√ Rumah Type 45 : Pengertian, Ukuran, Harga & Biaya Bangun 2020

Rumah Type 45 – Desain dan konsep dari rumah dengan type 45 ini tergolong dalam gaya hunian minimalis yang masih menjadi dambaan bagi banyak orang. Pasti di antara kalian ada yang sering menjumpai rumah type ini dengan berbagai macam gaya yang unik serta menarik.

Desain hunian type 45 dari dulu dampai sekarang selalu menjadi favorit keluarga kecil, terutama bagi pasangan yang baru menikah. Hal itu dikarenakan rumah type ini memiliki ukuran dan spesifikasi yang lebih luas dibandingkan dengan rumah type 21 ataupun rumah type 36.

Hunian dengan type-type di atas banyak digemari oleh sabagian kalangan masyarakat karena harganya yang masih terjangkau dan sangat cocok untuk keluarga kecil yang terdiri dari tiga hingga lima orang. Rumah tipe 45 ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk kalian yang menginginkan rumah yang lebih luas, namun tetap dengan harga yang terjangkau.

Biasanya, rumah tipe 45 ini terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, dapur, ruang keluarga dan juga 1 halaman parkir atau garasi. Bagi kalian yang penasaran tentang seluk beluk rumah type ini, berikut ini akan kami jelaskan secara rinci mengenai pengertian, ukuran serta berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah type 45.

Rumah Type 45 : Pengertian, Ukuran, Harga & Biaya Bangun 2020

Rumah Type 45

Meskipun hunian type 45 ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun rumah ini akan tetap memberikan kesan mewah dan elegan bagi penghuninya. Sesuai dengan namanya, rumah ini memiliki luas 45 meter persegi yang dibangun di atas luas lahan yang berbeda-beda.

Pengertian

Pengertian 1

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rumah type 45 ini memiliki luas bangunan sekitar 45 meter persegi. Biasanya, penulisan rumah tipe ini diikuti dengan ukuran luas lahan, sebagai contoh rumah type 45/90 yang artinya rumah dengan luas bangunan 45 meter persegi yang dibangun di atas lahan dengan luas 90 meter persegi.

Rumah tipe ini termasuk dalam ukuran rumah yang ideal untuk sebuah keluarga kecil dengan 1 hingga 2 anak. Hunian type 45 ini menjadi salah satu jenis rumah yang paling banyak di cari, karena rumah ini memiliki luas yang lebih besar dibandingkan dengan RUMAH TYPE 21.

Kebutuhan Lahan

Kebutuhan Lahan 1

Karena ukuran bangunan rumah ini yang terbilang cukup kecil, maka untuk kebutuhan lahan rumah tipe 45 juga tidak terlalu besar. Hunian type ini dapat kalian bangun pada lahan dengan luas kurang dari 1 are atau 100 meter persegi.

Umumnya, rumah ini dibangun pada lahan dengan ukuran 7 x 13 meter atau 90 meter persegi. Dengan ukuran tersebut, kalian bisa mendapatkan rumah dengan lebar 7 meter serta panjang 6.5 meter dan selebihnya untuk bagian depan dan belakang sebagai jendela dan ventilasi.

Denah Ukuran Rumah

Denah Ukuran Rumah 1

Dengan memilih rumah tipe 45 ini kalian bisa mendapatkan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang keluarga yang bisa digabung dengan dapur dan 1 garasi atau halaman parkir yang cukup luas. Sebaiknya dalam menyusun atau menata ruangan rumah type ini hendaknya dibuat kompak supaya bisa memperoleh ruangan yang terasa lebih luas dan lebih lega.

Karena ukurannya yang tidak terlalu besar tersebut, biasnya orang-orang membangun rumah ini hanya dengan 1 lantai saja. Namun, dengan 1 lantai tersebut kalian jadi bisa menghemat biaya pengeluaran pada saat proses pembangunan seperti untuk membeli material bahan bangunan ataupun untuk membayar ongkos tukang.

Harga Rumah

Harga Rumah 1

Jika kalian sudah memiliki tanah atau lahan sendiri, maka kalian bisa mendapatkan rumah type 45 ini dengan harga yang relatif murah. Apalagi jika kalian menerapkan finishing yang standar minimalis seperti lantai dengan keramik 30 x 30 cm, sanitasi setara Toto ataupun finishing pengecatannya.

Apabila harga rumah per meter perseginya saat ini sebesar Rp 2.5 juta, maka anggaran biaya yang harus kalian persiapkan untuk rumah tipe ini sekitar Rp 115 juta. Perlu kalian ingat, harga tersebut belum termasuk biaya untuk membeli lahan.

Biaya Bangun Rumah Type 45

Biaya Bangun Rumah Type 45

Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah menyediakan bahan material bangunan seperti batu bata, semen, pasir, paku, kusen dan lain sebagainya. Sebaiknya untuk mendapatkan harga material bahan bangunan yang kompetitif, lakukanlah survei ke beberapa toko material agar dapat membandingkan harga material yang satu dengan yang lainnya.

Selain biaya untuk material bahan bangunan, kalian juga harus mempertimbangan anggaran dana untuk ongkos tukang atau pekerja bangunan. Biasanya harga yang dipatok untuk membangun rumah type ini yaitu berkisar antara Rp 2.5 juta per meter perseginya. Harga tersebut bergantung pada kondisi serta lokasi yang kalian tempati.

Ketika kalian hendak membangun rumah, alangkah baiknya lakukan perhitungan dan perencanaan dengan matang sejak awal. Hal itu bertujuan agar nantinya pada saat proses pembangunan sedang berlangsung, kalian tidak mengalami kelebihan atau pembengkakan dana.

Selain itu, gunakanlah material bahan bangunan yang sudah terbukti kualitasnya. Dengan begitu, rumah yang kalian bangun akan memberikan hasil akhir yang memuaskan serta sesuai dengan apa yang diharapkan.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, denah dan ukuran serta biaya bangun untuk rumah type 45 yang dapat bursabajaringan.com sampaikan. Semoga informasi di atas dapat kalian jadikan gambaran ketika hendak membangun rumah type 45.

You May Also Like

About the Author: Amelia Zaimah

Seorang wanita yang hobi dan menyukai dunia arsitek