20 Harga Bambu Bangunan Terbaru 2020 : Manfaat dan Keunggulan

Harga Bambu Bangunan – Seperti kita ketahui bahwa bambu merupakan material ringan yang memiliki rongga dan biasa digunakan untuk kebutuhan bangunan seperti rumah, gedung dan bangunan lainnya.

Memiliki rongga pada bagian tengahnya terkadang membuat orang mengira bahwa bagian tersebut merupakan bagian terlemah yang dimiliki oleh bambu. Padahal hal ini salah kaprah, karena rongga tersebut memiliki fungsi sebagai bracer.

Bracer sendiri dapat memperkuat bambu dan membuat elemen yang biasa digunakan sebagai struktur menjadi lebih ringan dan tidak kaku. Selain itu bambu sendiri juga memiliki karakter elastis dan tidak mudah pecah.

Kemudian untuk soal harga, setiap jenis bambu tentu memiliki harga yang berbeda-beda. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai harga bambu bangunan yang telah kami siapkan berikut ini.

Harga Bambu Bangunan Terbaru : Manfaat dan Keunggulan

Harga Bambu Bangunan

Penggunaan Bambu sebagai Bahan Bangunan

Penggunaan material bambu ini bermacam-macam dengan menyesuaikan apa yang akan dibuat. Lebih jelasnya simak berikut ini.

Bekisting

Dapat digunakan sebagai bekisting atau perkuatan dalam proses pencetakan struktur beton bertulang yang sesuai dengan bentuk dan juga ukurannya.

Tiang/kolom Rumah

Untuk rumah bambu, sebaiknya kalian memiliki jenis bambu yang cukup kuat dan umurnya tua agar struktur kolom rumah dapat kuat dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Dinding Rumah/Pagar

Dalam isitilah lain juga dikenal dengan nama gedeg. Dimana bentuknya menyerupai anyaman kulit atau daging bambu yang sudah diiris dan dihaluskan.

Lantai Ruangan

Selain itu dapat juga digunakan sebagai lantai ruangan pengganti karpet. Saat ini banyak jenis lantai yang dibuat dari bambu karena dikenal memiliki keunikan tersendiri.

Struktur Rangka Atap

Jaman dulu mungkin masih banyak yang menggunakan bambu sebagai struktur rangka atap sebuah rumah. Mungkin saat ini masih banyak yang menggunakan walaupun penggunaan rangka atap baja ringan saat ini bisa dikatakan lebih mendominasi.

Furnitur Meja dan Kursi

Saat ini banyak juga pabrikan yang membuat kerajinan kursi dan juga meja yang dibuat dari bambu. Selain mudah dalam pengerjaan, kerajinan bambu juga kabarnya memiliki nilai yang tinggi.

Pagar Taman

Untuk melindungi taman rumah, kita juga dapat menancapkan potongan-potongan bambu sebagai pagar. Selain itu juga dapat kita tancapkan agar tanaman rambat yang ada di halaman rumah dapat tumbuh berdiri tegak.

Pintu Rumah

Pintu disini dapat kalian gunakan untuk pintu pada bagian belakang atau gudang.

Plafon

Dan yang terakhir adalah sebagai plafon. Tak sedikit dari mereka yang menggunakan bambu sebagai plafon alis penutup langit-langit.

Jenis Bambu untuk Bangunan

Untuk jenisnya, bambu ini memiliki jenis yang dapat kalian ketahui. Apa saja jenisnya langsung saja kita simak berikut ini.

Bambu Petung

Bambu yang satu ini dikenal memiliki bentuk yang besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Selain itu juga dapat mencapai tinggi hingga 25 meter dengan diameter 25 cm. Bambu ini dapat digunakan sebagai tiang penyangga bangunan dan bahan industri seperti kayu lapis, mebel, anyaman, peralatan pertanian dan lainnya.

Bambu Hitam, Pring Wulung, Peri Laka

Selanjutnya ada bambu hitam. Bambu ini memiliki diameter berkisar 14 cm dengan panjang mencapai 20 meter. Biasa digunakan untuk bahan pembuatan instrumen musik seperti angklung dan celepung serta untuk bahan industri kerajinan tangan lainnya.

Bambu Apus, Pring Apus, Peri

Dan yang terakhir adalah bambu Apus. Bambu ini memiliki diameter 4 sampai 10 cm saja. Biasanya digunakan untuk tanaman pagar penghias. Batangnya juga dapat digunakan sebagai gagang payung, peralatan memancing dan kerajinan tangan lainnya.

Keunggulan Bambu

  • Memiliki kekuatan yang lebih kuat dari beton dalam hal struktur
  • Bersifat fistis dan mekanik yang baik
  • Mudah dibelah, dipotong dan dibentuk
  • Serat elastis, optimal menahan beban tarik, tekan, geser dan tekuk
  • Artistik
  • Harga terjangkau
  • Tidak bersifat polutif
  • Ramah lingkungan
  • Mampu mencegah longsor, erosi dan banjir
  • Ringan

Kekurangan Bambu

  • Mudah lapuk, reyot dan tidak tahan terhadap air dan api
  • Rawan terkena jamur, lumut, rayap dan sejenisnya
  • Umur relatif pendek
  • Dalam pengerjaan ada beberapa hal sulit, seperti teknik penyambungan

Harga Bambu Per Batang

Dan harga bambu bangunan per batang ini dapat kalian simak pada tabel yang telah kami siapkan berikut ini.

  • Bambu besar Diameter 10-12 cm panjang 6.5 meter / Batang : Rp. 30.000
  • Bambu Sedang Diameter 8–9 cm panjang 6.5 meter / Batang : Rp. 25.000
  • Bambu Kecil Diameter 6–7 cm panjang 6.5 meter / Batang : Rp. 20.000
  • Bambu Kecil Diameter 4–5 cm panjang 6.5 meter / Batang : Rp. 15.000
  • Reng Bambu (panjang 6,5 m) / ikat 25 batang : 170.000

Kode

JenisDiameter (cm)Panjang (cm)

Harga

PB-1Petung (D.Asper)12 – 14500 – 600Rp 150.000
PB-2Petung (D.Asper)14 – 16500 – 600Rp 180.000
WL-1Wulung (G.Atroviolaceae)6 – 8500 – 600Rp 32.000
WL-2Wulung (G.Atroviolaceae)8 – 10500 – 600Rp 35.000
AP-1Apus (G.Apus)4 – 6500 – 600Rp 28.000
AP-2Apus (G.Apus)6 – 8500 – 600Rp 31.000
CD-1Cendani (P.Aurea)1.5 – 2.0300Rp 9.500
CD-2Cendani (P.Aurea)2.0 – 3.5300Rp 12.500

Nah itulah beberapa pembahasan terlengkap mengenai harga bambu bangunan per batang yang dapat kalian simak diatas. Selain itu kami juga memberikan informasi menarik lainnya mengenai jenis bambu, keunggulan dan kekurangan yang dimiliki. Jangan lupa baca juga cara merawat lantai kayu dipostingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua