Ukuran Baja Ringan Dan Jenis Desain Profil Terbaru 2020

dariUkuran Baja Ringan – Setelah kita telah membahas menganai jenis atap baja ringan dan juga harga baja ringan terbaru di pertemuan sebelumnya, kali ini kami akan membahas mengenai ukuran baja ringan dan jenis desain profil terbaru. Berbicara mengenai baja ringan memang tidak akan ada habisnya, mulai dari membahas mengenai harga, ukuran, jenis dan juga type baja ringan hampir sudah kita bahas semuanya. Namun kali ini kami akan membahas lebih spesifikasi mengenai macam-macam ukurannya.

Sebelumnya bentuk baja ringan yang sering digunakan akan bentuk “canal” atau “C” dan juga “omega”. Kedua bentuk tersebut dapat digunakan untuk penyusun konstruksi dari baja ringan. Baja ringan dengan bentuk canal atau omega ini dapat kalian temukan di beberapa toko bangunan atau di jasa pemasangan baja ringan. Bentuk juga sering dianggap sebagai bentuk profil baja ringan yang juga merupakan profil tertua pada material batang baja ringan.

Penampang profil ini juga sudah digunakan pada baja konvensional jauh sebelum ada isitilah baja ringan hadir yang hingga sampai saat ini masih digunakan.Pada profil canal atau C ini juga memiliki kekurangan, baja ringan ini memiliki kelebihan utama yaitu pada saat digabungkan, dua profil C yang saling berhadapan disatukan menjadi box atau kotak. Desain ukuran dan juga jenis profil baja ringan juga memiliki jenis lain.

Seperti apa saja jenis baja ringan yang dapat kita ketahui, lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai ukuran baja ringan dan jenis desain profil terbaru yang dapat langsung kalian simak berikut ini.

Ukuran Baja Ringan Dan Jenis Desain Profil Terbaru

"<yoastmark

Jenis Baja Ringan

Terkait dengan dimensi ukuran dan tebal yang umum digunakan pada sebuah kontruksi pada umumnya memiliki tebal 0,75 mm hingga 1,00 mm pada batang utama kuda-kuda. Sedangkan untuk reng, tebal yang digunakan mulai dari 0,40 hingga 0,60 mm. Dan sementar itu ukuran tinggi profil juga bervariasi, yaitu mulai dari 70 mm hingga 100 mm. Lalu pada batten/reng, tinggi mulai dari 31 mm hingga 60 mm. Variasi ukuran tersebtu ditujukan untuk menyesuaikan dengan beban dan juga kekuatan yang disokong nantinya.

1. TRUS / Kaso Metal Baja Ringan

Kaso berbahan plat baja yang dilapisi dengan seng dan juga aluminium sering kita kenal dengan nama Galvalum, akan tetapi ada juga yang berbahan dasar galvanis. Tinggi profil C ini berukuran 75 cm dengan panjang 6 meter dan tebal bervariasi mulai dari 0,60 mm, 0,65 mm, 0,70 mm, 0,75 mm sampai 1 mm. Profil ini sering digunakan sebagai rangka atap baja ringan dan juga kuda-kuda utama baja ringan.

2. Reng Baja Ringan

Reng baja ringan memiliki bentuk trapesium dan biasanya digunakan untuk peletakan atap. Pada umumnya ukuran dari berbagai model yang satu ini memiliki tebal 0,45, tinggi 28 mm hingga 40 mm. Semakin tinggi profil reng maka akan semakin kuat konstruksinya. Apabila kalian menggunakan genteng beton atau genteng keramik kami sarankan untuk menggunakan reng dengan tinggi minimal 30 mm.

3. Taso Baja Ringan

Dan yang terakhir adalah Taso baja ringan. Ukuran model baja ringan yang satu ini adalah 0,75 untuk tebalnya dan 1 mm unutk tingginya, sedangkan untuk lebarnya berukuran 3,5 cm dengan panjang 6 meter per batang.

Baca  9 Cara Menyambung Baja Ringan Sendiri Secara Praktis

Nah itulah beberapa informasi mengenai ukuran dari baja ringan dan jenis desain profil terbaru. Ukuran baja ringan diatas untuk jenis masing-masing profil serta keguanaanya juga berbeda-beda. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai ukuran dan jenis desain profil baja ringan terbaru, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.