17 Jenis Batu Alam Terbaik untuk Desain Rumah Modern

Jenis Batu Alam – Selain kayu dan juga besi, batu juga menjadi salah satu material penting untuk pembangunan sebuah atau proyek lainnya. Dimana batu sendiri biasanya wajib untuk digunakan sebagai pondasi sebuah bangunan, entah itu rumah, gedung atau lainnya. Perlu kalian ketahui bahwa batu ini memiliki banyak jenis. Batu tersebut juga banyak yang dibuat dengan motif menarik untuk mempercantik dinding rumah atau lain sebagainya. Sebagai contoh batu alam granit, marmet dan lainnya.

Pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa jenis batu alam terbaik yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan dinding rumah kalian. Sebelum ke pembahasan utama, kami akan menginformasikan harga batu alam dinding terlebih dahulu. Dimana harga batu alam ini dibanderol dengan cukup terjangkau. Harga yang ditawarkan juga bisa per meter atau per batang. Untuk harga per meter batu alam andesit ini dibanderol dengan harga Rp 90 ribu sampai Rp 180 ribu.

Setiap orang tentu menginginkan tampilan rumah mereka terlihat menarik dan berkesan. Maka dari itu untuk penggunaan batu alam dinding dapat kalian pilih sesuai dengan selera masing-masing. Ada banyak sekali jenis batu alam yang dijual di pasaran, mulai dari batu palimanan, andesit, marmer, granit, templek, candi dan masih banyak jenis batu alam lainnya. Bagi kalian yang mungkin suka dengan nuansa alami, kalian dapat menggunakan batu jenis candi atau andesit.

Untuk nuansa elegan dan mewah dapat kalian pilih batu marmer karena memiliki banyak sekali corak. Pemasangan batu alam ini juga harus membutuhkan tukang yang ahli dalam bidang ini agar nantinya hasilnya memuaskan. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengengani jenis batu alam terbaik untuk desain rumah modern yang telah kami siapkan berikut ini.

Baca  Harga Kran Shower Semua Merk Terbaru 2020

Jenis Batu Alam Terbaik untuk Desain Rumah Modern

Jenis Batu Alam

1. Batu Palimanan

Batu Palimanan

Yang pertama adalah batu palimanan. Batu ini merupakan batu alam yang berasal dari Palimanan Cirebon. Diproduksi di daerah Gunung Cermai dan sangat terkenal akan keawetannya. Kalian dapat menggunakan batu ini untuk dinding rumah kalian, kemudian kolam, taman dan dinding pagar.

2. Batu Gamping

Batu Gamping

Batu Gamping juga dikenal dengan nama batu kapur. Kualitas batu ini juga sangat baik, dimana mampu bertahan dengan segalam macam cuaca yang ada di Indonesia. Batu gamping memang identik dengan warna putih, namun ada beberapa warna lain yang dapat kalian pilih seperti coklat, abu-abu, biru dan merah mudah.

3. Batu Marmer

Batu Marmer

Batu Marmer atau Marble ini sering dipakai banyak orang karena dapat dengan mudah dibentuk menurut keinginan si pemilik rumah. Dengan permukaan warna yang mengkilap, batu ini dapat membuat tampilan dinding atau lantai rumah menjadi mewah dan modern. Perlu kalian ketahui juga bahwa batu marmer ini sangat sensitif terhadap cuaca, jadi sebisa mungkin hindari pemasangan pada dinding luar rumah.

4. Batu Granit

Batu Granit

Batu yang satu ini pada umumnya diasah dan dipotong-potong untuk dijadikan lantai. Lantai dengan batu granit akan terasa lebih dingin dan tidak licin dibandingkan dengan penggunaan keramik lantai. Karena memilik sifat yang kuat dan tahan terhadap cuaca, batu ini juga kerap dijadikan bahan bangunan seperti jembatan, kolam ikan, kolam renang dan gedung-gedung.

5. Batu Candi

Batu Candi

Jenis batu alam yang selanjutnya adalah batu candi. Batu ini tidaklah sama dengan batu jaman dahulu yang dibuat untuk membuat candi. Batu ini memiliki komposisi yang berbeda dengan batu andesit, yang mana biasa digunakan untuk membangun bangunan pada zaman dahulu.

6. Batu Andesit

Batu Andesit

Lalu kemudian juga ada batu Andesit. Batu ini merupakan batu yang berasal dari proses erupsi gunung berapi. Batu ini sering dijadikan sebagai bahan pembangun dinding rumah karena memiliki karakteristik yang kuat dan tahan segala cuaca.

Baca  Pengertian dan Macam Jenis Lisplang yang Wajib Diketahui

7. Batu Templek

Batu Templek

Batu Templek juga menjadi salah satu jenis batu alam yang dapat kalian gunakan untuk menghias dinding rumah kalian. Batu ini memiliki bentuk lempengan tipis yang kuat. Batu Templek juga memiliki kelebihan tidak gampang berlumut dan mudah dirawat.

8. Batu Sukabumi

Batu Sukabumi

Seperti dengan namanya, batu ini berasal dari Sukabumi yang juga termasuk batu langka di dunia. Memiliki warna hijau, batu Sukabumi kerap dijadikan sebagai lantai kolam renang, kolam ikan dan juga pancuran. Keunggulan batu ini adalah sifatnya yang anti licin, sejuk, anti air dan memiliki senyawa Zeoilit yang mampu menjernihkan air.

9. Batu Paras Jogja

Batu Paras Jogja

Bagi kalian yang menginginkan rumah dengan desain minimalis. Penggunaan Batu Paras Jogja sepertinya sangat cocok untuk menghias dinding rumah kalian. Batu ini kerap dijadikan sebagai material penutup dinding rumah, namun karena warnanya yang terang dan permukaan yang kasar, kalian harus ekstra dalam hal perawatannya. Karena batu ini mudah sekali berlumut jika tidak dirawat dengan baik.

10. Batu Sabak

Batu Sabak

Batu Sabak juga dikenal sebagai batu kali, dimana saat ini banyak sekali yang menggunakan batu ini sebagai penghias eksterior rumah. Harga yang cukup murah menjadikan batu ini laris manis dipasaran, terlebih warna yang cantik dan terkesan natural.

11. Batu Koral

Batu Koral

Bagi kalian yang mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama batu ini. Batu Koral bisa kalian jadikan sebagai batu hiasan taman dan bangunan. Ada juga beberapa yang mengaplikasikan batu ini sebagai lantai karena berfungsi untuk merileksasi otot-otot tegang pada tubung kita.

12. Bluestone

Bluestone

Kemudian jenis batu alam yang selanjutnya adalah Bluestone. Batu ini merupakan batu yang diimpor dari Amerika Serikat. Tekstur dan komposisi Bluestone ini mirip dengan batu templek, hanya saja warnanya berbeda.

Baca  11 Kelebihan dan Kekurangan Batu Alam untuk Bangunan Rumah

13. Batu Karang

Batu Karang

Batu Karang menjadi salah satu batu alam yang dapat kalian temui di sisi pantai. Selain dapat mempercantik dinding rumah, kalian juga dapat menggunakannya sebagai lantai dasar kolam ikan atau akuarium rumah.

14. Batu Putih Cacing

Batu Putih Cacing

Batu Cacing Putih ini berasal dari Cirebon yang merupakan batu alam Sandstone. Sandstone atau butiran pasir yang mengeras menjadi tekstur unik dari batu yang satu ini. Jika dilihat dari dekat, batu ini memiliki benang-benang cacing halus yang berwarna hitam sebagai corak pemanis batu yang satu ini.

15. Batu Mozaik

Batu Mozaik

Lalu ada Batu Mozaik yang dikenal juga dengan nama lain Wall Clading. Wall Clading merupakan susunan dari penggabungan beberapa jenis batu alam yang kemudian diikat menjadi satu rangkai dengan menggunakan media jaring khusus.

16. Batu Palem

Batu Palem

Batu Palem memiliki tekstur yang mirip dengan batu Palimanan. Batu ini biasa digunakan sebagai dinding interior dan juga eksterior. Batu Palem memiliki warna yang lebih kuning dibandingkan batu Palimanan yang memiliki warna lebih kecoklatan.

17. Batu Breksi

Batu Breksi

Dan jenis batu alam yang terakhir adalah Batu Breksi. Batu Breksi berasal dari Jogja. Batu Breksi sangat cocok untuk menghias dinding rumah dalam maupun luar.

Nah itulah beberapa jenis batu alam yang dapat kalian pahami dan sangat wajib untuk diketahui. Terlebih bagi kalian yang mungkin senang dengan rumah bernuansa alami serta modern. Baiklah hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua.