6 Jenis Pencahayaan Ruangan 2020 : Ambient, Task, Accent Light

Jenis Pencahayaan Ruangan – Ruangan dengan pencahayaan yang baik tentunya akan menjadi memiliki kesan hangat dan nyaman untuk beraktifitas. Maka dari itu kalian tentu harus mengetahui beberapa jenis pencahayaan ruangan.

Ada 3 jenis pencahayaan ruangan yang dapat kalian simak pada pembahasan kali ini, diantaranya adalah Ambient Light, Task Light dan Accent Light. Jenis tersebut nantinya dapat diandalkan untuk menghidupkan sebuah ruangan yang ada di rumah kalian.

Perlu kalian ketahui juga memiliki fungsi yang berbeda. Dengan melakukan pertimbangan bagaimana suatu ruangan atau are akan digunakan, ukuran dan gaya desainnya juga nantinya akan membantu menentukan jenis pencahayaan mana yang lebih baik.

Baiklah daripada penasaran mengenai penjelasan setiap jenis pencahayaan ruangan tersebut, di bawah ini telah bursabajaringan.com siapkan informasi lengkap jenis pencahayaan ruangan yang dapat kalian simak berikut ini.

Jenis Pencahayaan Ruangan Ambient, Task, Accent Light

Jenis Pencahayaan Ruangan

Jenis Pencahayaan Ruangan

1. Ambient Light

Ambient Light

Ambient Light juga dikenal sebagai penerangan yang umum digunakan. Pencahayaan jenis ini dimaksudkan untuk secara merata menerangi setiap ruangan secara umum. Banyak juga yang menyebutnya sebagai general lighting.

Pencahayaan Ambient Light ini memberikan pencahyaan keseluruhan dan dimaksudkan untuk menciptakan tingkat pencahyaan umum dan seragam pada sebuah ruangan. Ini merupakan lapisan pertama sistem pencahayaan yang mengatur nada ruang.

Hal ini yang menyebabkan lampu untuk ambient light ini memiliki sifat cahaya yang lunak atau menyebar dan kerap kalia dapat disesuaikan untuk mengakomodasi pencahayaan di siang dan juga malam hari. Jenis pencahayaan ini sangat penting di semua ruangan terlebih ruang tertentu seperti lorong dan juga tangga untuk orientasi dan visibiltas optimal.

Jenis pencahayaan ini juga dapat diterapkan di dapur, kantor atau ruangan tertentu di dalam rumah agar pencahayaan lebih jelas dan konsisten. Ada beberapa jenis pencahayaan ambient light, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Lampu terpasang pada bagian langit-langit atau tersembunyi yang mengarahkan cahaya ke bawah.
  • Lampu dinding dan lampu lantai, yang menyinari permukaan dinding atau langit-langit dengan cahaya utama.
  • Pencahayaan Cove, lampu lantai, dan lampu gantung yang memantulkan cahaya dari langit-langit dan permukaan dinding.

Walaupun mampu memberikan penerangan umum, cahaya ambient light ini kurang idela apabila digunakan untuk pekerjaan tugas khusus atau pameran elemen tertentu di dalam ruang.

2. Task Light

Task Light

Kemudian ada Task Light. Task Light juga kerap disebut dengan pencahayaan langsung yang dimaksudkan untuk memberi penerangan pada tugas atau kegiatan tertentu. Contohnya seperti lampu baca di ruang tamu dan lampu bawah kabinet dapur.

Pencahayaan secara langsung dan intens ini cocok untuk pekerjaan tugas yang detail, seperti membaca, menulis, merawat dan menyiapkan makanan. Lampu akan berfokus pada area tertentu dimana aktivitas dilakukan.

Task Light juga lebih terang dibandingkan dengan Ambient Light karena hanya berfokus menerangi satu area tertentu saja. Pencahayaan tugas yang efektif adalah lampu yang bebas sialu dan kuat untuk mencegah kelelahan mata. Beberapa contoh pencahayaan Task Light adalah sebagai berikut:

  • Lampu tersembunyi
  • Liontin/Pendants light
  • Pencahayaan bawah kabinet
  • Lampu lantai, meja, dan meja
  • Lampu meja rias kamar mandi

Pencahayaan secara langsung merupakan kunci utama kegiatan yang ada di dapur, dimana pencahayaan atau lampu gantung di bawah kabinet akan meningkatkan visibilitas pada meja dan juga area persiapan makanan. Lampu meja dan lantai memberikan pencahayaan secara langsung yang mana berguna di ruang tamu dan juga di kamar tidur.

3. Accent Light

Accent Light

Dan jenis pencahayaan yang terakhir adalah Accent Light. Accent Light sendiri merupakan lampu aksen yang dimaksudkan untuk menyorot sebuah objek tertentu walaupun tidak ada kegiatan yang biasa dilakukan. Kalian mungkin suka meletakkan lukisan di dinding, menyorot batu alam atau air mancur di malam hari dan sebagainya.

Lampu aksen ini biasanya memiliki pencahayaan yang lebih terang. Dimana dengan pencahayaan ini nantinya akan menarik perhatian pada beragam elemen atau fitur di dalam ruangan, seperti lukisan, perabotan atau detail arsitektur, mengubahnya menjadi titik fokus.

Fitting fleksibel juga lebih digemari untuk jenis pencahayaan ini, karena sangat memungkinkan untuk mengubah posisi fokus pada area atau objek kecil. Jenis pencahayaan ini antara lain meliputi:

  • Lampu dinding
  • Pencahayaan spot tersembunyi
  • Track Lighting
  • Lampu sorot yang dipasang pada permukaan dinding

Jenis pencahayaan ini sangat berbeda dengan pencahayaan lainnya khsusnya dalam tujuan utama yakni estetika. Pencahayaan Accent Light ini sangat cocok untuk area hidup, taman, pintu masuk dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai jenis pencahayaan ruangan yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat bursabajaringan.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lain mengenai BIAYA PEKERJAAN LANSKAP.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua