20 Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah 2021 : Bagian Dalam & Luar

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah – Di dalam pemilihan warna cat rumah, tentunya terdapat berbagai macam elemen penting yang harus diperhatikan. Elemen-elemen tersebut biasanya meliputi kombinasi cat dasar dinding, jenis ruangan serta warna furnitur.

Apabila cat rumah dipilih secara asal-asalan atau sembarangan, maka dapat dipastikan rumah tersebut akan terasa tidak nyaman dan membosankan. Oleh karena itu, mengkombinasikan dua atau lebih warna cat menjadi solusi yang tepat untuk memperindah sebuah hunian.

Biasanya bagi sebagian orang yang baru pertama kali membangun rumah, pemilihan kombinasi warna CAT TEMBOK menjadi salah satu hal yang merepotkan. Pasalnya, saat ini sudah tersedia banyak sekali berbagai macam perpaduan warna cat baik untuk dalam atau luar ruangan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut di bawah ini akan kami jelaskan beberapa tips memilih kombinasi warna cat rumah yang baik dan benar. Bagi kalian yang penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik pembahasan berikut ini.

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah : Bagian Dalam & Luar

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemilihan kombinasi warna cat masih menjadi kegiatan yang cukup membingungkan. Namun, kalian jangan khawatir karena disini kami akan memberikan beberapa tips terbaik dalam memilih perpaduan warna cat rumah, baik untuk interior ataupun eksterior.

Manfaatkan Cakram Warna

Manfaatkan Cakram Warna

Tips memilih kombinasi warna cat rumah yang pertama yaitu tentang cakram warna. Perlu kalian ketahui, dari ketiga warna dasar seperti merah, kuning dan biru akan didapatkan warna-warna sekunder, tertier dan turunannya.

Untuk mendapatkan warna yang serasi dan harmonis, kalian bisa memilih warna-warna yang saling bersebelahan. Namun, apabila kalian ingin mendapatkan warna yang kontras tetapi serasi, pilihlah warna-warna yang berseberangan.

Sesuaikan Ukuran Ruangan

Sesuaikan Ukuran Ruangan Untuk Memilih Kombinasi Warna

Warna putih, coklat muda, kuning muda atau warna-warna terang lainnya memang bisa memberi kesan luas pada sebuah ruangan yang berukuran kecil. Meskipun demikian, bukan berarti kalian tidak bisa menggunakan warna-warna gelap. Kalian tetap bisa menggunakan warna-warna tersebut untuk diterapkan pada dinding, KAYU FURNITURE maupun kusen dengan porsi yang tepat.

Tentukan Konsep Setiap Ruang

Tentukan Konsep Setiap Ruang

Pada rumah dengan gaya minimalis, tidak harus sepenuhnya dipadukan dengan konsep kontemporer, pop art atau yang lainnya. Faktor penting yang harus kalian perhatikan yaitu konsep ruangan yang pas serta sesuai dengan fungsinya.

Tonjolkan Karakteristik Ruangan

Tonjolkan Karakteristik Ruangan

Tips memilih perpaduan warna cat rumah selanjutnya yaitu kalian harus menonjolkan ciri khas dan karakteristik sebuah ruangan. Hal tersebut dikarenakan warna memiliki peranan yang penting pada ruangan. Oleh karena itu, tonjolkan karakteristik ruangan agar nantinya rumah yang akan kalian huni terasa lebih hidup.

Uji Warna Pilihan Untuk Dikombinasikan

Uji Warna Pilihan Untuk Dikombinasikan

Perlu diingat, jangan langsung membeli cat hanya berdasarkan warna yang kalian lihat di katalog. Pasalnya, kebanyakan warna asli cat akan sedikit berbeda dengan apa yang ada di katalog. Apalagi jika cat tersebut berada di bawah terik sinar matahari.

Namun, jika kalian sudah terlanjur membelinya, uji terlebih dahulu warna tersebut di tembok atau papan. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah hasil akhir akan sesuai dengan yang diharapkan atau tidak.

Atur Pencahayaan Ruangan

Atur Pencahayaan Ruangan

Terakhir, warna cat akan sedikit terlihat berbeda tergantung dengan faktor pencahayaan yang didapat. Ingat, pencahayaan yang kurang tepat dapat mempengaruhi nuansa rumah yang kalian cat. Oleh sebab itu, aturlah pencahayaan yang tepat untuk sebuah ruangan.

Rekomendasi Kombinasi Warna Cat Rumah

Di bawah ini akan kami berikan beberapa rekomendasi perpaduan warna cat terbaik yang bisa kalian jadikan inspirasi. Beberapa perpaduan warna cat tersebut di antaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Nuansa oranye dan kuning yang cerah dan menyenangkan.
  • Peach dan hitam untuk nuansa tegas namun feminim.
  • Hitam dan putih supaya tercipta kesan minimalis dan maskulin.
  • Perpaduan putih dan pastel agar ruangan terasa lebih hangat.
  • Ungu anggur dan biru aqua yang menciptakan kesan semangat serta ceria.
  • Coklat dan hijau ynang menciptakan suasana alami yang segar.

Itulah sekiranya yang dapat Bursabajaringan.com sampaikan mengenai beberapa tips memilih kombinasi warna cat rumah beserta beberapa warna cat rekomendasi terbaiknya. Semoga informasi di atas bermanfaaat dan bisa kalian jadikan inspirasi ketika hendak mengecat rumah, baik untuk interior maupun eksterior.

You May Also Like
About the Author: indra
Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua