10 Cara Menambal Kayu Berlubang Menggunakan Dempul Paling Mudah

Cara Menambal Kayu Berlubang – Furniture adalah salah satu elemen yang cukup penting dalam setiap rumah. Dengan adanya furniture tentu akan menambah kesan fungsional dari sebuah ruangan, furniture juga kerap menggunakan bahan dasar kayu karena dinilai lebih mampu memberikan kesan indah dan mewah.

Seperti kita ketahui bahwa kayu merupakan salah satu bahan utama pembuatan furniture seperti meja, kursi, lemari dan lain sebagainya. Pemilihan kayu untuk bahan utama furniture juga tidak sembarang, dimana para pemilik usaha furniture akan memilih jenis kayu yang berkualitas dengan pilihan grade terbaik untuk hasil yang maksimal.

Kayu jati, bengkirai, kamper, mahoni menjadi jenis kayu yang paling banyak digunakan sebagai bahan utama furniture. Nah dalam hal perkayuan, disini kalian harus memahami juga bahwa tidak semua jenis kayu memiliki kualitas yang terbaik. Banyak dari kayu-kayu yang kami sebutkan tersebut memiliki beberapa kekurangan, dimana kerap terdapat lubang.

Nah untuk menutup lubang-lubang tersebut tentu harus menggunakan bahan dempul. Lalu bagaimana caranya? Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap mengenai cara menambal kayu berlubang menggunakan dempul paling mudah yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Menambal Kayu Berlubang Menggunakan Dempul Paling Mudah

Cara Menambal Kayu Berlubang

Jenis Lubang pada Kayu

Perlu kalian ketahui juga bahwa ada beberapa macam jenis lubang pada kayu, yakni lubang lebar dan dalam, medium dan terakhir lubang kecil. Nah untuk penjelasan lengkapnya mari kita simak berikut ini.

1. Lubang Lebar dan Dalam

Lubang yang satu ini memiliki lebar lebih dari 10 mm dan dalam lebih dari 10 mm. Lubang ini juga termasuk dalam jenis lubang mata kayu , lubang bekas dowel, lubang bekas pengeboran, lubang celah kayu yang pecah dan lainnya. Kalian disini dapat menggunakan teknik pasak untuk menutup lubang.

2. Lubang Medium

Untuk lubang yang satu ini memiliki lebar dan dalam kurang lebih 5-10 mm. Lubang ini biasanya terjadi karena bekas pemasangan paku atau skrup kecil serta bekas serangan rayap. Untuk menambalnya kalian dapat menggunakan dempul yang diaplikasikan dengan teknik pendempulan yang baik dan benar.

3. Lubang Kecil

Lubang kecil ini berukuran kurang lebih 2 mm dengan tingkat kedalam juga sama yakni kurang lebih 2 mm. Biasanya terjadi karena timbul pori-pori serat kayu itu sendiri, lubang pinhole atau celah kayu yang mengalami keretakan. Untuk menutupnya juga lebih mudah, yakni dengan menggunakan wood filler atau wood putty.

Cara Menambal Kayu Menggunakan Dempul

Nah untuk cara menambal kayu berlubang menggunakan dempul, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini yang telah kami siapkan dibawah:

Haluskan Permukaan Kayu

Langkah pertama bersihkan permukaan kayu, keringkan dan haluskan terlebih dahulu. Jika permukaan kasar maka kalian dapat melakukan proses recoating dengan menggunakan ampelas nomor 180. Setelah itu bersihkan serbuk kayu sisa proses pengampelasan agar tidak mengganggu proses pendempulan.

Aplikasikan Bahan Dempul

Langkah kedua bersihkan sekali lagi permukaan kayu tersebut untuk memastikan jika permukaan kayu benar-benar bersih dan halus. Aplikasikan dempul kayu menggunakan scrape ke seluruh permukaan secara merata. Lakukan pemolesan dempul tipis-tipis saja.

Setelah itu jemur selama 20 menit agar lapisan dempul menjadi lebih cepat kering. Lakukan pengamplasan menggunakan kertas ampelas nomor 240, gosok dengan gerakan searah berulang-ulang.

Perhatikan Kembali Hasil Dempulan

Dan terakhir adalah pastikan kembali bahwa pendempulan sudah benar dan dirasa semua lubang sudah tertutup sempurna. Untuk hasil yang maksimal kalian dapat mengaplikasikan dempul sekali lagi.

Gunakan pisau scrape untuk meratakan bahan dempul ke permukaan kayu sebagaimana langkah diatas. Setelah selesai, kalian dapat menjemur kayu tersebut. Selanjutnya warnai kayu dengan menggunakan cat yang sesuai.

Tips Menambal Kayu Agar Hasil Memuaskan

Ada beberapa tips yang dapat kalian pahami agar proses pendempulan kayu berlubang menjadi lebih maksimal. Apa saja tipsnya langsung saja kita simak dibawah ini:

  • Kalian dapat menggunakan ampelas aluminium oxide nomor 240 agar menghasilkan permukaan yang halus pada furniture.
  • Usahakan untuk memberikan dempul secara tipis-tipis sebab pengerjaannya bisa diulangi bila cacat tekstur masih banyak.
  • Gunakan balok kayu untuk membantu menekan ampelas. Pemakaian jari tangan menyebabkan penekanannya tidak sama rata.
  • Pilih produk dempul khusus untuk kayu. Jangan sampai salah pilih dalam membeli dempul logam atau dempul tembok.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara manambal kayu berlubang yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara membersihkan lem pada permukaan kayu yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua