3 Manfaat Sistem Drainase untuk Rumah & Bangunan

Manfaat Sistem Drainase – Kita pasti sudah banyak tahu mengenai drainase yang sering kita lihat dijalanan perkotaan. Namun apakah kalian pernah melihat konstruksi drainase untuk rumah dan bangunan? Nah ini yang akan kita bahas, yakni manfaat drainase untuk rumah dan bangunan.

Sistem konstruksi drainase yang baik tentu dapat menjadi kunci sebuah bangunan bertahan dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut dikarenakan dengan drainase yang tertata dengan baik dan rapi, maka kelembapan dan kadar air pondasi bangunan akan tetap kering terjaga.

Seperti kita ketahui juga bahwa air memiliki kekuatan yang besar unutk menghancurkan material sekeras apapun, hal ini karena sifat air yang cair. Apabila semakin banyak pondasi yang terkena air dalam kurun waktu yang lama dan terus menerus, maka akan berakibat pada pondasi bangunan yang retak.

Dengan pergeseran tanah disetiap tahunnya juga dapat mengakibatkan pondasi semakin rapuh. Lalu membuat tembok bangunan retak, tembok berjamur karena air yang masuk melalui celah dinding yang retak tersebut. Untuk itu sistem konstruksi drainase untuk rumah dan bangunan sangatlah membantu.

Manfaat Sistem Drainase untuk Rumah & Bangunan

manfaat sistem drainase

Ada beberapa manfaat sistem drainase untuk rumah dan bangunan yang akan kami bahas kali ini. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai manfaat sistem drainase yang telah kami siapkan berikut ini.

Mencegah Air Berkubang di Sekitar Lingkungan Rumah

Apabila banyak kubangan air disekitar rumah dan cukup lama unutk mengering, maka hal ini tentu akan menyebabkan air tersebut meresap ke dalam tanah. Jika tidak segera dialirkan ke selokan maka dapat berakibat fatal, seperti merusak pondasi bangunan. Drainase yang tertata dengan baik dan rapi di sekitar rumah mampu mengalirkan air ke selokan kecil yang terhubung dengan selokan utama di sekitar rumah kita.

Menggurangi Erosi Tanah Dibawah dan Disekitar Rumah

Manfaat yang kedua adalah mengurangi erosi tanah dibawah dan di sekitar rumah. Seperti kita ketahui bahwa alam selalu bergerak karena rotasi bumi yang mengakibatkan tanah juga bergerak meskipun pergerakan pertahunnya cukup kecil, yakni dalam hitungan centimeter.

Namun ada kalanya pergerakan tersebut semakin cepat karena adanya gempa bumi ringan, atau aktivitas manusia di sekitar tanah bangunan, seperti pembangaunan, jalan raya, jalan yang sering dilewati oleh kendaraan berat. Apabila drainase buruk, maka air akan cepat meresap dan merusak pondasi.

Untuk itu sistem konstruksi drainase yang baik dan tertata rapi akan memberikan manfaat atau dampak yang besar untuk ketahanan bangunan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Menjaga Kesehatan Sanitasi di Lingkungan Rumah

Menjaga kesehatan sanitasi di lingkungan rumah tentu menjadi salah satu manfaat yang signifikan dan langsung terasa jika sistem drainase tertata dengan baik. Bakteri, virus dan hewan pembawa penyakit seperti tukus dan nyamuk akan sulit berkembang. Hal ini karena kelembapan lingkungan terjaga dengan baik dan tidak ada kubangan air.

Nah itulah beberapa manfaat sistem drainase untuk rumah dan bangunan yang dapat kalian pelajari diatas. Ada 3 manfaat yang dapat juga kalian praktekan di sekitar rumah kalian. Jangan lupa juga simak artikel lain mengenai cara merawat lantai vinyl dipostingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua