√ Dasar Dasar Konstruksi Bangunan 2021 : Semua Bagian & Bahan

Dasar Dasar Konstruksi Bangunan – Memiliki rumah pribadi memang menjadi impian bagi semua orang, terutama bagi mereka yang sudah memiliki pasangan atau sudah berkeluarga. Pasalnya dengan memiliki rumah sendiri, kalian akan lebih bebas untuk melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari.

Sebelum membangun sebuah hunian, tentunya ada beberapa hal penting yang harus kalian perhatikan dan pertimbangkan. Hal itu bertujuan agar rumah yang kalian bangun nantinya dapat berdiri dengan kokoh dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Maka dari itu, penting untuk kalian ketahui mengenai dasar-dasar konstruksi sebuah bangunan, entah itu konstruksi gedung ataupun perumahan. Dengan mengerti dan memahami dasar-dasar konstruksi bangunan, kalian jadi bisa memiliki gambaran bentuk hunian yang diinginkan.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai dasar-dasar atau landasan konstruksi sebuah bangunan, entah itu gedung ataupun perumahan. Tanpa berlama-lama lagi langsung saja kalian simak ulasan dasar dasar konstruksi bangunan di bawah ini.

Dasar Dasar Konstruksi Bangunan : Semua Bagian & Bahan

Dasar Dasar Konstruksi Bangunan

Ketika kalian mendengar sebutan konstruksi bangunan, biasanya kalian akan langsung membayangkan gedung, rumah ataupun ruko. Di dalam konstruksi bangunan tersebut tentunya memiliki beberapa bagian yang harus kalian ketahui. Bagi kalian yang penasaran bagian apa saja yang terdapat pada dasar dasar konstruksi bangunan, simak baik-baik pembahasan berikut ini.

Bangunan Bagian Bawah

Bagian bawah bangunan merupakan salah satu faktor penting yang harus kalian ketahui. Di mana bagian bawah konstruksi bangunan ini harus ada karena berfungsi sebagai tempat untuk berdirinya sebuah bangunan. Bagian-bagian bawah bangunan tersebut di antaranya yaitu seperti berikut ini.

Pondasi

Pondasi Bangunan

Fondasi atau PONDASI ini menjadi bagian konstruksi sebuah bangunan yang berhubungan dengan tanah. Struktur ini berfungsi untuk menahan seluruh beban bangunan agar dapat berdiri dengan kokoh.

Pondasi sendiri juga memiliki beragam jenis, seperti pondasi tapak, cakar ayam hingga batu kali. Konstruksi yang satu ini harus dibuat di tempat yang tepat dan aman agar memenuhi kriteria fondasi yang baik.

Balok Sloof

Konstruksi Bangunan Balok Sloof

Balok sloof berguna sebagai pengikat mulai dari bagian bawah hingga setiap kolom yang bertumpu pada fondasi bagian atas. Selain itu, balok sloof juga berfungsi untuk menahan beban bangunan supaya tetap rata. Struktur yang satu ini mampu mengurangi penurunan bangunan yang dapat disebabkan oleh perbedaan kemampuan tanah dalam menahan beban suatu bangunan.

Bangunan Bagian Atas

Selain bagian bawah, hal penting lainnya dalam membangun hunian yang harus kalian perhatikan yaitu bangunan bagian atas. Bangunan bagian atas ini ialah struktur yang berada di atas lantai atau di atas permukaan tanah yang tentunya ditopang oleh bagian bawah bangunan. Di bawah ini adalah beberapa bangunan bagian atas yang ada di dalam dasar dasar konstruksi bangunan.

Dinding

Dinding Bangunan

Tembok atau dinding ialah struktur bangunan bagian atas yang diletekan setelah balok sloof. Konstruksi ini berguna sebagai penutup pada bagian interior bangunan. Apabila dilihat dari bahan dasar pembuatannya, dinding dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu dinding tradisional, semi permanen serta modern atau beton.

Ring Balok (Kolom)

Ring Balok atau Kolom

Ring balok atau kolom adalah bagian bangunan dengan bentuk seperti tiang yang terletak di antara setiap dinding-dinding bangunan. Struktur yang satu ini memiliki fungsi sebagai tumpuan dari konstruksi atap sebuah bangunan.

Selain itu ring balok juga berguna sebagai pengikat pasangan dinding yang berbeda agar bangunan tidak roboh. Umumnya struktur bangunan yang satu ini terbuat dari bahan dasar seperti beton, besi baja tulangan ataupun cetakan beton.

Ventilasi

Ventilasi Bangunan

Dasar dasar konstruksi bangunan yang berada di bagian atas selanjutnya yaitu ventilasi. Seperti yang sudah kalian ketahui, ventilasi merupakan sebuah tempat untuk sirkulasi atau keluar masuknya udara dari luar rumah. Penerapan bentuk ventilasi tersebut di antaranya yaitu seperti pintu atau jendela yang ada pada dinding bangunan.

Balok Latei

Balok Latei

Balok intel atau balok latei ini berada di atas sebuah pintu atau jendela bangunan. Struktur yang satu ini memiliki fungsi untuk menahan beban bangunan terhadap kusen. Dengan begitu kusen dapat berdiri dengan tegak dan kokoh dan tidak akan melengkung ataupun patah.

Kuda-Kuda

Kuda Kuda

Sebenarnya kuda-kuda ini berguna untuk memperkuat atau memperkokoh bagian-bagian atap berupa usuk, reng hingga genteng. Umumnya struktur yang satu ini terbuat dari bahan dasar kayu ataupun baja ringan.

Atap

Atap Bangunan

Struktur penting sebuah bangunan selanjutnya yang berada di bagian atas yaitu ATAP. Konstruksi atap ini berguna sebagai pelindung seluruh bagian sebuah hunian baik itu interior ataupun eksterior dari perubahan cuaca sehari-harinya. Oleh karena itu, pilihlah material atap yang sudah terjamin kualitasnya agar mampu melindungi rumah dari cuaca ekstrim sekalipun.

Itulah sekiranya yang dapat Bursabajaringan.com sampaikan mengenai dasar dasar konstruksi bangunan mulai dari bagian bawah hingga bagian atas. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan bisa menjadi gambaran kalian ketika hendak membangun rumah idaman.

You May Also Like
About the Author: indra
Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua