Apa Itu Kusen Aluminium : Ukuran, Merk, Kelebihan & Kekurangan

Kusen Aluminium – Di Indonesia sudah lebih dari 10 tahun penggunaan bahan aluminium untuk berabagai macam konstruksi bangunan sudah semakin populer. Bukan hanya itu saja, namun bahan jenis aluminium ini juga kerap kali dipasang untuk sebuah bangunan rumah tinggal, ruko dan juga gedung perkantoran.

Bahkan ada yang menggunakannya sebagai gerobak motor untuk berjualan. Untuk bahan aluminium ini juga saat ini kerap dijadikan sebagai kusen pintu atau kusen jendela, yang dikenal dengan nama kusen aluminium. Inovasi ini juga sangat berdampak positif bagi masyarakat tanah air.

Selain memiliki keawetan yang tahan lama, kusen ini juga dapat dipasang dengan cukup mudah. Rumah yang menggunakan kusen jenis ini tentu akan terlihat lebih minimalis serta menarik untuk dipandang. Bagi sebagian masyarakat mungkin sudah tidak asing lagi dengan material ini.

Namun ada juga dari mereka yang masih belum tahu mengenai apa itu kusen aluminium dan juga berapa ukuran-ukurannya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai pengertian kusen aluminium, ukuran, gambar, kelebihan juga kekurangannya.

Kusen pintu dan juga jendela memang identik dengan kayu, dimana penggunaan bahan kayu-kayu keras seperti kayu jati, kayu lainnya memang masih lebih dipilih oleh sebagian besar masyarakat saat ini. Hal ini juga bukan tanpa alasan karena kusen dengan bahan kayu lebih terkesan klasik.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman, penggunaan kusen kayu akhirnya sedikit-sedikit berganti menjadi kusen berbahan aluminium. Selain harga yang cukup terjangkau, kekuatan dari kusen bahan aluminium ini juga sangat kuat dan tahan lama.

Nah setelah kita mengetahui mengenai kekuatan dan kualitas dari kusen ini, kita juga harus mengetahui mengenai ukuran-ukuran kusen bahan aluminium ini. Pembahasan ini akan menjadi salah satu pembahasan utama pada pertemuan kali ini.

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui berapa saja ukuran kusen bahan aluminium ini serta kelebihan dan kekurangannya. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai apa itu kusen aluminium, ukuran, gambar, kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Apa Itu Kusen Aluminium

Kusen Aluminium

Berbicara mengenai pengertiannya, kusen jenis aluminium adalah salah satu alternatif bahan pengganti kayu yang saat ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya perumahan, kantor, ruko yang menggunakan kusen bahan jenis ini.

Ada beberapa faktor pendukung yang menyebabkan kusen ini banyak digunakan, yakni karena kualitasnya, berat ringan, tahan cuaca, anti karat, rayap dan juga anti air. Lalu untuk desainnya dan warna yang dihadirkan juga beragam, mulai dari putih, hitam, cokelat, silver dan lainnya.

Ukuran Kusen Jenis Aluminium

Untuk soal ukuran, ada 2 ukuran yakni 3 inch dan juga 4 inch. Lebar profil kusen jenis aluminium merk alexindo 3 inch adalah 3,8 cm x 7,5 cm. Sedangkan untuk ukuran panjang standar dari pabrik adalah 6 m. Ukuran tersebut berlaku untuk semua merek kecuali Ykk. Dimana ukuran kuse Ykk ini 3 inch sedikit lebih kecil yakni 3,5 cm x 7 cm.

Ukuran kusen merk Ykk 4 inch adalah 4 cm x 9 cm. Ukuran ini lebih kecil 0,5 cm sampai 1 cm dibandingkan dengan kusen lainnya. Ukuran ini tentu wajib untuk kalian pahami agar nantinya kalian dapat menghitung-hitung terlebih dahulu sebelum membelinya.

Dan untuk ukuran profil kusen jenis aluminium, dibawah ini kalian dapat simak ulasan mengenai ukuran profil kusen aluminium.

1. Ukuran Profil C : Digunakan sebagai kusen pintu dan juga jendela

Kusen M diaplikasikan sebagai kusen kaca mati.

Profil Kusen C

2. Profil Pintu Aluminium Swing

Profil ini biasanya digunakan sebagai ambang tegak tiang pintu.

Profil Aluminium Swing

3. Profil Pintu Aluminium Siliding

Profil yang satu ini bisa dikatakan cukup multifungsi, karena dapat diaolikasikan sebagai pintu swing, lipat serta pintu geser.

Profil Aluminium Sliding

4. Profil Daun Jendela Aluminium Casement

Profil Daun Jendela Aluminium Casement

5. Profil Daun Jendela Aluminium Sliding

Profil Daun Jendela Aluminium Sliding

6. Profil Kusen dan Partisi Kaca Rangka Aluminium

Profil Kusen dan Paretisi Kaca Rangka Aluminium 1

 

7. Profil Rolling Door Aluminium

Profil Rolling Door Aluminium

8. Profil Aluminium Khusus

Profil L atau siku digunakan untuk membuat etalase dan juga gerobak aluminium yang dipasang sebagai list.

Profil U Dipasang sebagai list untuk pemasangan partisi kaca tempered. Fungsi Hollow sangat banyak tergantung dengan ukurannya.

Profil Aluminium Khusus

Merk  dan Warna

Warna Kusen Aluminium

Ada beberapa merk kusen bahan aluminium, dibawah ini  kami akan memberikan informasi mengenai daftar merk kusen berbahan aluminium terbaik yang ada di Indonesia.

Merk Kusen Jenis Aluminiun

  • Ykk = Banyak diaplikasikan pada rumah minimalis modern.
  • Superex = Biasanya dipasang pada bangunan perkantoran.
  • Alexindo = Merk yang paling familiar sebab harganya yang tidak terlalu mahal akan tetapi kualitasnya sudah cukup baik.
  • Alcomexindo = diproduksi oleh anak pereusahaan pt alexindo.
  • Hp Metal = Bagi anda pencari harga murah bisa jadi solusinya.
  • Dacon = kualitasnya lumayan sebanding dengan hargan yang murah.

Warna Kusen Jenis Aluminium

  • Ca/Silver = Merupakan Warna Dasar dari alumunium.
  • Coklat = Tersedia dengan dua warna powder coating dan anodize.
  • Hitam = Sama Seperti Warna Coklat.
  • Putih = Merupakan warna powder coating yang paling laris sebagai kusen rumah minimalis.
  • Motif Serat Kayu = Warna dengan kesan alami tersedian dengan berbagai pilihan mulai urat kayu jati, ebony dan akasia.

Gambar Model Kusen Jenis Aluminium

Berbicara mengenai model, ada banyak sekali model kusen aluminium yang saat ini dapat kalian pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. Dibawah ini ada beberapa jenis model kusen berbahan dasar aluminium yang dapat kalian simak berikut ini.

Jendela aluminium model 2 Jendel Aluminium Model 1 Model 2 Model 4 Model 5 Model 6 Model 7

Harga Kusen Aluminium

Model 2

1. Kusen Ykk

No

Jenis Kusen YkkUkuran

Harga/Meter

1Ykk kusen4 Inch HitamRp 150.000
2Ykk kusen4 Inch CokelatRp 150.000
3Ykk kusen4 Inch SilverRp 120.000
4Ykk kusen3 Inch HitamRp 120.000
5Ykk kusen3 Inch CokelatRp 120.000
6Ykk kusen3 Inch SilverRp 120.000

2. Kusen Alexindo

No

JenisUkuran

Harga

1Alexindo Kusen4 Inch SilverRp 75.000
2Alexindo Kusen4 Inch CokelatRp 85.000
3Alexindo Kusen4 Inch HitamRp 85.000
4Alexindo Kusen3 Inch SilverRp 55.000
5Alexindo Kusen3 Inch CokelatRp 75.000
6Alexindo Kusen3 Inch HitamRp 75.000

3. Kusen Superex

No

JenisUkuran

Harga

1Superex Kusen4 Inch HitamRp 100.000
2Superex Kusen4 Inch CokelatRp 100.000
3Superex Kusen4 Inch SilverRp 110.000
4Superex Kusen3 Inch HitamRp 100.000
5Superex Kusen3 Inch CokelatRp 100.000
6Superex Kusen3 Inch SilverRp 90.000

Kelebihan

1. Tahan Terhadap Cuaca

Kelebihan yang pertama dari bahan ini adalah dimana kusen ini dikenal cukup kuat dan tahan terhadap cuaca apapun. Hal ini yang menjadi salah satu faktor mengapa kusen jenis aluminium banyak digunakan saat ini

2. Kualitas Awet

Tahan lama sudah pasti, karena bukan berbahan dasar kayu yang mudah lapuk termakan usia. Aluminium sendiri dikenal sebagai salah satu bahan yang sangat kuat dan awet.

3. Memiliki Bobot yang Ringan

Lain halnya dengan kayu, aluminium memiliki bobot yang lebih ringan. Jadi pada saat pemasangan akan lebih mudah untuk mengaturnya. Jika kita hendak memindahkannya pun juga tak perlu khawatir akan merusak tembok.

4. Banyak Pilihan Warna

Pilihan warna tersaji beragam, kalian dapat memilih warna sesuai dengan selera masing dan sesuai dengan kebutuhan. Dengan menghadirkan varian warna yang cukup banyak, tentu akan semakin membuat rumah kita terlihat lebih menarik.

5. Perawatan Mudah

Perawatannya pun juga sangat mudah, kita hanya perlu membersihkan dengan lap basah jika sudah terlihat kotor. Disamping itu juga kita tidak perlu mengecat layaknya kusen kayu.

6. Harga Terjangkau

Harga kusen jenis aluminium juga lebih murah dibandingkan dengan harga kusen kayu. Jadi kalian dapat menghemat pengeluaran ketika membangun sebuah rumah.

7. Mudah dalam Pemasangan

Kelebihan yang terakhir adalah mudah dalam hal pemasangan. Bobotnya yang ringan menjadikan si tukang mudah untuk memasangnya.

Kekurangan

1. Desain Terbatas

Untuk kekurangan yang pertama adalah dimana kusen ini memiliki desain yang cukup terbatas, atau bisa dikatakan itu itu saja.

2. Pemasangan Kurang Akurat

Untuk segi pemasangan juga kurang akurat, karena terkadang ada beberapa kasus kusen tersebut kurang presisi dalam hal ukuran.

3. Ukuran Harus Akurat

Dalam hal pemasangan, ukuran dari kusen ini harus akurat, karena jika tidak akan terjadi kesulitan dalam pemasangannya.

4. Rentan Bocor

Biasanya kebocoran terdapat pada sambungan siku kusen yang tidak tertutup merata. Jika hujan deras makan biasanya akan terjadi kebocoran. Hal ini dapat dihindari dengan memasang sealant khusus untuk bagian kusen dan kaca.

5. Hanya Khusus untuk Pintu Tertentu

Dan yang terakhir adalah desain kusen ini bisa dikatakan kurang bervariasi. Hal ini menimbulkan efek hanya untuk jenis pintu tertentu, dan terkadang rumah mewah atau rumah besar sangat tidak cocok menggunakan kusen model ini.

Nah itulah beberapa pembahasan mengenai apa itu kusen jenis aluminium, ukuran, gambar, kelebihan dan juga kekurangannya. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua