Cara Pemasangan Kuda Kuda Baja Ringan Sesuai Standar

Kuda Kuda Baja Ringan – Membangun rumah sepertinya sudah menjadi perihal yang tidak bisa kita hindarkan didalam kehidupan ini. Pasalnya dengan kita memiliki rumah tentu saja segala aktifitas harian akan bisa dilakukan dengan mudah. Yang paling penting adalah kita bisa terhindar dari hujan dan juga panas serta bisa beristirahat dengan tenang. Bicara soal pembangunan rumah, berbeda dengan jaman dahulu, saat ini untuk membangun 1 unit rumah bisa dikatakan sangatlah cepat dan mudah.

Hal tersebut tidak terlepas dari adanya beberapa bahan bangunan yang memang sudah di desain khusus agar lebih mudah di terapkan seperti halnya genteng metal pasir ataupun juga genteng keramik dan tak tertinggal adanya baja ringan yang biasanya digunakan sebagai bagian dari pembuatan atap rumah. Trend pembangunan rumah dengan menggunakan baja ringan juga saat ini sedang membuming.

Selain dikarenakan pekerjaan yang di lakuan akan lebih cepat selesai, harga baja ringan sendiri jika di perhitungkan akan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan penggunaan kayu pada pembuatan atap rumah. Namun untuk mendapatkan hasil yang bagus, pemasarang baja ringan juga tidak bisa lepas dari yang namanya kuda kuda baja ringan sebagai topangan atau penopangya.

Bukan sampai disitu saja, banyak lagi manfaat penggunana kuda kuda baja ringan yang bisa anda dapatkan ketika menjadikannya sebgai pelengkap pembangunan rumah yang menggunakan baja ringan untuk bagian atapnya. Hanya saja bagi sebagian besar orang yang masih awam, mungkin masih bingung bagaimana cara memasang kuda kuda baja ringan ini, oleh karena itu, silahkan simak informasi terbaru dan terlengkapnya dibawah ini untuk bagaimana cara memasangnya.

Cara Pemasangan Kuda Kuda Baja Ringan

Cara Pemasangan Kuda Kuda Baja Ringan

Cara Pemasangan Kuda Kuda Baja Ringan

Tidak saja hanya dibutuhkan dalam pembuatan rumah dengan menggunakan baja ringan saja, namun kuda kuda atau trus juga dibutuhkan dalam pembangunan rumah dari bambu , kayu, ataupun yang lainnya sebagai pegangan setiap sisi agar lebih kuat. Dan seperti diatas kami sampaikan memasang kuda kuda baja ringan yang baik dan benar juga akan mendapatkan manfaat yang begitu banyak, diataranya adalah:

Baca  Jenis Rangka Atap Baja Ringan dan Harga Pemasangannya

Manfaat Menggunakan Kuda Kuda Baja Ringan

  1. Kuda kuda sebagai alat penahan desakan style agar memberikan pegangan setiap sisi agar lebih kuat
  2. Bukan hanya itu saja, ternyata penggunaan kuda kuda dari bahan baja ringan juga bisa dijadikan sebagai pendukung balok bubungan dengan memanfaatkan tiang tengah pada kuda-kuda baja ringan atau ander
  3. Dan manfaat yang terakhir adalah seabgai penahan style tarik dari setiap basic balok

Dengan menggunakan baja ringan sebagai bagian dari pembuatan rumah modern, memang sedikit banyak akan memberikan hasil yang lebih maksimal dan lebih memuaskan. Namun tentu saja hal tersebut tidak terlepas dari cara pemasangan yang benar, terutama pada pemasangan bagian kuda kuda baja ringannya.

Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pemasangan kuda kuda tersebut diantaranya adalah pengukuran jarak kuda-kuda baja ringan, mengatur dimensi reng, dan jerak tumpuannya. Jika masih bingung silahkan simak penjelasan dari masing-masing hal tersebut berikut ini.

  • Pengukuran Jarak Kuda-kuda Baja Ringan

Meski bisa dikatakan cukup mudah dalam hal pembuatan kuda kuda baja ringan, namun ada satu hal yang perlu anda perhatikan aitu ukuran antar kuda kuda. Dalam hal ini banyak yang menganggap bahwa jika lebih rapat jaraknya akan menjadikan lebih kuat dan stabil. Meski jika di logika akan benar, namun cost yang akan di keluarkan justru akan lebih banyak. Maka dari itu sebelum membuatnya akan lebih baik jika kita sudah merencanakan desain dan juga cost yang harus di gunakan.

Lalu berapa jarak yang ideal untuk kuda kuda baja ringan yang baik dan benar? Jika di tanya dmikian mungkin akan sulit untuk di jelaskan karena setiap bangunan dan juga pemegang proyek sendiri tidaklah sama. Dengan melihat standar ketebalan dan juga panjang tipe genteng yang di gunakan untuk ukuran pembangunan rumah berskala kecil, biasanya jika memakai gording sebatai atapnya memliki ukuran 1, 2-1, 5 mtr. atau 2-3 meter. Itu biasanya menjadi patokan dalam pengukuran pembuatan kuda kuda baja ringan.

  • Mengatur Dimensi Reng
Baca  Harga Seng Plastik Semua Merk & Ukuran Juni 2019

Jika anda menginginkan penggunaan kuda kuda yang kuat, maka sebaiknya perhatikan juga dimensi reng atau batten yang harus dipasangkan dengan jarak yang tidak terlalu rapat. Hal ini harus di perhatikan agar dimensi kuda kuda yang akan digunakan tidak terlalu besar dan belebihan. Dalam hal ini biasanya ada cara untuk bisa mengukur beban yang akan ditopang oleh reng tersebut.

Adapun cara penghitungannya yaitu 1,6 beban hidup serta 1,2 untuk beban mati. Dan untuk jarak lendutannya sekitar 1/300 L yang mana ini adalah ukuran untuk jarak interval kuda kuda baja ringan yang akan ditempatkan diana tempat reng bertumpu.

  • Jerak Tumpuannya

Jarak tumpuan yang dapat di jadikan sebagai referensi dalam pengetahuan pembangunan adalah 25 meter. Namun untuk saat ini yang memasuki jaman modern dan canggih, untuk mengetahui jarak tumpuan yang paling tepat ketika akan membangun sebuah perumahan jauh lebih mudah karena sudah tersdia sebuah software bernama SAP2000 yang tentu saja akan dapat di jalankan di perangkat yang memadai. Dengan menggunakan software ini kita akan jauh lebih mudah mengkalkulasi ukuran rangka baja yang akan kita dirikan.

Langkah Merakit Kuda Kuda Baja Ringan

Langkah Merakit Kuda Kuda Baja Ringan

Langkah Merakit Kuda Kuda Baja Ringan

Sebelum memasangkan kuda kuda baja ringan pada tempatnya, sebaiknya anda ketahui terlebih dahul cara merakitnya untuk itu silahkan simak informasi cara merakit kuda-kuda baja ringan yang ada sebagai berikut

  • Pertama anda harus menyeimbangkan ring blok agar bisa seimbang
  • Selanjutnya merakit rangka web sesuai dengan caranya
  • Setelah rangka web sudah jadi, silahkan anda sambungkan rangka web tersebut pada ring blok
  • Kemudian pemasangan siku juga harus di ikuti pemasangan reng
  • Jika anda akan menggunakan genteng dari tanah lias, dianjurkan untuk tida memasangnya lewat cara menumpungnya pada satu titik karena akan membuat baja ringan rusak
  • Jika menggunakan genteng metal, maka jika terjadi kelebihan pemotongan harus di lakukan diatas
  • Dan jangan lupa untuk memasang talang, nok, serta lisplang
Baca  Harga Genteng Sokka Terbaru & Terlengkap Juni 2019

Persiapan Sebelumnya Pemasangan Kuda Kuda

Jika perakitan kuda kuda baja ringan sudah selesai maka langkah selanjutnya adalah memasangkan kuda-kuda tersebut pada tempatnya, namuan untuk meminimalisir kesalahan, siapkan terlebih dahulu beberapa hal berikut ini.

  • Kuda-kuda harus di lengkapi dengan angkur pada ke dua segi tumpuannya agar kura kura tepasang lebih kuat dan stabil
  • Kuda-kuda yagn mengarah pada ring balk harus dan wajib diletakan secara tegak lurus
  • Perhatikan pula pemasarnagn nok serta apex yang harus rata
  • Jika tidak terlalu dibutuhkan, jauhi hal untuk pengubah bentuk yang disebabkan kesalahan teknis oleh para pekerja
  • Susunan pelindung harus di kerjakan untuk mengindari terjadikan karat pada kuda kuda yang mengakibatkan kuda kuda cepat rusak
  • Dan terakhir adalah kemiringan pada seti atap haruslah rata dan tidak boleh bergelombang

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali terkait dengan cara pemasangan kuda kuda baja ringan yang musti dan harus anda pahami agar tidak terjadi kekeliruan. Dan semoga inforamsi ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat.