Perbedaan Granit dan Marmer yang Wajib Diketahui

Perbedaan Granit dan Marmer – Saat ini penggunaan keramik untuk lantai rumah memang lebih banyak dipilih oleh kebanyakan masyarakat saat ini. Namun perlu kalian ketahui juga bahwa marmer dan juga granit ini lebih memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan keramik. Hanya saja untuk soal harga, harga kedua jenis lantai ini memang cukup mahal.

Memiliki hunian dengan interior yang indah dan elegan mungkin sudah menjadi dambaan setiap orang. Maka dari itu untuk pemilihan lantai, kalian dapat menggunakan dua jenis lantai tersebut, yakni granit dan juga marmer. Berbicara mengenai lantai granit dan marmer, disini kamia akan membahas mengenai perbedaan granit dan marmer tersebut.

Terkadang banyak orang yang salah membedakan mana granit dan mana marmer. Pengetahuan ini dapat kalian pelajari di sini, dimana kami akan membahas secara detail dan tuntas mengenai perbedaan keduanya. Selain digunakan sebagai lantai, kadang granit dan marmer juga dapat digunakan sebagai dinding kamar mandi dan juga meja dapur.

Keduanya juga termasuk dalam kategori batu alam yang memiliki keindahan tersendiri. Jadi tidak heran jika saat ini banyak yang lebih memilih beralih ke granit atau marmer. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai perbedaan granit dan marmer yang telah kami siapkan berikut ini.

Perbedaan Granit dan Marmer yang Wajib Diketahui

perbedaan granit dan marmer

Asal Muasal Granit dan Marmer

Sebelum membahas mengenai perbedaan antara granit marmer, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu asal muasal Granit dan juga Marmer. Granit sendiri merupakan batu alam yang berasal dari pemadatan dan pendinginan magma jauh didalam bumi selama jutaan tahun.

Granit juga diklasifikasikan sebagai batuan beku karena berasal dari pendinginan magma cair. Selama proses pemanasan dan pendinginan lambat, granit terbentuk sebagai bahan yang sangat keras, yang mana terdiri dari Feldspar dan Kuarsal yang merupakan mineral yang sangat keras.

Sedangkan Marmer sendiri diklasifikasikan sebagai batu metamorf. Hal ini karena Marmer dibuat oleh transformasi jenis batu lain yang disebut batu sedimen. Batuan sedimen terbentuk dari sedimen yang ada di bumi dan dikombinasikan dengan kehidupan tanaman yang terkubur dibawa bumi selama periode waktu yang sangat lama.

Proses yang sangat lami ini menjadikan Marmer memiliki warna yang sangat unik dan menarik. Jadi pada dasarnya Marmer berasal dari batu kapur, yang terdiri dari Kalsium Karbonat yang lembut daripada komponen granit.

Perbedaan Granit dan Marmer

Tampilan

Perbedaan granit dan marmer yang pertama adalah dengan melihat tampilan dari keduanya. Lantai granit ini memiliki motif berupa bintik-bintik pada permukaannya. Motif ini juga secara alami timbul dari proses peleburan batu-batuan yang menjadi satu.

Sedangkan untuk lantai marmer memiliki motif berbentuk garis urat yang halus. Motif pada marmer juga terbentuk dari kotoran mineral yang mengendap. Perlu kalian pahami juga bahwa motif dari granit dan marmer tidak ada yang sama karena terbentuk secara alami.

Karakteristik

Perbedaan yang kedua adalah karakteristik. Untuk soal karakteristik, granit memiliki kekuatan yang lebih kokoh dibandingkan marmer. Daya tahannya pun lebih baik sehingga lantai granit dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama tanpa mengalami kerusakan yang berarti. Lalu kemudian granit dan marmer juga sama-sama memilii pori-pori yang ukurannya cukup besar.

Hal ini mengakibatkan kedua lantai tersebut sangat gampang kotor dibandingkan lantai keramik biasa. Untuk mengatasinya, kalian dapat menggunakan sealant di permukaannya. Manfaat lain dari sealent ini juga akan membuat tampilan lantai lebih mewah.

Perawatan

Untuk soal perawatan, seperti sudah kita singgung diatas bahwasannya kita dapat menggunakan sealent untuk melapisi permukaan granit dan juga marmer agar tidak mudah kotor sekaligus menambah kesan mewah pada lantai tersebut. Usahakan juga jangan sampai lantai terkena cairan bersifat asam dan cairan berbahan dasar kimia yang keras. Jika ada, kalian dapat langsung membersihkannya.

Harga

Kemudian untuk soal harga, harga marmer dan granit memang dikenal memiliki harga yang cukup mahal. Dengan ini tentu cara perawatan juga harus lebih ekstra. Untuk harga rata-rata kedua lantai ini adalah berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta per meter perseginya. Harga tersebut juga melihat dari motif serta ukurannya. Jika dibandingkan, harga granit lebih mahal dibandingkan dengan harga marmer.

Penanganan

Proses pembentukan kedua jenis bahan ini memang terjadi secara alamiah. Peran pabrik sendiri hanya memotong granit dan marmer tersebut menjadi ukuran tertentu sehingga lebih mudah untuk dipasarkan dan mempermudah ketika pemasangan.

Pada umumnya pabrik akan memotong granit dengan ukuran yang lebih besar karena memiliki struktur yang sangat kokoh sehingga lebih aman ketika pemotongan. Sedangkan marmer harus dipotong lebih kecil agar tidak patah atau retak pada bagian tengahnya karena memiliki karakter yang mudah pecah.

Dampak Bagi Kesehatan

Berbicara mengenai dampak buruk bagi kesehatan, menurut penelitian beberapa jenis granit bukan tidak mungkin mengandung jejak radioaktif seperti radium, uranium dan thorium. Seiring berjalannya waktu, radioaktif tersebut akan menghasilkan radiasi berupa gas mulia.

Gas inilah yang berbahaya bagi kesehatan. Tanpa sadar kita akan menghirup gas tersebut dalam waktu yang lama dan jumlah banyak akan memicu timbulnya kanker paru-paru.

Kelebihan Granit dan Marmer

Proses alami yang membentuk granit dan marmer memiliki korelasi langsung dengan keseluruhan kekuatan dan daya tahan kedua bahan tersebut. Walaupun kedua bahan tersebut akan bertahan dan tetap indah selama bertahun-tahun di rumah. Penting untuk memilih bahan yang tepat untuk lokasi guna memastikan bahwa kerusakan tidak terjadi.

Granit

Lantai Granit

Granit memiliki kekerasan 6 hingga 7 pada skala Mohs. Granit mudah menahan goresan dan kerusakan akibat panas, menjadikannya bahan yang ideal untuk penghitung dapur baik di dalam maupun di luar rumah. Penghitung granit tidak akan lecet atau berubah warna dari kegiatan rumah tangga sehari-hari.

Marmer

Lantai Marmer

Marmer memiliki kekerasan 3 hingga 5 pada skala Mohs. Marmer tidak memiliki daya tahan yang sama dengan granit dan akan mengalami kerusakan karena tugas dapur umum seperti memotong. Kontak dengan panci panas dan piring juga dapat merusak marmer. Sebagai permukaan, marmer adalah pilihan yang lebih cocok untuk tempat lalu lintas rendah seperti meja rias kamar mandi, perapian dan aksen dekoratif.

Nah itulah beberapa pembahasan menarik mengenai perbedaan granit dan marmer yang dapat kalian simak diatas. Pembahasan diatas juga tentu akan menambah wawasan kalian mengenai granit dan juga marmer. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua