15 Peredam Panas Atap Rumah Terbaik 2020: Harga & Tips Memilih

Peredam Panas Atap Rumah – Memiliki rumah mewah memang menjadi impian bagi semua orang, termasuk kita. Namun, mewah pun tidak cukup apabila rumah yang kalian huni terasa tidak nyaman dan membosankan.

Rumah yang nyaman tidak selalu dilihat dari dekorasi atau kebersihannya saja, tetapi ada beberapa hal lainnya yang dapat membuat rumah tersebut nyaman untuk ditinggali. Salah satu hal yang membuat rumah terasa nyaman yaitu kestabilan penyerapan pada suhu udara panas.

Suhu udara pada siang hari terutama saat musim kemarau akan terasa sangat panas. Untuk menghindari hal tersebut salah satu cara yang dapat kalian lakukan yaitu dengan menggunakan produk peredam panas yang biasa dipasang pada atap rumah.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap tentang harga dan tips memilih bahan untuk meredam panas atap rumah. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kalian simak penjelasan mengenai peredam panas atap rumah berikut ini.

Peredam Panas Atap Rumah Terbaik

Peredam Panas Atap Rumah 1

Seperti yang sudah kalian ketahui, fungsi utama atap adalah untuk melindungi rumah dari berbagai macam cuaca yang tidak menentu. Dengan begitu, kalian dapat menjalankan aktivitas di rumah dengan nyaman.

Ada beberapa atap yang kurang baik dalam meredam suhu panas seperti GENTENG KACA, seng ataupun asbes terutama pada saat siang hari. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa rekomendasi peredam panas atap rumah yang dapat kalian gunakan.

Jenis-Jenis Peredam Panas Atap Rumah

Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kalian mengetahui tentang jenis-jenisnya. Di bawah ini adalah beberapa jenis peredam panas atap rumah yang dapat kalian jumpai di pasaran.

1. Aluminium Foil

Aluminium Foil

Bahan aluminium foil dapat melawan dan menahan sinar UV secara langsung sehingga membuat material ini sangat baik untuk meredam panas. Dengan begitu, panas dari sinar matahari tidak akan sampai ke dalam rumah. Selain itu, aluminium foil juga memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

  • Mempunyai bentuk yang sangat elastis sehingga tahan lama dan lebih kuat
  • Memiliki daya tahan tinggi terhadap air
  • Dapat memantulkan sinar matahari dengan kuat
  • Dapat juga digunakan sebagai plafon rumah
  • Bahan ini ramah lingkungan
  • Murah dan mudah dalam proses pemasangannya

2. Polyester

Polyester

Polyester sering digunakan untuk membuat campuran bahan botol plastik, bahan pakaian serta berbagai produk rumah tangga lainnya. Bahan polyester juga dapat kalian gunakan untuk meredam panas yang sangat baik. Bahan ini mempunyai bobot yang sangat ringan dan aman untuk lingkungan. Namun material ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal dan mempunyai efek tidak nyaman bagi kulit.

3. Panel Styrofoam

Panel Styrofoam

Meskipun panel styrofoam terbuat dari plastik, namun material ini sangat baik untuk meredam panas. Kalian juga pasti sering menjumpai produk ini sebagai pelindung makanan kemasan. Bahan ini dibanderol dengan harga yang terjangkau sehingga bisa menghemat anggaran dana kalian. Proses pemasangannya juga praktis dan sangat mudah karena memiliki ukuran serta ketebalan yang bervariasi.

4. Polyurethane Foam

Polyurethane Foam

Jenis peredam panas yang satu ini merupakan salah satu bahan yang dapat menyerap panas dengan sangat baik. Polyurethane foam memiliki daya tahan yang kuat serta awet dan tidak akan pernah rusak jika sudah terkena panas atau hujan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, bahan ini juga mempunyai beberapa kelebihan yang harus kalian perhatikan.

  • Memiliki bobot yang sangat ringan sehingga tidak menambah beban atap rumah
  • Tidak memerlukan biaya perawatan
  • Bisa juga digunakan untuk penutup celah atau kebocoran pada atap
  • Bisa membuat suhu udara di dalam ruangan menjadi lebih dingin

5. Glasswool

Glasswool

Glasswool terbuat dari serat fiberglass yang kemudian dibentuk menyerupai wool. Bahan ini sangat baik untuk menyerap panas dan sering diggunakan untuk atap gedung bertingkat maupun perkantoran. Pastinya pada perkantoran yang menggunakan material ini akan menghemat penggunaan listrik pada AC.

6. Bubble Foil

Bubble Foil

Bahan bubble foil sama dengan aluminium foil, hanya saja bahan ini memiliki bentuk permukaan yang berbeda dengan lingkaran-lingkaran yang bersusun. Material ini juga bisa kalian gunakan untuk meredam panas pada atap rumah.

Harga Peredam Panas Atap Rumah

Setelah kalian mengerti tentang jenis-jenis bahan peredam panas atap rumah, selanjutnya kalian juga harus mengetahui harga material yang dapat kalian jumpai di pasaran. Simak baik-baik tabel daftar harga berikut ini.

JenisMassa JenisUkuranTebalHarga
Glasswool Supereool16 kg/m31.2 m x 1.5 m25 mmRp 540.000
Rockwool ABR60 kg/m31.2 m x 60 m50 mmRp 73.000
Aluminium Foil AB Foil1 m x 20 m0.15 mmRp 350.000
Polyester Hilon1 m x 20 m20 mmRp 1.580.000

Tips Memilih Peredam Panas Atap Rumah

Tips Memilih Peredam Panas Atap Rumah

Sebelum kalian membeli material ini, sebaiknya kalian perhatikan beberapa tips memilih bahan untuk meredam panas atap rumah berikut ini.

  • Perhatikan kualitas serta harga material tersebut
  • Periksa kembali bahan pembuatnya
  • Perhatikan pula efek dari pengguanan material
  • Lakukanlah pemasangan dengan baik dan benar

Itulah sedikit penjelasan mengenai bahan peredam panas atap rumah beserta harganya yang dapat bursabajaringan.com sampaikan. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan kalian.

You May Also Like

About the Author: Amelia Zaimah

Seorang wanita yang hobi dan menyukai dunia arsitek