√ Rumah Type 90 : Pengertian, Ukuran, Harga & Biaya Bangun 2020

Rumah Type 90 – Membuat rumah impian dengan cara membangunnya sendiri seringkali dilakukan orang supaya mendapatkan hunian yang terbaik. Tentunya sebelum membangunnya diperlukan adanya pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan rumah.

Hal tersebut bertujuan agar nantinya pada saat proses pembangunan sedang berlangsung biaya bangun rumah tidak mengalami kelebihan ataupun pembengkakan dana. Selain itu, dengan membuat RAB kalian jadi bisa memperkirakan besar anggaran biaya yang perlu dipersiapkan ketika hendak membangun rumah idaman.

Salah satu jenis huninan yang saat ini banyak digemari oleh sebagian kalangan masyarakat di Indonesia yaitu rumah tipe 90. Rumah ini dapat digolongkan ke dalam rumah mewah karena memiliki ukuran bangunan yang cukup besar yaitu mencapai 90 meter persegi.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai pengertian, ukuran serta estimasi biaya bangun rumah type 90. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kalian simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

Rumah Type 90 : Pengertian, Ukuran, Harga & Biaya Bangun

Rumah Type 90

Pengertian

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, angka pada rumah type 90 ini menunjukkan luas bangunan yaitu sebesar 90 meter persegi. Dari luas 90 m2 ini dimensi bangunannya bisa bervariatif, yaitu 10 m x 9 m, 11.25 m x 8 m atau 15 m x 6 m dan seterusnya.

Biasanya penyebutan untuk rumah tipe ini juga disertai dengan luas tanah atau lahan yang digunakan pada bangunan tersebut. Sebagai contoh rumah type 90/150, maka dapat diartikan bahwa rumah dengan ukuran 90 meter persegi yang dibangun di atas lahan seluas 150 meter persegi.

Kebutuhan Lahan

Kebutuhan Lahan 2

Hunian type 90 ini membutuhkan luas lahan yang lebih besar dibandingkan dengan rumah type 36 ataupun RUMAH TYPE 45. Dengan luas yang mencapai 90 meter persegi tersebut kalian bisa dengan mudah untuk melakukan perpaduan atau kombinasi ruangan.

Ketika membangun rumah tipe 90/150 ini, kalian akan membutuhkan lahan atau tanah seluas 150 meter persegi. Jadi, dengan ukuran tersebut kalian sudah bisa mendirikan sebuah hunian dengan ukuran yang luas serta akan mendapatkan ruangan yang lebih lega.

Denah Rumah

Denah Rumah

Rumah tipe 90 ini dapat digolongkan ke dalam rumah tipe menengah yang biasanya terdiri dari 3 sampai 4 kamar tidur, 1 ruang tamu, 3 kamar mandi, 1 ruang dapur dan 1 garasi. Dengan begitu, rumah ini sangat cocok untuk keluarga yang memiliki 2 sampai 3 anak dengan aktivitas yang lebih banyak.

Rumah tipe ini juga umumnya sudah dilengkapi dengan kamar tidur khusus pembantu dan juga ruang cuci pakaian serta ruang jemur. Selain itu, pada rumah tipe 90 dengan 2 lantai juga sudah dilengkapi dengan balkon. Taman di bagian depan atau belakang rumah juga bisa kalian gunakan untuk tempat bermain anak-anak.

Harga Rumah

Harga Rumah 2

Mengingat ukuran bangunan yang luas tersebut, hunian ini dapat diklasifikasikan ke dalam rumah mewah yang dibanderol dengan harga lebih tinggi dari rumah lainnya. Pada dasarnya rumah type 90 ini diperuntukkan hanya untuk masyarakat kelas menengah ke atas.

Untuk harganya sendiri, rumah ini dapat kalian dapatkan dengan kisaran harga mulai dari Rp 350 juta sampai dengan Rp 1.3 miliar. Namun, harga tersebut tentunya tergantung dengan lokasi serta berbagai properti yang ada di dalamnya.

Biaya Bangun Rumah Type 90

Biaya Bangun Rumah Type 90

Dalam membangun rumah type 90 ini ada beberapa elemen penting yang harus kalian perhatikan. Elemen tersebut di antaranya meliputi biaya untuk lahan, jasa arsitek, upah pekerja hingga biaya material bahan bangunan.

Sebaiknya gunakanlah jasa arsitek profesional agar desain dan konsep rumah dapat memiliki nilai estetik serta fungsional. Namun, tentunya dalam proses pembangunan kalian juga harus menggunakan tukang yang sudah berpengalaman pula seperti pemborong atau kontraktor.

Umumnya orang-orang membangun hunian type ini menjadi 2 lantai agar dapat memaksimalkan luas ruangan. Biasanya untuk membangun rumah tipe 90/150 ini membutuhkan anggaran biaya antara RP 500 juta hingga Rp 1 miliar, tergantung dengan letak lokasi serta pemilihan tukang bangunan.

Jika kalian ingin lebih berhemat untuk biaya pengeluaran pembangunan, kalian bisa menggunakan material bahan bangunan lokal yang berkualitas. Atau kalian juga bisa menggunakan material bekas yang masih layak untuk digunakan.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, ukuran denah beserta estimasi biaya bangun rumah type 90 yang dapat bursabajaringan.com sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat kalian jadikan gambaran ketika hendak membangun rumah impian.

You May Also Like

About the Author: Amelia Zaimah

Seorang wanita yang hobi dan menyukai dunia arsitek