7 Cara Merawat Lantai Vinyl Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Lantai Vinyl – Penggunaan lantai jenis vinyl saat ini banyak dipilih oleh sebagian orang. Disamping memiliki tampilan yang menarik, mewah dan elegan, lantai ini juga memiliki banyak varian motif yang dapat kita pilih sesuai dengan selera masing-masing. Walaupun dari segi harga, harga lantai Vinyl ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal per meternya.

Perlu kalian ketahui juga bahwa lantai ini terbuat dari material PVC (Polyvinyl Chloride). Lapisan terluar dari material ini merupakan UV Coated Wear Layer yang menjadikan permukaan lantai ini tampak mengkilap dan licin. Penggunaan lantai ini tentu akan memudahkan penghuni rumah untuk menghadirkan nuansa kayu pada ruangan sehingga tidak perlu menggunakan material kayu asli.

Berbicara mengenai segi perawatan, ini akan menjadi topik pembahasan utama kami. Cara merawat lantai vinyl agar awet dan tahan lama. Kandungan dasar lantai ini menjadikannya tahan terhadap air, akan tetapi tetap saja memerlukan perawatan khusus untuk menjaga keawetannya. Lantai ini juga dapat cepat rusak jika dibersihkan dengan cara yang kasar dan juga salah.

Maka dari itu agar tetap bersih, bebas noda, awet dan selalu kinclong alangkah baiknya kalian mengetahui beberapa cara merawat lantai vinyl secara tepat dan aman. Vinyl sendiri memiliki sifat yang lumayan sensitif jadi harus benar-benar dibersihkan dengan tepat. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan menarik mengenai cara merawat lantai vinyl awet dan tahan lama berikut ini.

Cara Merawat Lantai Vinyl Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Lantai Vinyl

1. Sapu Lantai Secara Rutin

Debu dan kotoran yang sukar dilihat mata jika dibiarkan nantinya akan menumpuk dan mengendap. Hal ini tentu dapat membuat permukaan lantai terlihat kusam dan dapat menimbulkan goresan-goresan. Menyapu secara rutin akan membuat lantai menjadi lebih bersih dan terawat. Disamping itu menyapu juga dapat meminimalisir tergoresnya permukaan lantai akibat gesekan antara partikel kotoran dengan permukaan lantai.

2. Gunakan Vacuum Cleaner

Selain menyapu kalian juga dapat menggunakan vacuum cleaner atau alat penyedot debut untuk membersihkan lantai. Atur vaccum ke mode beater bar agar dapat bekerja secara maksimal untuk menyedot debu dan kotoran di permukaan lantai hingga ke sudut-sudut yang tidak dapat dijangkau oleh sapu biasa.

3. Pel Lantai Kemudian Keringkan Segera

Setelah selesai menyapu dan juga membersihkan dengan vacuum cleaner, langkah selanjutnya adalah dengan mengepel lantai. Prosenya hampr sama dengan ketika kita megepel lantai keramik biasa, yakni dengan menggunakan air yang dicampur dengan larutan pembersih lantai. Bedanya untuk lantai jenis ini yakni larutan yang digunakan merupakan larutan khusus pembersih lantai vinyl.

Jangan sampai menumpahkan banyak air ke permukaan lantai karena akan membuat vinyl menjadi lembab dan mudah rusak. Jangan pula menggosok permukaan trerlalu kasar untuk mencegah kerusakan lantai vinyl. Setelah selesai segera keringkan lantai dengan kain lap kering dan oleskan konsentrat khusus vinyl untuk mengkilapkan permukaan lantai.

4. Gunakan Larutan Bubuk Baking Soda dan Cuka

Sebagai alternatif, kalian dapat menggunakan larutan bubuk baking soda atau cuka untuk membersihkan permukaan lantai dari kotoran yang membandel dan juga menghilangkan warna kusam pada lantai. Hindarkan juga bahan vinyl dari sorotan matahari langsung karena dapat memudarkan warna vinyl.

5. Segera Keringkan Air yang Tumpah

Jika ada air yang tertumpah di permukaan lantai, kalian harus segera membersihkannya. Seperti sudah disinggung diatas bahwa hal tersebut akan dapat menyebabkan lantai tersebut lembab dan mudah rusak.

6. Gunakan Baby Oil atau Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Goresan Pada Permukaan Lantai

Gunakan baby oil atau minyak zaitun untuk menghilangkan bekas goresang yang ada pada permukaan lantai. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menuangkan minyak pada kain halus kemudian gosokan pelan-pelan pada bagian yang tergores. Cara ini cukup efektif untuk goresan halus atau tidak terlalu dalam.

7. Beri Alas Karpet

Dan yang terakhir adalah dengan memberikan alas karpet diatas lantai vinyl. Karpet lantai banyak dijual dipasaran dengan harga dan juga jenis yang bervariasi, kalian dapat memilih salah satunya untuk menutup lantai vinyl agar aman dari gesekan dan goresan.

Nah itulah beberapa cara merawat lantai vinyl yang dapat kalian simak diatas. Beberapa tips serta trik untuk mengatasi lantai vinyl agar aman dari goresan, gesekan dan tetap kinclong. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua