12 Cara & Tips Memilih Paving Block Berkualitas Terbaik 2020

Tips Memilih Paving Block – Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan Paving Block. Paving Block banyak digunakan sebagai penutup permukaan tanah agar memberikan kesan bersih dan rapih. Pada umumnya paving block kerap digunakan sebagai penutup tanah komplek perumahan, halaman perkantoran, sekolahan atau trotoar jalanan.

Paving Block merupakan bahan bangunan yang terbuat dari bahan dasara pasir dan semen yang diaduk kemudian dicetak dengan beragam variasi, mulai dari persegi, segi enam, persegi panjang dan lainnya. Produsen paving block saat ini sudah hampir tersebar di seluruh penjuru tanah, jadi kita tidak terlalu sulit untuk mendapatkan bahan yang satu ini.

Dengan banyaknya produsen paving block tersebut, maka kita harus benar-benar jeli dalam memilih paving block mana yang berkualitas dan mana yang tidak. Karena sudah pasti ada beberapa produsen yang menjual paving block dengan kualitas yang berbeda-beda, seperti kualitas A, B, C atau D.

Untuk mendapatkan paving block berkualitas kalian harus memahami beberapa tips yang akan kami sampaikan. Baiklah daripada penasaran sebaiknya langsung saja kita simak tips dan cara memilih paving block berkualitas terbaik yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Memilih Paving Block Berkualitas Terbaik

Cara Memilih Paving Block

Jenis-Jenis Mutu Kualitas Paving Block

Ada beberapa jenis mutu yang biasanya dimiliki oleh setiap produsen paving block di setiap daerah. Untuk jenis-jenisnya dibedakan disetiap kelas menurut SNI 03-0691-1996 yakni:

  • Kualitas A: Untuk kualitas ini biasanya digunakan untuk jalan yang dilewati oleh kendaraan seperti mobil, truk, bus, tronton dan lain-lain.
  • Kualitas B: Untuk kualitas B biasanya digunakan untuk halaman parkir mobil dan sepeda motor
  • Kualitas C: Kualitas C biasanya digunakan untuk trotoar yang kerap dilalui oleh para pejalan kaki
  • Kualitas D: Dan yang terakhir ini biasanya banyak digunakan sebagai taman.

Resiko Pemilihan Paving Block dengan Kualitas Rendah

Saat ini banyak sebagian orang yang hanya memilih Paving Block (Conblock) dengan berdasarkan harga tanpa memandang kualitas dan mutu ketahanan paving tersebut untuk jangka panjang. Beberapa akibat kesalah dalam pemilihan Paving Block dengan kualitas rendah antara lain:

  1. Paving Block akan lebih cepat rusak dimana kerap terjadi adanya crack atau patahan sehingga menyebabkan permukaan tidak rata.
  2. Paving Block dengan kualitas rendah biasanya sangat mudah ditumbuhi lumut, hal ini dikarenakan pori-pori Paving Block terlalu besar khususnya untuk jenis Paving Block yang dicetak secara manual.
  3. Dalam hal pemasangan biasanya akan lebih susah karena memiliki kualitas yang rendah, biasanya sangat gampang patah atau pecah ketika proses pemukulan/stamper.
  4. Kurang tahan terhadap beban yang berat seperti Truk, Mobil, Doser dan lain-lain.

Tips Memilih Paving Block Berkualitas

Pemilihan Paving Block dengan kualitas baik tentu perlu kita lakukan dengan teliti agar nantinya tidak terjadi pembengkakan budget. Ada beberapa tips dan cara memilih Paving Block berkualitas yang telah kami siapkan berikut ini:

Pemilihan Bentuk yang Presisi

Paving Block yang berkualitas harus memiliki ukuran dan bentuk yang presisi. Dimana semua bagian permukaan materialnya harus rapi, rata dan tidak berlubang serta bentuk tiap-tiap sudutnya lancup.

Dalam pemilihan, kalian dapat perhatikan baik-baik karena paving yang tersusun oleh material yang padat dan rapat dapat dipastikan jika paving tersebut memiliki kualitas yang unggul.

Dan jangan sampai da kerikil pada bagian luar, jika ada berarti produsen telah melakukan tindak kecurangan dalam hal ini karena telah mencampurkan banyak kerikil pada saat produksi.

Memiliki Tekstur Kasar

Paving Block dibuat dengan menggunakan pasir yang layak dan ukuran Paving Block juga relatif sangat kecil. Jika diraba menggunakan telapak tangan dan permukaan paving terasa kasar maka bisa dipastikan paving tersebut memiliki kualitas unggul.

Namun jika terasa halus, artinya pasir yang digunakan tidaklah murni, malah besar kemungkinan pasir tersebut masih banyak mengandung tanah. Sementara apabila partikel penyusunnya mudah lepasa ketika digores menggunakan benda tajam, artinya semen yang digunakan sangatlah sedikit.

Ukuran Seragam

Paving dibuat dengan menggunakan ukuran atau cetakan yang presisi. Hal ini bertujuan agar semua bahan pembentuk tersebut dapat memadat dengan sempurna. Jika pada saat pemasangan paving memiliki ukuran yang seragam tentu hal ini akan sangat memudahkan tukang, serta hasilnya juga pasti akan memuaskan.

Kuat dan Kokoh

Ketika membeli paving, jangan sungkan untuk bertanya kepada penjual mengenai kualitasnya. Jika perlu kalian minta kepada penjual untuk mengetes kembali apakah material tersebut bermutu kokoh dan kuat.

Cobalah minta kepada penjual untuk menjatuhkan beberapa paving secara acak. Produsen yang yakin dengan material yang diproduksi olehnya tentu tidak akan sungkan melakukan pengetesan ini. Ini merupakan cara yang paling efektif untuk melihat kualitas paving tersebut.

Nah itulah beberapa pembahasan menarik mengenai cara memilih Paving Block berkualitas yang dapat kalian simak diatas. Cara diatas tentu dapat kalian jadikan pertimbangan atau acuan sebelum memutuskan untuk membeli paving.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga Paving Block yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua