Konstruksi atap yang menggunakan baja ringan dapat bertahan lebih lama dibanding yang menggunakan kayu ataupun besi. Hal ini dikarenakan baja ringan memiliki sifat yang antikarat dan antirayap sehingga terbebas dari kerusakan yang diakibatkan rayap. Baja juga antikarat sehingga tidak akan mengalami kerusakan saat terkena perubahan cuaca dan kelembaban.

3. Banyak jenis pilihan kuda-kuda

Terdapat banyak jenis kuda-kuda yang bisa digunakan sebagai konstruksi atap , di antaranya adalah model kuda-kuda Cremona, model kuda-kuda pelana, double inverted, barrel vault, dan masih banyak lagi. Model kuda-kuda yang akan dipasang bisa ditentukan sesuai dengan desain atau bentuk rangka atap yang diinginkan.

Baca  Harga Atap Spandek Per Meter Terbaru Agustus 2019

4. Tahan api

Rangka atap yang terbuat dari baja ringan memiliki ketahanan terhadap api sehingga aman. Baja ringan yang anti api tidak akan merambatkan api saat terjadi kebakaran. Selain itu baja ringan juga ramah lingkungan sehingga aman digunakan untuk berbagai bangunan.

5. Mudah dalam pemasangan

Konstruksi atap yang menggunakan material baja ringan cukup mudah dalam pemasangan sehingga minim terjadi kesalahan saat pemasangan, dan pengerjaannya bisa lebih cepat. Selain itu, pemasangannya tidak perlu menggunakan kombinasi ketebalan bahan material.

Konstruksi Atap Baja Ringan yang Cocok untuk Rumah

Konstruksi Atap Baja Ringan yang Cocok untuk Rumah

Konstruksi Atap Baja Ringan yang Cocok untuk Rumah

Bagi Anda yang akan membangun rumah, tentu perlu mempertimbangkan material yang akan digunakan untuk bahan pembuatan dari pondasi hingga atap rumah. Untuk bagian atap, memang banyak pilihan konstruksi yang bisa Anda gunakan mulai dari konstruksi atap kayu, konstruksi atap baja ringan, dan konstruksi atap besi. Namun jika yang Anda inginkan adalah atap yang kuat, kokoh, tahan lama, antikarat, anti api, dan tahan cuaca, maka konstruksi atap dengan material baja ringan adalah yang paling cocok.

Karena selain tahan cuaca konstruksi baja ringan untuk rumah juga dapat tahan terhadap gempa. Jenis baja ringan yang cocok untuk rumah adalah baja ringan galvanis yang memiliki berbagai keunggulan. Sedangkan untuk jenis konstruksinya, Anda dapat memilih berbagai jenis konstruksi dengan kuda-kuda yang bervariasi.

Konstruksi atap baja ringan, saat ini semakin banyak digunakan pada bangunan-bangunan besar ataupun bangunan rumah biasa. Hal ini bukan karena tanpa alasan, melainkan konstruksi atap yang menggunakan baja ringan sudah terbukti sangat kuat, dan bisa memberikan berbagai keunggulan yang tentunya menguntungkan Anda.