15 Ukuran Standar Meja dan Kursi Makan 2021 : Panjang, Lebar & Tinggi

Ukuran Standar Meja dan Kursi Makan – Meja makan di rumah bukan hanya berfungsi sebagai tempat kita menyantap hidangan saja. Namun, meja makan juga bisa menjadi tempat berkumpul keluarga pada saat waktu makan siang ataupun makan malam.

Sehingga kalian harus menata meja dan kursi yang tepat untuk membuat keluarga nyaman pada saat berkumpul. Proses penataan meja dan kursi makan juga memiliki beberapa faktor penting yang harus kalian perhatikan seperti material dan ukuran.

Memang meja makan dengan ukuran yang cukup besar dapat membuat penghuninya merasa lebih leluasa. Meskipun demikian, bukan berarti meja dan kursi makan yang berukuran kecil tidak akan membuat nyaman penggunanya.

Oleh sebab itu, penting untuk kalian ketahui mengenai ukuran meja dan kursi makan yang pas untuk diletakkan dirumah. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai ukuran standar meja dan kursi makan mulai dari panjang, lebar hingga tingginya.

Ukuran Standar Meja dan Kursi Makan : Panjang, Lebar & Tinggi

Ukuran Standar Meja dan Kursi Makan

Tentunya ukuran meja dan kursi makan yang pas akan membuat penggunanya merasa nyaman. Oleh karena itu, kalian harus mengerti dan paham berapa ukuran standar meja dan kursi makan. Bagi kalian yang penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik pembahasan berikut ini.

Alasan Ukuran Meja dan Kursi Makan Harus Standar

Merancang atau menata meja dan kursi makan harus dapat membuat orang merasa nyaman pada saat duduk. Selain itu, ukuran standar ini juga berfungsi agar orang yang sedang makan tidak bersinggungan dengan yang ada disebelahnya. Perlu kalian ketahui, terdapat cukup banyak ketentuan yang mengatur tentang standar panjang, lebar serta tinggi kursi dan meja makan.

Ukuran Standar Meja Makan

Ukuran Standar Meja Makan

Meja makan bisanya terbuat dari material seperti kayu, besi, keramik atau bahkan marmer. Namun, jika kalian menginginkan meja makan yang memberikan kesan rustic, kalian bisa menggunakan KAYU JATI sebagai material utamanya.

Tinggi standar meja makan dari lantai umumnya adalah 73 cm hingga 80 cm. Tinggi tersebut juga dapat disesuaikan dengan tinggi kursi makan. Namun, jika kalian menginginkan meja makan yang santai, kalian bisa menurunkan hingga 70 cm sampai 75 cm dari lantai dengan tebal permukaan meja sekitar 10 cm.

Sedangkan untuk panjang dan lebar meja makan dapat disesuaikan dengan variasi desain meja, apakah berbentuk lingkaran, oval, persegi atau persegi panjang. Berikut adalah tabel untuk ukuran meja makan lengkap dengan jumlah kursinya.

Meja Makan Bundar atau Persegi

UkuranJumlah Kursi
36 – 48 Inci4
60 Inci6
72 Inci8

Meja Makan Oval atau Pesegi Panjang

UkuranJumlah Kursi
72 Inci6
96 Inci8
120 Inci10

Ukuran Standar Kursi Makan

Ukuran Standar Kursi Makan

Ukuran standar dudukan kursi makan yaitu memiliki tinggi antara 44 hingga 50 cm dari lantai ke kursi. Perlu kalian ketahui, rata-rata kursi makan lebih tinggi dibandingkan dengan sofa atau kursi santai lainnya.

Dimensi untuk panjang kursi makan berkisar antara 50 cm sampai dengan 60 cm dan lebar berkisar antara 45 cm hingga 55 cm. Sedangkan untuk tinggi sandaran biasanya dibuat dengan ukuran 3/4 dari punggung yang menyandar atau sekitar 45 cm sampai 60 cm.

Pada dasarnya, kursi makan jarang menggunakan sandaran tangan atau lengan kursi. Hal itu dikarenakan agar kursi dapat disodorkan ke bawah atau kolong meja setelah selesai digunakan. Namun, jika kalian menginginkan kursi dengan lengan, kalian bisa membuatnya dengan tinggi sandaran tangan antara 19 cm hingga 25 cm.

Tips Menata Meja dan Kursi Makan

Tips Penataan

Setelah mengetahui ukuran standar meja dan kursi makan, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menatanya agar nyaman pada saat digunakan. Di bawah ini akan kami berikan beberapa tips terbaik dalam menata meja dan kursi makan untuk rumah minimalis.

  • Memadukan tema dan warna meja dan kursi makan untuk memperindah suasana.
  • Hangatkan suasana meja makan dengan tisu, lilin atau bunga yang segar.
  • Pertimbangkan siapa yang akan menggunakan serta kondisi sekitar meja dan kursi makan.
  • Mempersiapkan peralatan makan yang diperlukan sesuai dengan gaya penataan.
  • Memperhatikan dan memahami gaya penataan yang sering digunakan supaya tatanan meja dan kursi makan semakin menawan.

Itulah sekiranya yang dapat Bursabajaringan.com sampaikan mengenai ukuran standar meja dan kursi makan lengkap dengan tips penataannya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak membuat atau merancang meja dan kursi makan untuk diletakkan di rumah.

You May Also Like
About the Author: indra
Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua