17 Cara Menghilangkan Lumut pada Kolam Ikan & Tips Perawatan 2020

Cara Menghilangkan Lumut pada Kolam Ikan – Buat kalian yang gemar memelihara ikan di kolam, pastinya harus tau betul bagaimana cara merawat ikan tersebut dan juga bagaimana cara agar kolam tidak berlumut. Namun bagi kalian yang mungkin belum tahu cara menghilangkan lumut di kolam ikan, kalian dapat simak artikel kali ini.

Seperti kita ketahui, rumah dengan halaman yang luas tentunya akan sangat cocok untuk dibuat taman, terlebih jika ditambah adanya kolam ikan pastinya akan sangat terlihat asri. Bunyi gemricik air kolam dan ikan warna-warni memang terlihat indah ketika dipandang ketika dalam keadaan bosan.

Dengan adanya kolam ikan di rumah kalian, perawatan sebuah kolam ikan memang harus benar-benar dijaga, jangan sampai kotor apalagi menjadi sarang dari lumut-lumut yang dapat mengurangi pemandangan dari kolam ikan tersebut. Berbicara mengenai hal ini, bursabajaringan.com akan membahas mengenai cara menghilangkan lumut pada kolam ikan.

Selain memberikan informasi mengenai caranya, kami juga akan memberikan beberapa tips agar kolam tidak mudah untuk ditumbuhi lumut. Baiklah, daripada penasaran sebaiknya langsung saja simak informasi lengkap yang telah kami sajika di bawah ini.

Cara Menghilangkan Lumut pada Kolam Ikan & Tips Pencegahannya

Cara Menghilangkan Lumut pada Kolam Ikan

Perlu kalian ketahui bahwa dengan banyaknya lumut yang ada di kolam ikan, memang dapat menjadi sumber makanan bagi ikan. Namun jika populasinya melebihi batas normal, hal ini dapat membahayakan ikan serta merusak keindahan kolam ikan tersebut.

Penyebab Kolam Banyak Ditumbuhi Lumut

Ada beberapa penyebab mengapa kolam ikan banyak ditumbuhi oleh lumut, antara lain adalah:

  • Sinar matahari langsung dapat memicu pertumbuhan spora menjadi lumut.
  • Banyaknya bahan sisa makanan ikan dan juga kotoran juga dapat menjadi faktor kolam ikan banyak ditumbuhi lumut.

Cara Alami Menghilangkan Lumut pada Kolam Ikan

Membersihkan Lumut pada Kolam Ikan

Untuk mengatasi masalah ini, kalian dapat mengikuti beberapa cara yang akan kami sampaikan di bawah ini:

1. Kurangi Sinar Matahari

Cara yang pertama adalah dengan mengurangi sinar matahari langsung ke kolam ikan. Untuk yang sudah terlanjur membuat kolam ikan di area yang terbuka, kalian dapat menutup area kolam dengan kanopi atau menanam pohon-pohon yang rindang agar kolam tidak terlalu mendapat paparan sinar matahari secara langsung.

Nah buat kalian yang baru berencana membuah sebuah kolam ikan, alangkah baiknya jika kalian membuat kolam ikan di area yang teduh dan terlindungi dari sinar matahari.

2. Pemasangan Filter Kolam

Selanjutnya adalah dengan memasang filter pada kolam. Filter ini mampu menghilangkan lumut pada kolam serta membuat air yang ada di dalam kolam menjadi tetap jernih. Filter kolam ini memang di desain untuk kepentingan sirkulasi air kolam agar tetap stabil.

3. Kurangi Populasi Ikan di Kolam

Kemudian kalian juga dapat mengurangi populasi ikan agar tidak terlalu banyak lumut yang ada di dalam kolam. Populasi ikan yang terlalu banyak dan tidak sesuai dengan volume kolam akan mempercepat air menjadi keruh dan sudah pasti dapat ditumbuhi lumut dengan sangat mudah.

4. Pelihara Ikan Pemakan Lumut

Cara selanjutnya adalah dengan memelihara beberapa ikan pemakan lumut. Ikan jenis ini banyak dijual di toko-toko ikan hias, namun untuk urusan ini, ikan sapu-sapu dapat menjadi solusi utama untuk menghilangkan lumut. Kalian dapat memelihara ikan jenis ini sebanyak 3-5 ekor.

5. Bersihkan Kolam dengan Rutin

Membersihkan secara rutin adalah kegiatan yang wajib dilakukan jika kalian memiliki sebuah kolam ikan. Dengan kalian membersihkan kolam secara rutin, kolam akan lebih terlihat bersih dan jarang ditumbuhi oleh lumut. Untuk membersihkan kolam, kalian dapat melakukannya seminggu sekali.

6. Gunakan Kapur Dolomit

Cara merawat kolam agar tidak berlumut, kalian dapat menggunakan kapur dolomit. Jenis kapur ini dapat dimanfaatkan untuk meingkatkan derajat keasaman air sehingga lumut akan sulit berkembang di kolam ikan kalian.

7. Menanam Tumbuhan Air

Kalian juga dapat menempakan beberapa tumbuhan air seperti enceng gondok, teratai dan sejenisnya. Jenis tanaman tersebut dapat meminimalisir pertumbuhan lumut di kolam ikan kalian. Tumbuhan ini juga dapat menjadi pesaing lumut untuk mengambil nutrisi di dalam air.

8. Menambahkan Bakteri Pengurai

Dan yang terakhir dalah dengan menambahkan beberapa bakteri pengurai seperti bakteri nitrobachter. Bakteri ini bermanfaat untuk habitat kolam ikan untuk membantu mengurai lumut. Cara pemakaiannya juga cukup mudah, yakni dengan menuangkan bakteri tersebut ke dalam kolam sesuai takaran yang sudah ditentukan. Selain itu, bakteri ini juga dapat membuat air kolam menjadi tetap jernih.

Tips Merawat Kolam Ikan Agar Tidak Berlumut

Jenis Bahan Alami Pembersh Kolam Ikan

Ada juga beberapa tips yang dapat kalian terapkan untuk membantu kolam agar tidak mudah ditumbuhi lumut, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menambahkan Batu Zeloit pada Kolam

Batu zeloit ini berfungsi untuk menghilangkan lumut yang menempel di dinding kolam. Batu ini dapat menyebarkan karbon aktif sebagai penyerap zat-zat berbahaya yang salah satunya adalah reduksi ammonia.

2. Memasang Lampu Ultra Violet

Kalian juga dapat menambahkan beberapa penerangan dengan menggunakan lampu ultra violet. Dengan adanya lampu ini menjadikan lumut tidak mudah hidup di kolam, karena tidak sesuai dengan lingkungan hidup algae, sehingga lumut akan menggumpal dan mati.

3. Gunakan Penutup Kain di Atas Kolam Ikan

Terakhir adalah dengan menggunakan kain sebagai penutup kolam agar tidak terlalu terpapar sinar matahari langsung. Kemampuan fotosintetis lumut juga akan sedikit terhambat pertumbuhannya. Akan tetapi jika kolam ada di sekitar pohon rindang, alangkah baiknya jika kalian menggunakan penutup jaring.

Sebab, daun yang berguguran dari pohon dan jatuh ke kolam dan dibiarkan terlalu lama akan layu dan membusuk yang tentu menjadi penyebab bertambahnya ammonia di dalam kolam.

Jenis Bahan Alami Penghilang Lumut

Perlu kalian ketahui juga bahwa ada beberapa bahan alami yang dapat kalian gunakan untuk menghilangkan lumut yang ada di kolam ikan kalian. Bahan-bahan tersebut antara lain adalah:

  • Cuka
  • Garam
  • Baking Soda
  • Bata Merah

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara menghilangkan lumut pada kolam ikan yang dapat kalian simak diatas. Perawatan kolam ikan memang harus dilakukan secara rutin agar tidak terlalu banyak lumut yang tumbuh.

Dengan banyaknya lumut yang tumbuh, hal ini dapat menyebabkan ikan tersebut menjadi kurang sehat. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat bursabajaringan.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa baca artikel lain mengenai BIAYA PEKERJAAN LANSKAP di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua