Mengenal Apa Itu Partisi Ruangan : Fungsi, Tipe, Material & Fitur

Partisi Ruangan – Dalam pembahasan kali ini ada beberapa hal yang perlu kalian pahami mengenai tata ruang interior rumah agar terlihat rapih dan elegan. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai partisi ruangan.

Partisi atau sekat ruangan mungkin sudah banyak kalian ketahui mengenai ragam jenis partisi yang sering kalian lihat di beberapa rumah atau hunian saat ini. Dimana penggunaan partisi memang menjadikan ruangan lebih rapih.

Buat kalian yang berkecimpung di dunia desain interior mungkin sudah hafal benar bagaiamana cara menata ruangan rumah yang baik dan benar dengan tidak mengesampingkan kesehatan untuk penghuni rumah tersebut.

Namun yang paling umum dalam hal tata ruang adalah penempatan partisi yang baik dan benar. Nah daripada penasaran  lebih baik langsung saja kita simak ulasan lengkap mengenai partisi ruangan yang telah kami siapkan berikut ini.

Apa Itu Partisi Ruangan : Fungsi, Tipe, Material & Fitur

Partisi Ruangan

Memiliki rumah dengan sekat tata ruang yang rajin tentu menjadi dambaan setiap orang. Tak heran banyak dari mereka yang menempatkan partisi di beberapa spot ruangan rumah agar terlihat rajin dan menarik. Sebelumnya kalian juga dapat mengetahui lebih dahulu apa saja fungsi dari partisi tersebut.

Fungsi Partisi Ruangan

Adanya partisi dalam sebuah interiro memiliki tujuan untuk membedakan antar ruang satu dengan ruang lain agar memiliki fungsi yang berbeda. Nah sudah jelas bahwa fungsi utama dari partisi adalah mendefinisikan kegunaan dari sebuah ruangan yang akan dipisahkan. Selain itu ada beberapa fungsi partisi, antara lain adalah:

Memisahkan Dua Ruangan

Dengan memisahkan ruangan dengan partisi, maka nilai fungsional ruangan tersebut akan berbeda satu sama lain. Hal ini dapat diterapkan pada interior yang menggabungkan ruang tengah dan juga ruang tamu atau ruangan lainnya. Sebelum menentukan dan memilih partisi ruangan, hal yang harus dilakukan adalah dengan menentukan terlebih dahulu fungsi utama dari ruangan tersebut.

Memberi Privasi Ruangan Lain

Fungsi lain dari sekat adalah untuk memberikan privasi pada ruangan tersebut. Terkadangan ruangan utama atau ruangan tengah memang untuk ruang santai bersama dengan keluarga dan tentu sangat privasi. Dan tanpa adanya partisi tentua ruangan tersebut tidak akan dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Menjadikan Elemen Penghias Ruangan

Dan fungsi yang terakhir adalah menjadikan elemen sebagai penghias ruangan. Saat ini banyak sekali desain partisi ruangan yang dapat kalian pilih sesuai dengan selera. Dengan desain yang kalian pilih tentunya dapat menjadikan ruangan rumah kalian lebih menarik dan indah dipandang.

Tipe Partisi

Untuk tipe atau jenis partisi ini ada beberapa yang dapat kalian pilih sesuai dengan selera masing-masing. Dibawah ini kami akan memberikan informasi mengenai jenis partisi ruangan berikut ini:

Partisi Masif

Yang pertama adalah jenis partisi masif. Partisi jenis ini cocok buat kalian yang menginginkan kegiatan privasi tanpa terganggu orang lain. Material pembentuk partisi ini biasanya tidak transparan dengan menggunakan bahan yang solid.

Partisi Semi Transaparan

Lalu ada partisi semi transparan. Jenis ini cukup unik karena merupakan campuran bahan material solid dan bahan transparan.

Partisi Transparan

Kemudian yang terakhir ada partisi transparan. Partisi ini dapat dipilih agar kalian dapat melihat aktifitas di ruangan lain. Jenis ini biasanya digunakan kamar mandi untuk memberi sekat tempat jika kalian ingin mandi menggunakan shower.

Material Partisi

Lalu untuk jenis material yang banyak digunakan untuk partisi biasanya menggunakan 3 material, yakni kayu, kaca dan juga bambu. Penjelasan lebih jelasnya mari kita simak dibawah ini:

Kaca

Material pertama yang sering digunakan adalah material kaca. Dengan menggunakan material ini walaupun ada sekat, kita masih dapat melihat ruangan lainnya. Nah ini juga yang disebut dengan jenis partisi transparan dan semi transparan tergantung dengan penggunaan kacanya.

Kayu

Kemudian ada material kayu. Kayu memang kerap dijadikan sebagai bahan furniture serta bahan bangunan lainnya. Nah untuk penggunaan partisi juga menjadi terlihat menarik dan elegan dengan kesan natural. Kalian dapat mendesain partisi itu sendiri sesuai dengan selera atau tren yang ada saat ini.

Bambu

Dan material yang terakhir adalah bambu. Untuk yang satu ini kalian dapat menggunakan bambu agar terlihat lebih natural dan kesan etnik. Kalian dapat menggunakan bambu yang memiliki tekstur terntentu agar nuansa alami lebih dapat.

Fitur Partisi

Pada desain sekat ruangan yang menarik, sebenarnya dapat kita percantik dengan meletakan beberapa barng-barang yang dapat menambah kesan menarik pada sekat tersebut. Hal ini juga termasuk dalam fitur partisi, salah satunya adalah aksesoris sepertin foto, pot berisi bunga, buku-buku atau lainnya.

Tips Memilih Partisi

Jika kalian mungkin hendak menggunakan partisi sebagai sekat ruangan, alangkah sebaiknya jika kalian memahami jenis sekat yang tepat. Ada beberapa tips yang dapat menjadi acuan kalian dalam memilih partisi yang tepat, salah satunya adalah dengena menyesuaikan tujuan serta lokasi penempatan terlebih dahulu.

Setelah itu memilih material yang akan digunakan dan tentukan juga desain partisi yang sesuai dengan selera kalian semua. Dan usahakan juga jangan memilih material kaca karena lebih rentan akan kerusakan.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap dan menarik mengenai partisi ruangan mulai dari jenis, fungsi, fitur dan juga tips memilih material sekat yang wajib diperhatikan. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai perbedaan granit dan marmer dipostingan sebelumnya. Hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua