Jenis Rangka Atap Baja Ringan dan Harga Pemasangannya

Rangka Atap Baja Ringan РSaat ini banyak sekali jenis-jenis perumahan dan juga toko-toko atau bangunan kantor yang sudah banyak menggunakan jenis rangka atap baja ringan. Penggunaan rangka atap baja ringan juga lebih kuat dan kokoh, maka tak heran jika saat ini banyak yang beralih menggunakan bahan baja ringan untuk atap bangunan tersebut. Baja ringan juga dapat diaplikasikan ke model pagar baja ringan dan juga kanopi baja ringan yang dapat menjadikan keindahan pada bagian depan rumah yang kalian huni. Disamping itu pemasangan baja ringan juga memiliki harga yang cukup terjangkau, hal ini juga masuk dalam salah satu faktor mengapa baja ringan banyak diminati oleh masyarakat tanah air saat ini.

Selain harga pemasangan baja ringan yang murah, kekuatan dari baja ringan juga sangat berbeda jauh dengan bahan bangunan untuk atap seperti kayu dan juga bambu. Penggunaan bahan bangun seperti bambu dan juga kayu untuk rangka atap rumah memang masih ada beberapa yang menggunakannya, namun untuk bangungan saat ini kami lebih menyarankan untuk menggunakan bahan baja ringan karena lebih kokoh dan kuat. Disamping itu, rangka atap baja ringan juga pastinya memiliki kekurangan yang harus kita antisipasi, seperti contohnya adalah bagian rangka yang akan sangat mengganggu pemandangan, maka dari itu alangkah baiknya jika di tutup dengan menggunakan ternit atau gipsum.

Dengan adanya rangka jenis baja ringan juga menjadi salah satu perkembangan di dunia bangungan, karena berhasil menghadirkan sebuah bahan baja dengan bobot ringan namun memiliki kekuatan yang baik. Sebelumnya kita tahu jika baja identik dengan berat dan juga ukuran yang cukup besar. Namun seiring dengan berjalannya waktu, baja juga dapat di buat dengan bobot yang ringan namun tidak mengurangi sisi kekuatannya. Baja ringan yang digunakan saat ini adalah jenis Cold Rolled Coil (CRC) dengan bentuk profil layaknya huruf C dan O. Baja ringan juga hadir dengan beragam jenis mulai dari jenis reng baja ringan, taso baja ringan dan yang terakhir adalah kaso baja ringan.

Baca  200 Model Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang Minimalis Terbaru 2019

Ketiga jenis rangka baja ringan tersebut juga memiliki passionnya masing-masing dalam kontruksi sebuah bangunan. Nah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai jenis rangka atap baja ringan dan harga pemasangannya yang sudah kami siapkan berikut ini dan dapat kalian simak dibawah ini.

Jenis Rangka Atap Baja Ringan dan Harga Pemasangannya

Jenis Rangka Atap Baja Ringan dan Harga Pemasangannya

Jenis Rangka Atap Baja Ringan dan Harga Pemasangannya

1. TRUS/Kaso Metal Baja Ringan

Jenis rangka atap baja ringan yang pertama adalah TRUS/Kaso metal baja ringan. Kaso ini merupakan jenis baja ringan yang terbuat dari bahan plat b aja dengan gaya tarik yang cukup tinggi yakni (G550). Jenis ranga baja ringan yang satu ini juga memiliki lapisan seng dengan aluminium. Dan untuk tinggi profil C ini memiliki panjang 75 cm dan tebal memiliki 2 ukuran yakni 0,60 mm dan 0,75 mm. Jenis baja ringan ini sangat cocok untuk digunakan pada atap baja ringan atau kaki-kaki utama baja ringan.

2. Reng Baja Ringan

Yang kedua adalah Reng baja ringan. Rangka baja ringan yang satu ini memiliki bentuk trpaesium yang cocok digunakan untuk peletakkan genteng metal atau genteng jenis lainnya. Reng ini memiliki ketebalan 0,45 mm dan tinggi antara 28 hingga 40 mm. Dan perlu kalian ketahui, tinggi rendahnya profil reng ini juga mempengaruhi kekuatan rangka baja ringan yang satu ini. Maka jika kalian menggunakan genteng berbahan beton kami menyarankan untuk menggunakan reng dengan tinggi minimal 30 mm.

3. Taso Baja Ringan

Dan yang terkahir adalah Taso baja ringan. Jenis rangka atap baja ringan ini memiliki tingkat ketebalan 0,75 mm hingga 1 mm, lalu untuk tingginya berukuran 7,5 cm dengan lebar kaki 3,5 cm dan panjang 6 m/per batang.

Baca  Harga Genteng Beton Per Buah Terlengkap dan Termurah Mei 2019

3 jenis rangka atap baja ringan diatas merupakan jenis yang banyak digunakan untuk membuat rangka atap bangunan. Pemasangan menggunakan bahan diatas juga tentunya membutuhkan bahan-bahan lain seperti Bracket L dengan profil tebal 1,5 mm, kemudian Dynabolt diameter 12 mm dan panjang 100 mm dan juga baut type self drilling screw berukuran 12-14×20 bright zinc untuk penggunaan truss, sedangkan untuk reng kami sarankan untuk menggunakan baut berukuran 10-16 bright zinc.

Harga Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan

Harga Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Harga Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Dan berbicara mengenai harga pemasangan rangka atap baja ringan, kami akan memberikan informasi mengenai harga di wilayah Jakarta dan sekitarnya seperti Bekasi, Tangerang, Depok dan juga Bogor. Harga pasanga untuk atap baja ringan ini berkusar antar Rp 140.000 hingga Rp 300.000. Dan perbedaan variasi harga tersebut bisa dikarenakan beberapa faktor dibawah ini:

  • Supplier bahan baja ringan yang ingin mendapatkan keuntungan lebih banyak sehingga material baja ringan dibanderol dengan harga tinggi.
  • Bahan, merek dan jenis material yang digunakan.
  • Tingkat kesulitan pada saat pemasangan, seperti pemasangan atap pelana akan memiliki harga yang berbeda dengan jenis atap perisai.
  • Jenis material finishing atap yang digunakan, seperti genteng, asbes dan lainnya karena akan memiliki pengaruh pada total berat pada penutup atap. Hal ini akan mempengaruhi dimensi baja ringan yang akan digunakan.

Nah sebagai contoh penghitungan pemasangan rangka atap baja ringan, kami akan membangun rumah dengan atap seluas 150m2 dengan harga yang ditawarkan oleh si pemborong adalah Rp 200.000/m2, maka total harganya adalah sebagi berikut:

  • Rp 200.000 x 150 m2 = Rp 30.000.000

Jadi harga yang harus kita bayarkan adalah sebesar Rp 30 juta rupiah. Nah jika atap rumah kita lebih sedikit mungkin harga yang akan kita bayar lebih sedikit pula. Kalian dapat menghitung biaya dengan rumus yang sudah kami sampaikan diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel jenis rangka atap baja ringan dan harga pemasangannya dapat bermanfaat bagi anda semua, sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca  Harga Baja Ringan Jogja Termurah dan Terbaru Mei 2019