16 Cara Merawat Lantai Granit Agar Tetap Kinclong

Cara Merawat Lantai Granit – Lantai merupakan salah satu bagian interior rumah dan juga eksterior rumah yang wajib untuk kita rawat dan bersihkan secara rutin. Dapat kita bayangkan jika lantai rumah yang kita miliki selalu bersih dan kinclong tentu akan menambah kesan indah dan betah untuk dihuni.

Maka dari itu kita dapat melakukan pembersihan dan perawatan lantai secara rutin. Lantai rumah ada beberapa jenis yang perlu kalian ketahui, seperti jenis lantai keramik, lantai vinyl, granit dan juga marmer. Nah yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai cara merawat lantai granit agar tetap kinclong dan bersih.

Lantai granit sendiri merupakan salah satu lantai yang memiliki motif unik dan menarik serta memiliki kesan mewah, alami dan elegan. Jadi tidak heran jika banyak masyarakat yang memilih menggunakan lantai jenis untuk bagian lantai rumah yang mereka miliki. Selain memiliki kesan mewah, alami dan natural, lantai ini juga memiliki kekuatan yang sangat baik.

Walaupun demikian kita harus ekstra dalam hal perawatannya. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap mengenai cara merawat lantai granit agar tetap kinclong dan bersih yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Merawat Lantai Granit Agar Tetap Kinclong

Cara Merawat Lantai Granit

Peralatan yang Digunakan

Sebelum kalian memulai untuk membersihkan lantai granit ini, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan, salah satunya adalah peralatan yang digunakan. Agar lantai tetap bersih dan terjaga, kalian dapat menggunakan beberapa alat-alat berikut ini.

  • Lap Microfiber. Lap ini merupakan kain lap bertekstur lembut yang dapat menjaga permukaan lantai granit agar tetap bersih.
  • Pembersih khusus. Pembersih ini biasanya memiliki pH netral dan seimbang yang khusus untuk membersihkan lantai jenis ini.
  • Sealer. Yakni merupakan pelapis pelindung khusus untuk granit agar tidak mudah tergores dan noda tidak mudah meresap.

Peralatan yang Tidak Boleh Digunakan

Kemudian kalian juga wajib memahami apa saja peralatan yang tidak boleh digunakan untuk membersihkan lantai granit ini. Apa saja, mari kita simak berikut ini.

  • Jangan sampai menggunakan vacuum cleaner, karena dapat membuat permukaan penyedot rusak dan rodanya juga dapat membuat lantai tergores.
  • Jangan menggunakan kain lap berbahan kasar, walaupun untuk membersihkan noda berkerak yang mengeras sekalipun.
  • Jangan menggunakan cairan dengan kandungan deterjen dan asam yang tinggi karena akan merusakan material lantai granit.

Cara Membersihkan Lantai Granit

1. Langkah pertama yang dapat kalian lakukan ketika membersihkan lantai granit adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih khusus secukupnya. Kemudian segera lap dengan kain microfiber dan keringkan dengan kain kering yang bersih dan baru.

2. Sebaiknya lap dengan searah mengikuti arah pola, usahakan jangan memutar karena dapat mengurangi keindahan motif alami lantai.

3. Pel permukaan dengan lembut agar kondisi lantai tetap terjaga.

4. Segera bersihkan noda dari lantai, karena jika tidak noda tersebut akan menempel dan meresap sehingga sulit untuk dibersihkan.

5. Lakukan pengepelan setiap 2 hari sekali jika diperlukan.

6. Usahakan jangan sampai lantai tersebut terkena cairan yang dapat masuk ke por-pori batuan. Jika ada harus langsung segera dibersihkan.

7. Jika kalian tidak memiliki cairan pembersih khusus, kalian masih dapat menggunakan sabun cuci piring. Jangan sampai menggunakan cairan pembersih lantai biasa. Setelah dibersihkan segera lakukan pengelapan dengan kain kering.

Tips Perawatan Ekstra

Setelah selesai melakukan pembersihan, kalian juga dapat mengikuti tips perawatan seperti dibawah ini agar lantai tetap aman terjaga serta kinclong.

1. Gunakan keset diluar area ruangan lantai agar noda pasir dan kerikil serta lainnya tidak ikut terbawa dan menempel ke lantai.

2. Gunakan juga pelindung karet  disetiap kaki furniture kayu atau lainnya agar tidak membuat lantai lecet dan tergores ketika dipindahkan.

3. Gunakan juga sealer atau pelapis lantai setiap sebulan sekali untuk menjaga kualitas lantai tetap bersih dan tidak kusam ketika terkena noda.

Nah itulah beberapa informasi mengenai cara merawa lantai granit yang dapat kalian lakukan. Perawatan lantai granit juga hampir tidak berbeda dengan ketika melakukan perawatan pada lantai Vinyl yang telah kami bahas sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua