√ Rumah Type 60 : Pengertian, Ukuran, Harga & Biaya Bangun 2020

Rumah Type 60 – Memiliki rumah yang mewah dan cantik untuk dipandang pasti menjadi impian bagi semua orang, termasuk kalian. Namun, mewah pun tidak cukup apabila rumah yang kalian huni terasa tidak nyaman atau bahkan terkadang terasa membosankan.

Jenis hunian yang sampai saat ini masih menjadi tren dan disukai oleh banyak orang yaitu rumah dengan desain dan konsep minimalis. Salah satu faktor yang menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat yaitu bentuknya yang simpel, namun tetap memberikan kesan modern.

Salah satu jenis hunian minimalis yang memiliki ukuran ideal untuk sebuah keluarga yaitu rumah tipe 60. Sesuai dengan namanya, rumah tipe 60 adalah hunian yang memiliki luas bangunan sebesar 60 meter persegi yang dibangun di atas tanah atau lahan yang berbeda-beda.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai seluk beluk tentang rumah minimalis type 60 ini. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kalian simak pembahasan pengertian, ukuran beserta biaya bangun rumah type 60 berikut ini.

Rumah Type 60 : Pengertian, Ukuran, Harga & Biaya Bangun 2020

Rumah Type 60

Rumah dengan type 60 ini memiliki desain interior dan eksterior yang membuat masyarakat jauh lebih nyaman dibandingkan dengan rumah type 21, 36 ataupun type 45. Hal itu dikarenakan pemilik atau penghuni rumah dapat memilih dan menentukan desain yang sesuai dengan keinginan.

Pengertian

Pengertian

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rumah type 60 ini memiliki luas bangunan sebesar 60 meter persegi yang di bangun di atas lahan seluas 80 meter persegi atau 120 meter persegi. Meskipun demikian, ukuran tersebut tidak selalu pasti, karena di beberapa kondisi terdapat juga ukuran panjang dan lebar yang berbeda-beda.

Biasanya untuk ukuran luas bangunan dan luas tanahnya disebutkan dengan tanda garis miring. Contohnya pada penulisan rumah type 60/80 yang artinya rumah tipe 60 meter persegi yang berada di lahan berukuran 80 meter persegi atau rumah type 60/120 berarti rumah tipe 60 meter persegi yang dibangun di atas tanah seluas 120 meter persegi.

Kebutuhan Lahan

Kebutuhan Lahan

Rumah tipe 60 ini merupakan tipe yang paling luas untuk ukuran tanah kavling dengan luasan 1 are atau 100 meter persegi. Dengan luas sekitar 60 meter persegi tersebut, kalian bisa dengan mudah untuk melakukan kombinasi ruangan.

Hunian type ini biasanya dibangun dengan ukuran bangunan antara 6 m x 10 m, 6 m x 12 m atau 8 m x 7 m. Dengan ukuran tersebut dapat dikatakan rumah ini sudah memiliki ukuran yang cukup luas dan lebih lega di bandingkan dengan RUMAH TYPE 36.

Denah Ukuran Rumah

Denah Ukuran Rumah

Rumah type 60 ini biasanya terdiri dari 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, 1 dapur, dan 1 garasi mobil termasuk teras rumah. Oleh karena itu, rumah tipe ini sangat cocok untuk keluarga inti dengan 2 sampai 5 anak yang memiliki aktivitas yang lebih banyak.

Meskipun rumah ini secara denah ruangannya sudah terlihat padat, namun untuk biaya pembangunannya masih cukup terjangkau. Oleh karena itu, rumah type ini sangat kami rekomendasikan untuk kalian yang sudah berkeluarga, karena ukurannya yang ideal dan memenuhi standar hidup yang layak.

Harga Rumah

Harga Rumah

Rumah tipe 60 ini merupakan jenis hunian yang memiliki ukuran ideal dan sangat cocok untuk masyarakat kelas menengah. Umumnya, rumah ini dibangun dengan beberapa variasi, ada yang ditawarkan dengan 3 kamar tidur atau bahkan 2 kamar tidur.

Rumah dengan type 60 ini rata-rata dijual dengan kisaran harga antara Rp 300 juta sampai Rp 500 juta. Bagi kalian yang tinggal di kota-kota besar, tentu tidak sulit untuk menemukan perumahan-perumahan yang menjual rumah type ini.

Biaya Bangun Rumah Type 60

Biaya Bangun Rumah Type 60

Untuk luas bangunan 1 are atau 100 meter persegi ini biasanya memerlukan kisaran harga antara Rp 300 juta sampai Rp 350 juta tergantung dengan lokasi yang kalian tempati. Sedangkan untuk luas bangunan 300 meter persegi biasanya berada pada kisaran harga Rp 350 juta hingga Rp 500 juta.

Harga tersebut tentunya dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti luas bangunan, kesepakatan harga dengan para pemborong atau kontraktor, jenis material bahan bangunan yang digunakan serta perizinan bangunan dan material dari toko sampai ke tempat pembangunan.

Tak sedikit pula orang yang membangun rumah tipe 60 ini menjadi 2 lantai, dengan perkiraan harga keseluruhan yaitu sebesar Rp 300 juta sampai RP 400 juta. Saran kami, untuk bangunan 2 lantai ini pilihlah bahan bangunan yang berkualitas sehingga akan menghasilkan bangunan yang kokoh dan kuat.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, ukuran denah serta biaya bangun rumah type 60 versi bursabajaringan.com. Sebaiknya ketika kalian hendak membangun rumah, cantumkan juga biaya tambahan yang sifatnya tidak terduga atau mendadak di dalam RAB (Rencana Anggaran Biaya) pembangunan rumah.

You May Also Like

About the Author: Amelia Zaimah

Seorang wanita yang hobi dan menyukai dunia arsitek