Ukuran Triplek dari Keunggulan & Semua Jenis Triplek

Ukuran Triplek – Triplek merupakan salah satu bahan bangunan yang pasti ada disetiap proses membangun sebuah gedung, rumah ataupun bangunan lainnya. Dimana triplek juga dikenal sebagai nama kayu lapis. Triplek ini sejenis papan pabrikan yang terdapat lapisan kayu yang direkatkan secara bersamaan.

Banyak alasan kenapa triplek sering digunakan diantaranya bersifat fleksibel, harga triplek murah, bisa di daur ulang dan tidak mempunyai teknik pemasangan yang rumit. Lapisan kayu lapis atau triplek memiliki ketebalan dan ukuran yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan semakin banyak kebutuhkan masyarakat terhadap triplek.

Jadi mau tidak mau produsen pembuat triplek membuat berbagai macam ukuran triplek dipasaran. Perlu kalian ketahui juga bahwa selain ukuran triplek beragam. Jenis triplek yang beredar dipasaran juga tidak hanya satu jenis saja.

Ada beberapa jenis triplek yang wajib untuk kalian ketahui diantaranya triplek particle board, multiplek atau Plywood, Blockboard,  dan jenis triplek lainnya. Yang akan kami bahas secara tuntas di artikel ini.

Ukuran Triplek dari Keunggulan dan Semua Jenis Triplek

Ukuran Triplek dari Keunggulan dan Semua Jenis Triplek

Untuk lebih memudahkan kalian memahami ukuran triplek yang beredar dipasaran. Maka kami akan membagikan informasinya pada beberapa bagian mulai jenis triplek, keunggulan triplek, kekurangan triplek dan ukuran triplek. Yang semoga informasi ini bisa membantu kalian dalam memilih triplek yang sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Triplek

Jenis Triplek

1. Particle Board

Particle Board merupakan jenis triplek yang dibuat dengan mencetak serpihan-serpihan kayu sehingga nantinya berbentuk sebuah papan. Triplek ini memiliki kualitas yang kurang bagus karena rentang terhadap air.

Particle Board

Selain itu particle board juga daya dukungnya sangat rendah. Umumnya triplek ini digunakan untuk bahan baku furniture. Dikarenakan harga particlek Board ini sangat murah.

2. Multiplek

Triplek multiplek terbuat dari kulit kayu berlapis-lapis. Dimana kulit kayu tersebut di press dengan tekanan yang tinggi.

Multiplek

Ia memiliki tekstur rapat, kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap air. Biasanya multiplek bisa bertahan dalam jangka waktu puluhan tahun.

3. Blockboard

Blockboard merupakan triplek yang terbuat dari 3 lapisan kayu yang digabungkan menjadi 1 bagian. Dua lapisan luarnya mempunyai ketebalan tipis, sedangkan untuk ukuran lapisan dalam memiliki ketebalan 0,5 sampai 2 mm.

Blockboard

Umumnya blockboard menggunakan lapisan dalamnya pakai kayu akasia. Terkadang juga menggunakan kayu meranti. Sehingga sangat kuat dan tidak mudah dibengkokkan.

4. Teakblock

Jenis triplek selanjutnya adalah triplek teakblock. Dimana teakblock terbuat dari lembaran papan kayu jati.

Teakblock

Harga triplek teakblock memang sangat mahal karena terbuat dari bahan baku kayu jati. Jadi jangan heran jika kekuatan teakblock ini sangatlah kuat.

5. MDF

MDF merupakan triplek serat kayu yang berasal dari campuran kayu lunak dan kayu keras. Serat-serat kayu tersebut dilem lalu dicetak pada mesin.

MDF

Jika dibandingkan dengan susunan pori-pori yang ada di particle board. Maka MDF jauh lebih baik, umumnya triplek ini digunakan untuk furniture interior.

6. Melamin

Triplek melamin merupakan triplek yang dikenal juga dengan melaminto atau decorative plywood. Biasanya digunakan memperindah tampilan sebuah papan kayu.

Melamin

Melamin ini dilapisi oleh bahan polyester dan membuatnya memiliki warna serta teksturnya licin. Kebanyakan triplek jenis ini digunakan untuk white board ataupun kitchen set.

Keunggulan Triplek

Keunggulan Triplek

  • Dalam penggunaannya triplek sangat praktis dan mudah
  • Memiliki tingkat ketahanan yang lebih tinggi
  • Ukuran tidak akan berubah ataupun menyusut
  • Tersedia dalam berbagai ukuran dan tebal
  • Tahan terhadap segala kondisi cuaca
  • Teksturnya halus dan presisi
  • Harga triplek terbilang murah
  • Bisa di daur ulang kembali

Kekurangan Triplek

Kekurangan Triplek

  • Tidak cocok digunakan untuk bahan baku yang bersifat luar ruangan
  • Pengangkatan triplek cukup sulit jika untuk pemasangan plafon

Ukuran Triplek

Ukuran Triplek

  • Triplek 3 mm : Ukuran 2440 mm x 122 mm x 3 mm (96 inch x 48 inch x 1/8 inch)
  • Triplek 6 mm : Ukuran 2440 mm x 122 mm x 6 mm (96 inch x 48 inch x 1/4 inch)
  • Triplek 9 mm : Ukuran 2440 mm x 122 mm x 9 mm (96 inch x 48 inch x 3/8 inch)
  • Triplek 12 mm : Ukuran 2440 mm x 122 mm x 12 mm (96 inch x 48 inch x 1/2 inch)
  • Triplek 15 mm : Ukuran 2440 mm x 122 mm x 15 mm (96 inch x 48 inch x 5/8 inch)
  • Triplek 18 mm : Ukuran 2440 mm x 122 mm x 18 mm (96 inch x 48 inch x 3/4 inch)
  • Triplek 25 mm : Ukuran 2440 mm x 122 mm x 25 mm (96 inch x 48 inch x 1 inch)
  • Triplek 32 mm : Ukuran 2440 mm x 122 mm x 32 mm (96 inch x 48 inch x 1-1/4 inch)

Itulah informasi mengenai ukuran triplek, jenis triplek, keunggulan dan kekurangan papan kayu triplek. Semoga informasi yang kami beritahukan diatas bisa berguna untuk kalian yang memang sedang mencari referensi ukuran kayu triplek yang berada dipasaran saat ini.

You May Also Like

About the Author: Ari

Hobi Sekali Mengikuti Perkembangan Dunia Arsitektur