√ Rumah Type 36 : Pengertian, Ukuran, Harga & Biaya Bangun 2020

Rumah Type 36 – Membangun sebuah hunian tentu membutuhkan adanya perhitungan serta perencanaan pembangunan dengan sangat matang sejak awal. Oleh karena itu, kalian harus mengerti dan paham terlebih dahulu tentang seluk beluk rumah yang ingin kalian bangun.

Salah satu jenis rumah yang paling populer dan paling banyak dibangun orang-orang yaitu rumah dengan type 36. Rumah jenis ini juga tergolong dalam konsep rumah minimalis yang paling digemari oleh sebagian kalangan masyarakat di Indonesia.

Pada dasarnya, rumah minimalis merupakan rumah yang di desain secara unik, rapi, bersih tanpa banyak ornamen-ornamen tambahan serta terkesan kecil dan mungil. Namun dengan pemilihan dan kombinasi furnitur serta warna cat yang tepat, akan membuat rumah tipe 36 ini memiliki nilai estetika tersendiri.

Hunian type ini memiliki sejumlah keunggulan yang patut dipertimbangkan dan salah satunya yaitu bentuknya yang simpel serta harganya yang relatif terjangkau. Nah, berikut ini akan kami jelaskan mengenai pengertian, ukuran, harga serta biaya bangun rumah type 36.

Rumah Type 36 : Pengertian, Ukuran, Harga & Biaya Bangun 2020

Rumah Type 36 Denah Ukuran Biaya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hunian type 36 ini merupakan rumah yang paling banyak dipilih dan dibangun oleh orang-orang. Hal itu dikarenakan rumah ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga dalam membangunnya tidak terlalu membutuhkan anggaran dana yang besar.

Pengertian

Pengertian

Rumah type 36 merupakan rumah yang memiliki luas bangunan sekitar 36 meter persegi. Biasanya penulisan rumah tipe ini diikuti dengan luas lahan seperti rumah tipe 36/70 atau rumah tipe 36/72, yang artinya rumah tipe 36/60 ini memiliki luas bangunan 36 meter persegi yang dibangun di lahan seluas 60 meter persegi.

Tentunya rumah ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan RUMAH TYPE 21 sehingga membuat rumah ini cocok untuk dihuni satu keluarga dengan satu anak. Rumah ini juga sangat cocok untuk keluarga kecil atau pasangan muda yang baru menikah dan ingin memiliki hunian dengan anggaran biaya yang terbatas.

Kebutuhan Lahan

Kebutuhan Lahan

Mengingat ukuran bangunannya yang tergolong cukup mungil, maka untuk kebutuhan lahan rumah ini juga tidak terlalu memerlukan tanah yang terlalu luas. Luas lahan yang ideal untuk membangun rumah type 36 ini yaitu kurang dari 100 meter persegi atau 1 are.

Hunian ini dapat kalian bangun pada lahan dengan ukuran 6 x 12 meter atau 72 meter persegi. Dengan ukuran tersebut kalian bisa memiliki lebar dan panjang rumah masing-masing 6 meter serta sisanya untuk bagian depan dan belakang sebagai jendela atau ventilasi agar ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Denah Ukuran Rumah

Denah Ukuran Rumah

Ketika kalian ingin membangun rumah dengan type 36, kalian harus pintar dan cermat dalam penataan ruangannya. Karena pada denah rumah type 36 ini kalian hanya bisa mendapatkan 2 kamar tidur dengan ukuran sekitar 3 x 3 meter, 1 kamar mandi, 1 ruang keluarga yang digabung dengan dapur serta 1 garasi yang terbuka.

Supaya ruangan terasa lebih lapang dan lega, kalian bisa mengurangi seket atau dinding pemisah pada rumah. Biasanya, rumah type ini hanya dibuat 1 lantai saja, karena mengingat ukurannya yang cukup kecil. Rumah ini sangat cocok untuk kalian yang menyukai konsep minimalis dengan nuansa modern.

Dapur rumah yang digabung dengan ruangan keluarga ini akan terasa lebih luas sehingga akan lebih leluasa dalam melakukan aktivitas memasak ataupun aktivitas dapur lainnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa rumah ini sangat cocok untuk keluarga kecil yang ingin memiliki rumah dengan bujet yang tidak terlalu besar.

Harga Rumah

Harga Rumah

Kalian bisa mendapatkan rumah ini dengan harga Rp 90 juta apabila mengacu pada harga konstruksi saat ini yaitu sebesar Rp 2.5 juta per meter perseginya. Harga tersebut sudah termasuk untuk pekerjaan finishing cat serta keramik dengan desain dan konsep minimalis.

Namun perlu kalian ingat, harga tersebut belum termasuk dengan harga lahan atau tanah dalam pembangunan rumah type 36. Jika kalian belum memiliki lahan untuk pembangunan rumah type ini, sebaiknya kalian juga harus memasukannya ke dalam RAB (Rencana Anggaran Biaya) hunian type 36.

Biasanya harga rumah type 36/72 ini di kota-kota besar seperti Tangerang, Bekasi dan lain sebagainya berkisar antara Rp 180 juta hingga Rp 400 juta. Harga tersebut sudah termasuk untuk pembelian lahan. Namun, di beberapa kota ada juga yang harganya lebih rendah atau bahkan lebih mahal karena terdapat banyak sekali faktor yang mempengaruhi dan salah satunya yaitu akses lokasi.

Biaya Bangun Rumah Type 36

Biaya Bangun Rumah Type 36

Untuk biaya pembangunan rumah dengan type 36 ini rata-rata berkualitas rendah dan menengah. Saran kami, sebelum kalian melakukan proses pembangunan rumah type ini deperlukan adanya perhitungan dan perencanaan yang matang.

Hal pertama yang harus kalian persiapkan yaitu material bahan bangunan seperti pasir, semen, batu bata, papan kayu, besi beton, paku, kusen dan lain sebagainya. Supaya kalian mendapatkan harga material bahan bangunan yang kompetitif, lakukan survei ke beberapa toko material dan bandingkan harga masing-masing materialnya.

Untuk ongkos jasa atau tukang bangunan dapat kalian pilih dengan sistem harian atau borongan. Untuk biaya tukang harian biasanya berkisar antara Rp 100.000 sampai dengan Rp 300.000 per tukang, sedangkan untuk sistem borongan kalian harus mempersiapkan anggaran dana sebesar Rp 700.000 hingga Rp 1.500.000 per meter perseginya.

Ketika kalian ingin membangun hunian type 36 ini gunakanlah material bahan bagunan yang berkualitas sehingga kalian akan mendapatkan hasil akhir yang memuaskan serta sesuai dangan apa yang diharapkan.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, ukuran, harga serta biaya bangun rumah type 36 yang dapat bursabajaringan.com sampaikan. Semoga informasi di atas dapat menambah serta memperluas wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: Amelia Zaimah

Seorang wanita yang hobi dan menyukai dunia arsitek